PSSI Pertimbangkan Liga 1 Indonesia 2021 Tanpa Degradasi

0
286

Debatbola.com – Gelaran Piala Menpora 2021 yang berjalan sukses membuat pelaksanaan Liga 1 2021 akan semakin nyata. Rencananya, liga akan digelar per awal Juli mendatang, disusul Liga 2 dan Liga 3 beberapa pekan setelahnya.

Namun terdapat isu besar jelang digelarnya kembali liga. Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mendapatkan masukan dari mayoritas klub Liga 1 bahwa liga sebaiknya digelar tanpa degradasi.

Sebelumnya, Liga 1 Indonesia yang diikuti 18 kesebelasan akan mendegradasi tiga kesebelasan yang berada di peringkat tiga terbawah. Sebagai gantinya, tiga tim dari Liga 2 akan promosi. Jika benar tidak ada degradasi, Liga 2 sendiri tetap akan mendapatkan jatah promosi, di mana akan ada 20 klub yang akan ikut pada musim berikutnya.

Usulan ini akan dipertimbangkan oleh PSSI. Komite Eksekutif (Exco) PSSI akan segera melakukan rapat untuk membahas hal ini. Nantinya hasil dari rapat tersebut akan diajukan pada Kongres Tahunan PSSI, yang rencananya tahun ini akan dilaksanakan pada 29 Mei di Jakarta.

“Bahwa Exco PSSI mengakomodasi surat permohonan dari sebagian besar klub liga 1 dan liga 2 tentang permohonan kompetisi tanpa degradasi, namun tetap ada promosi, juara Liga 1 dan juara Liga 2 tetap ada,” kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

“Exco PSSI sebatas memutuskan dalam rapat Exco tanggal 3 Mei 2021 untuk memasukkan agenda ini ke dalam kongres. Nantinya kongres sebagai pengambil keputusan tertinggi dalam organisasi yang akan memutuskan karena terkait dengan jumlah peserta Liga 1 dan Liga 2 di tahun 2022 nanti.”

Munculnya ide menghapus degradasi berdasarkan beberapa hal. Dimulai dari faktor pandemi yang membuat klub mengalami masalah finansial, situasi saat liga bergulir di tengah pandemi yang membuat klub tidak stabil, dan hal-hal lain yang menyebabkan tidak idealnya klub dalam menjalani kompetisi.

“Itu akan menyulitkan klub itu untuk bersaing dengan klub-klub lain. Itu tentu menjadi persaingan yang tidak sehat. Lalu bagaimana jika itu terjadi di Indonesia. Ini pasti sesuatu yang dilematis,” sambung Yunus.

“Dari semua alasan tadi, Exco PSSI akan membawa persoalan ini Kongres Tahunan untuk dimintakan persetujuan. Kalau kongres setuju ya jalan. Kalau tidak ya akan berjalan seperti biasa. Ada promosi dan degradasi.”

PSSI juga akan berkonsultasi dengan AFC dan FIFA sebelum memutuskan apakah rencana penghapusan degradasi itu bisa dilakukan atau tidak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here