PT. LIB Menunggu Usulan Stadion Homebase PSM Makassar

0
39

Debatbola.com – Mendekati jadwal kick off musim 2022-2023, PT. LIB meminta kepada klub-klub terutama Liga 1 untuk segera menyelesaikan persiapannya. Klub juga diharuskan mengajukan nama stadion yang akan menjadi homebasenya. Sejauh ini sebagian besar klub sudah mendaftarkan nama stadion homebase masing-masing.

Hingga kini masih ada beberapa klub yang belum mengajukan nama stadion untuk dijadikan homebase. PSM Makassar termasuk satu klub yang belum mendaftarkan homebasenya untuk diverifikasi. Kabarnya, nama Stadion Gelora BJ Habibie lah yang akan dijadikan homebase oleh PSM.

PSM Makassar Belum Ajukan Homebase

PSSI dan PT. LIB kini tengah mempersiapkan pelaksanaan Liga 1 musim 2022-2023 yang sudah menghitung hari. Format pertandingan kini kembali menjadi kandang-tandang karena kondisinya mendukung. PT. LIB kemudian meminta pada 18 klub di Liga 1 untuk mendaftarkan stadion homebasenya.

Sebagian besar klub seperti Persija, Persebaya dan lain-lain sudah mengajukan nama stadion untuk dijadikan homebase. Namun menurut Ahmad Hadian Lukita, masih ada beberapa klub yang belum mendaftarkan homebasenya. Diantara nama-nama klub, ada nama PSM Makassar yang masuk dalam daftar.

Melihat hal tersebut, Lukita selaku Direktur PT. LIB kemudian meminta pada pihak klub untuk segera melengkapi administrasinya. Salah satu yang harus segera didaftarkan yaitu homebase. Pasalnya jadwal kick off untuk musim depan telah ditentukan yaitu pada tanggal 27 Juli nanti.

Proses verifikasi stadion kabarnya membutuhkan waktu hingga 2 hari sehingga nama stadion tersebut harus segera didaftarkan. Lukita juga meminta kepada pihak klub agar mendaftarkan lebih dari satu Stadion. Hal tersebut dilakukan untuk berjaga-jaga jika Stadion sebelumnya tidak sesuai dengan standar.

PT. LIB sendiri menjadwalkan proses verifikasi terakhir pada bulan Juni nanti. Terdapat beberapa aspek penilaian dalam proses verifikasi tersebut seperti kondisi lapangan, ruang ganti serta lampu penerangan. Selain itu, sarana dari bandara menuju stadion juga akan menjadi aspek penilaian.

Untuk Stadion yang yang belum memenuhi standar, PT. LIB akan langsung memberikan catatan untuk perbaikan. Namun karena mendekati jadwal kickoff, maka waktu perbaikannya juga dibatasi. Jika melebihi batas waktu, maka PT. LIB akan meminta pada pihak klub untuk mencari Stadion lain.

Diantara 18 klub di Liga 1, hanya PSM Makassar yang kesulitan untuk menentukan homebasenya. Pasalnya homebase terdahulu yaitu Stadion Mattoanging dibongkar pada tahun 2020 lalu dan belum direnovasi. Karena hal itulah PSM harus mencari homebase baru yang sesuai standar Liga.

Ajukan Stadion Gelora BJ Habibie

Dikejar waktu untuk segera menentukan homebase, PSM Makassar kini tengah berusaha segera mendapatkan Stadion. Manajemen klub sebenarnya ingin Stadion Gelora BJ Habibie yang akan menjadi homebasenya di musim depan. Namun Stadion tersebut masih dalam tahap renovasi sejak tahun lalu.

Proses renovasi Stadion Gelora BJ Habibie hingga kini masih dalam proses renovasi dan hingga tahap 70%. Pembenahan difokuskan pada infrastruktur stadion demi bisa memenuhi kelayakan sebagai homebase PSM. Manajemen klub berharap proses renovasi sudah selesai sebelum kick off dimulai.

Sayang sekali Pemerintah Kota Pare-Pare tidak menganggarkan dana untuk perbaikan lampu Stadion Gelora BJ Habibie. Akhirnya masalah penerangan tersebut dibebankan pada pihak Manajemen PSM Makassar yang sedari awal menyanggupi. Kabarnya untuk penerangan akan menggunakan lampu bekas milik Stadion Mattoanging.

Sebenarnya, pihak manajemen PSM khawatir jika Stadion Gelora BJ Habibie masih belum sesuai dengan standar. Pasalnya pencahayaan lampu bekas Stadion Mattoanging belum memenuhi standar Liga. Pihak klub harus segera mengatasi hal tersebut agar PSM tetap bisa bermarkas di Sulawesi Selatan.

Pihak PSM tetap berusaha agar Stadion Gelora BJ Habibie yang menjadi homebase utama di musim ini. Namun jika Stadion tersebut masih belum bisa lolos standart Liga, maka pihak PSM harus segera mencari alternatif lain. Kemungkinan besar homebase PSM Makassar akan dipindah ke Kalimantan atau jika tidak ke Jawa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here