PSSI Diskusikan Uji Coba Penonton di Tribun, Sriwijaya Kegirangan

0
46

Debatbola.com – PSSI dan PT Liga Indonesia Baru memberi harapan akan adanya penonton di tribun pada babak 8 besar Liga 2 2021 nanti. Meski tidak banyak, penontonnya rencananya maksimal 100 orang setiap klub. Sedangkan slot untuk sponsorship akan dibuka dengan maksimal 10 orang.

Sriwijaya FC Senang, Kompetisi Dihadiri Suporter

Mendengar kebijakan ini, Sriwijaya FC langsung meresponnya. Juru taktik Nilmaizar menyebutkan bahwa kompetisi Liga 2 perlahan-lahan kembali normal apabila penonton diperbolehkan untuk datang ke stadion. Nilmaizar mengatakan bahwa jika mulai ada penonton, maka itu hal yang bagus, sehingga sedikit demi sedikit mulai terbuka.

Adanya penonton ini akan menambah motivasi para pemain. Sebagai salah satu tim yang telah berhasil lolos babak semi final Liga 2 Indonesia 2021 ini, kehadiran dari penonton pastinya akan membuat aura berbeda jika dibandingkan dengan babak penyisihan.

Kuotanya memang terbatas hanya 100 orang saja, tapi itu sudah bisa menjadi awalan yang bagus dan akan berangsur kembali normal ketika waktunya tiba nanti. Nilmaizar menambahkan bahwa kehadiran penonton dengan protokol kesehatan ini jika berhasil, maka akan bertambah. Jika ada supporter yang berteriak di stadion pastinya akan berbeda atmosfernya.

Sekedar mengingatkan bahwa Sriwijaya FC kini tergabung dalam Grup X bersama dengan Persis Solo, Persiba Balikpapan dan Rans Cilegon. Pertandingan itu rencananya akan berlangsung di dua kota yakni Bogor dan Bekasi. Mengenai jadwal babak semi final Liga 2 Indonesia musim ini, pelatih dan pemain tentu merasa senang lantaran adanya kebijakan ini menunjukkan ada kejelasan dari PT LIB.

Nilmaizar mengatakan bahwa pihaknya sudah siap bermain dimanapun. Dia dan timnya siap untuk bermain di Bekasi ataupun Bogor. Baginya yang terpenting adalah mempersiapkan diri dengan terus melakukan latihan.

Pihak Terkait Masih Diskusi

Kabar terbarunya, pihak LIB masih melakukan diskusi dan rapat mengenai uji coba menghadirkan penonton. Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga, memimpin diskusi lintas sektoral yang diikuti oleh PT LIB, PSSI, Kementerian Kesehatan dan Polri. Rapat ini diadakan di Wisma Menpora, Kemenpora, Jakarta.

Dalam pertemuan ini mereka mendiskusikan mengenai uji coba penonton dalam babak semi final Liga 2 yang rencananya akan digelar 15 Desember mendatang. Menurut aturannya penonton yang hadir harus menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan dengan ketat.

Amali mengatakan bahwa pihaknya baru saja melakukan rapat koordinasi dan mendiskusikan persiapan mengenai kelanjutan Liga sepakbola baik Liga 1 maupun Liga 2 ini dengan adanya penonton yang terbatas. Dirinya menambahkan bahwa meski ada penonton, memang masih belum seperti biasanya sebelum pandemi.

Sementara itu, Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI mengucapkan terima kasih kepada Menpora Amali lantaran telah memimpin pertemuan tersebut. Dalam rapat tersebut, sambung Iriawan, bisa disimpulkan bahwa memang akan diadakan uji coba menghadirkan penonton ketika pertandingan babak 8 besar Liga 2 Indonesia 2021 ini.

Iriawan mengatakan bahwa babak semi final atau 8 besar Liga 2 Indonesia musim ini akan berlangsung di Bogor dan Bekasi. Terdapat 8 klub yang bersaing untuk menuju Liga 1 yakni Persis Solo, PSIM, Persiba Balikpapan, Sulut United, Sriwijaya FC, Dewa United, PSMS Medan, dan Rans Cilegon. Iriawan menjelaskan bahwa kehadiran penonton ini masih dalam tahap uji coba lantaran memang sifatnya terbatas.

Sementara pihaknya mengundang masing-masing supporter dan undangan lainnya sehingga bisa diperkirakan nanti tidak sampai seribu orang yang hadir. Lebih lanjut, penonton diharuskan sudah vaksin dan menjalani tes antigen dengan hasil negatif Covid-19.

Iriawan menyampaikan bahwa kehadiran penonton ini tentu ada ketentuan-ketentuan yang harus disepakati dan dipatuhi dengan baik. Nantinya untuk tes antigen akan bekerja sama dengan Kemenkes. Jika uji coba penonton ini berhasil dan bisa terkendali maka akan diteruskan untuk laga Liga 1 Indonesia di Bali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here