PSSI Resmi Ikut Bidding Tuan Rumah Untuk Piala Asia 2023 Nanti

0

Debatbola.com – Sejak Cina dipastikan mundur dari posisi tuan rumah, setiap negara yang tergabung di AFC menerima tawaran sebagai tuan rumah. Indonesia yang sudah dipastikan lolos ke Piala Asia tahun 2023 nanti juga menerima tawaran tersebut. Sayang sekali PSSI masih belum bisa memberi jawaban pasti.

Tahun 2023 nanti, Indonesia ditetapkan sebagai tuan rumah di kompetisi besar Piala Dunia U-20 yang pelaksanaannya hampir bersamaan dengan Piala Asia. Karena hal itulah PSSI harus mempertimbangkan tawaran tersebut lantaran persiapan yang cukup berat. Namun dengan banyaknya dukungan yang diterima, kabarnya PSSI akan menerima tawaran tersebut.

Mendapat Banyak Dukungan

Indonesia berencana untuk mencalonkan diri untuk menjadi tuan rumah di kompetisi besar Piala Asia 2023 nanti. Namun secara bersamaan ada Piala Dunia U-20 yang juga akan dilaksanakan di Indonesia. Belum lagi jarak antara dua kompetisi besar itu hanya 5 hari saja.

PSSI dan PT. LIB serta pihak-pihak yang bersangkutan telah melakukan diskusi yang cukup panjang terkait kesanggupan menjadi tuan rumah. Hasil diskusi tersebut sangat positif dengan bersedianya Indonesia mengemban tanggung jawab itu. Terlebih seluruh masyarakat Indonesia juga ikut memberi dukungan.

PSSI mengambil Langkah besar tersebut dikarenakan dorongan dari pemerintah Indonesia. Bahkan yang pertama kali mengumumkan Indonesia siap bidding sebagai tuan rumah Piala Asia 2023 adalah Zainudin Amali selaku Menpora. Rupanya Zainudin Amali melakukan hal tersebut juga berdasarkan arahan dari Presiden Joko Widodo.

Dengan dukungan dari pemerintah tersebut, PSSI kini telah resmi mengajukan Indonesia sebagai tuan rumah dari kompetisi besar tersebut. PSSI juga berterimakasih karena pemerintah mendukung keinginan tersebut. Kini Indonesia akan bersaing dengan Jepang, Qatar, Korea Selatan serta Australia yang lebih dulu menyatakan kesanggupannya.

Timnas Indonesia akan mendapat banyak keuntungan jika terpilih sebagai tuan rumah di Piala Asia 2023 ini. Indonesia akan diletakkan di pot 1 bersama tim kuat dan berpeluang untuk menghindari tim-tim kuat Asia. Dengan begitu potensi Indonesia untuk lolos ke putaran final semakin besar.

Tengah Siapkan Persyaratan

Karena sudah menerima dukungan dari banyak pihak, PSSI kini tinggal mempersiapkan persyaratan untuk mendaftar sebagai tuan rumah. PSSI juga akan berusaha agar persyaratan tersebut bisa rampung lebih cepat. Dengan begitu, PSSI akan bisa segera mengirimkan persyaratan tersebut.

Indonesia telah memenuhi satu syarat yang cukup penting untuk menjadi tuan rumah di Piala Asia 2022 nanti. Syarat Mutlak itu adalah tiket lolos ke Piala Asia 20223 nanti melalui jalur grup. Indonesia sendiri berhasil lolos dengan status Runner Up terbaik dan menempati posisi 2 di grup A.

Indonesia tetap optimis bisa bersaing dengan 4 negara besar lainnya yang juga telah menyatakan kesanggupannya. Pasalnya Indonesia juga memiliki pengalaman dalam melaksanakan kompetisi besar tingkat Internasional. Sebut saja Asian Games yang sukses dilaksanakan Indonesia pada tahun 2018 lalu.

AFC juga bisa membangkitkan sepak bola di ares Asia Tenggara jika memilih Indonesia sebagai tuan rumah. Belum lagi antusiasme supporter Indonesia yang cukup besar dan dipastikan akan memenuhi stadion nantinya. Karena hal itulah peluang Indonesia untuk bisa lolos bidding tuan rumah sangatlah besar.

Persiapan Venue

Indonesia memang memiliki banyak stadion yang sudah masuk dalam standar FIFA yang bisa digunakan di Piala Asia 2023 nanti. Namun jika harus menjadi tuan rumah dari dua event besar, tentu membutuhkan lebih banyak lagi. Terlebih pelaksanaan dua event tersebut berdekatan dan berpotensi akan bertabrakan jadwalnya.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan, Piala Asia 2023 akan dimulai 5 hari setelah Piala Dunia U-20 ditutup. Dengan jarak yang sangat dekat tersebut, Kusnaeni yang merupakan salah satu komentator sepakbola menyarankan agar venue di pisah. Pemisahan lokasi tersebut akan memudahkan pihak penyelenggara dan juga peserta.

Seperti yang diketahui, Piala Dunia U-20 akan digelar di 6 stadion seluruh Indonesia. Nama Stadion yang sudah terdaftar yaitu Stadion GBK, Stadion GBT, I Wayan Dipta, Si Jalak Harupat, Jakabaring serta Manahan. Untuk Piala Asia nanti, Indonesia bisa mencari stadion alternatif agar persiapannya maksimal.

Sebenarnya, PSSI tidak perlu bingung karena masih ada sederet nama stadion megah Indonesia yang siap menjadi venue Piala Asia nanti. Sebut saja JIS yang menjadi Stadion terbesar di Indonesia itu akan siap digunakan. Belum lagi masih ada Kanjuruhan, Jatidiri, Palaran serta Stadion Utama Riau yang juga bisa dijadikan sebagai venue.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version