PT LIB Bocorkan Biaya Untuk Kompetisi Liga

0

Debatbola.com – Mendekati bulan akan dimulainya Liga musim 2022-2023, satu persatu detail tentang kompetisi tersebut mulai diungkap oleh PT. LIB selaku operator acara. Sebelumnya, PT. LIB telah mengumumkan mengenai waktu pelaksanaan serta format pertandingan di musim depan. Baru-baru ini Operator Liga tersebut kembali memberi bocoran mengenai biaya operasional yang dihabiskan selama pelaksanaan.

Rupanya, biaya operasional yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Liga 1 serta Liga 2 cukup mahal dan mencapai ratusan miliar. Diantara kedua Liga tersebut, tentunya biaya yang dikeluarkan untuk Liga 1 tentu jauh lebih besar. Kini PT. LIB tengah mencari sponsor yang mau mensponsori pelaksanaan Liga tersebut dan menutup biaya yang cukup besar itu.

Biaya Liga 1 Dan Liga 2

Akhmad Hadian Lukita kembali memberikan bocoran mengenai detail Liga di musim 2022-2023 yang rencana akan dilaksanakan di bulan Juli nanti. Kini yang diungkap oleh PT. LIB yaitu rincian biaya operasional selama Liga tersebut dilaksanakan. Rupanya dibutuhkan biaya operasional yang cukup besar baik untuk pelaksanaan Liga 1 maupun Liga 2.

Menurut Direktur Utama PT. LIB tersebut khusus untuk Liga 1 di musim sebelumnya membutuhkan biaya sebesar 400-500 miliar. Sedangkan untuk Liga 2, biayanya jauh lebih kecil yaitu sebesar 80 hingga 90 miliar saja. Kini tim kompetisi serta tim keuangan tengah berhitung mengenai kemungkinan biaya di musim depan yang kemungkinan lebih besar.

Khusus untuk kompetisi di Liga 2, keseluruhan biaya operasional akan ditanggung oleh PT. LIB. Biaya yang ditanggung tersebut termasuk biaya perbaikan Stadion karena berencana mendatangkan penonton meskipun tidak penuh. Menurut Lukita, fanbase Liga 2 sudah semakin kuat sehingga bisa digunakan sebagai pemasukan keuangan.

Tengah Usahakan Sponsor

Jika untuk biaya operasional Liga 2 sepenuhnya ditanggung oleh PT. LIB, maka khusus Liga 1 akan dicarikan sponsor oleh pihak operator tersebut. Karena hal itulah PT. LIB tengah mengusahakan sponsor untuk pelaksanaan Liga 1 di musim depan. Bahkan Operator Liga tersebut akan memberikan keistimewaan khusus untuk pihak yang sudah sering menjadi sponsor Liga 1.

Direktur Utama PT, LIB, Lukita mengatakan jika kini pihaknya tengah melakukan penawaran dengan sponsor-sponsor yang sebelumnya terlibat di Liga 1. Pasalnya kerjasama dengan sponsor sebelumnya sudah terjalin dengan baik dan tinggal melanjutkan. Kabarnya, kini pihak PT. LIB sudah mencapai kesepakatan dan tinggal mendiskusikan mengenai angkanya saja.

Rupanya bukan hanya Liga 1 saja yang sudah mendapat sponsor, Lukita juga mengatakan juga sudah ada sponsor yang masuk untuk Liga 2. Hal tersebut dikarenakan pelaksanaan di Liga musim kemarin cukup sukses. Sayang sekali PT. LIB tidak mau memberi bocoran mengenai siapa sponsor tersebut karena masih dalam taraf pembicaraan.

Selain sponsor untuk operasional, PT. LIB juga tengah mencari sponsor untuk pelaksanaan teknologi VAR yang akan diterapkan di Liga 1. Pasalnya salah satu perlengkapan pertandingan tersebut membutuhkan biaya yang sangat besar untuk pemasangannya. Namun karena ingin memenuhi tuntutan pecinta sepak bola Indonesia, PT LIB tengah mengusahakan pemasangan alat tersebut tentunya dengan bantuan sponsor.

BRI Siap Kembali Jadi Sponsor

Sebenarnya ada salah satu sponsor utama di Liga satu musim lalu yang sudah menyatakan kesiapannya untuk kembali mensponsori kompetisi tersebut. Sponsor yang dimaksud yaitu Bank BRI yang menyatakan kesanggupannya bahkan sejak Liga musim sebelumnya baru berakhir. Bank BRI sangat terkesan dengan hasil kemarin dan ingin kembali berpartisipasi.

Menurut Sunarso selaku Direktur Utama Bank BRI, penyelenggaraan Liga 1 kemarin berhasil menarik minat masyarakat meskipun dilaksanakan di tengah pandemi. Sunarso juga mengatakan bahwa Kompetisi Liga 1 kemarin mampu meningkatkan optimisme industri sepak bola dan juga UMKM. Oleh karena itu jika PT. LIB ingin kembali bekerja sama, Bank BRI akan siap memulai pembicaraan.

Seperti yang telah diumumkan oleh pihak PSSI serta PT LIB selaku operator acara, Liga satu musim depan akan dimulai bulan Juli tepatnya kick-off pada tanggal 27 Juli. Untuk Liga 2 sendiri diperkirakan akan dimulai pada bulan Agustus nanti. Format pertandingan di musim depan akan kembali menggunakan laga tandang dan kandang dengan dihadiri penonton.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version