PSSI Dan PT. LIB Umumkan Jadwal Kick Off Terbaru, Resmi Berubah

0
45
PSSI Dan PT. LIB Umumkan Jadwal Kick Off Terbaru, Resmi Berubah

Debatbola.comJadwal Kick Off di Liga 1 musim baru sempat mengalami simpang siur terkait tanggal pastinya. PT. LIB sempat mengumumkan jika ada perubahan mengenai jadwal dan akan dimajukan beberapa hari. Namun pernyataan tersebut sempat dibantah oleh PSSI dan mengatakan jika jadwal tetap sesuai dengan kesepakatan awal.

Kini kepastian tanggal kick off Liga 1 telah diumumkan secara resmi oleh PSSI. Seperti halnya rencana PT. LIB, kick off akan dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2022 dengan format sesuai rencana awal. Berdasarkan draft yang bocor ke publik, pertandingan antara Bali dan Persija akan menjadi laga pembuka.

Resmi Berubah

Senin tanggal 04 Juli kemarin, PT. LIB telah menuntaskan manager meeting untuk membahas jadwal kick off Liga 1. Meeting yang dilakukan secara virtual itu juga dihadiri Mochamad Iriawan yang didampingi wakil ketua dan sekjen Yunus Nusi. Bukan hanya mengenai jadwal, teknis selama Liga berlangsung dan lain-lain juga dibahas dalam pertemuan tersebut.

Berdasarkan hasil pertemuan itu, disepakati jika kick off Liga 1 dimajukan pada tanggal 23 Juli. Perubahan jadwal tersebut dilakukan setelah mempertimbangkan banyak hal termasuk agenda Timnas nantinya. Selain itu, perubahan jadwal juga sudah disetujui oleh pemerintah pusat, satgas covid hingga pihak kepolisian.

Menurut Akhmad Hadian Lukita, tanggal tersebut sudah sangat ideal untuk dimulainya Liga 1. Pasalnya, banyak agenda di musim 2022-2023 ini, sehingga jadwal kompetisi harus disesuaikan. Salah satunya pertandingan Internasional pada bulan September 2022 dan bulan Maret 2023.

Belum lagi di bulan Desember hingga Januari nanti, masih ada Piala AFF 2022 yang juga harus diikuti. Melihat dari padatnya jadwal tersebut, tanggal 23 adalah waktu yang tepat untuk kick off jika ingin selesai tepat waktu. Selain itu dengan dimulai lebih awal, jadwal dari masing-masing klub akan lebih ideal.

PT. LIB juga harus mempertimbangkan jadwal Piala Indonesia yang menjadi agenda PSSI di musim ini. Terlebih kompetisi tersebut dimulai bersamaan dengan Liga 1 yang juga tengah berjalan. Karena hal itulah PT. LIB harus menyinkronkan jadwal dari dua kompetisi besar tersebut.

Khusus untuk PSM Makassar, PT. LIB akan menyesuaikan jadwalnya dengan jadwal AFC Cup 2022. Seperti yang diketahui, PSM Makassar adalah satu-satunya perwakilan Indonesia yang berlaga di kompetisi tingkat Asia itu. Untuk AFC Cup 2022 kali ini, jadwalnya juga berada di tengah-tengah kompetisi sehingga harus disesuaikan.

Bali United dan Persija Sebagai Pembuka

Pasca penentuan jadwal kick off, PT. LIB langsung menyerahkan draft yang berisi jadwal sepanjang musim pada 18 klub. Berdasarkan draft tersebut, total 4 pertandingan yang dilaksanakan pada tanggal 23 Juli.  Klub yang akan menjadi pembuka di kompetisi Liga 1 itu beserta tempatnya juga telah ditentukan.

Pertandingan pembuka akan mempertemukan Bali United dan Persija di Stadion Gianyar Bali. Baik pihak Bali United dan Persija menyambut antusias mengenai jadwal baru tersebut dan siap untuk bertanding di laga pembuka. Terlebih kini baik Bali United dan Persija sudah tidak mengikuti kompetisi apapun.

Ketika ditemui, Teco selaku pelatih Bali United mengaku jika dirinya buta akan kekuatan Persija saat ini. Pasalnya kedatangan Thomas Doll dan sederet pemain asing akan membawa perubahan untuk Persija. Namun dirinya sangat antusias mengingat Persija merupakan mantan klubnya sebelum pindah ke Bali.

Alasan Pertandingan Terlalu Malam

PT. LIB menjadwalkan 4 pertandingan yang akan berlangsung dalam satu hari. Dari 4 pertandingan tersebut, ada klub yang bertanding di sore hari tetapi ada juga yang hingga hampir larut malam. Jadwal tersebut rupanya mendapat kritikan dari klub-klub Liga 1 terutama yang mendapat jadwal di malam hari.

Sebagai Direktur PT. LIB, Akhmad Hadian Lukita mengatakan jika tidak ada masalah mengenai jadwal tersebut. Pasalnya musim lalu juga ada pertandingan yang baru dimulai pukul 20.30 WIB dan tidak ada yang bermasalah. Karena hal itulah PT. LIB kembali menggunakan jam tersebut untuk kick off pertandingan.

Akhmad Hadian Lukita juga mengatakan bahwa jadwal kick off malam itu juga atas kesepakatan bersama. Terlebih pihak broadcaster juga menginginkan ada tim yang bertanding di jadwal tersebut. Jika semua klub bertanding di sore hari, maka pengaturan jadwalnya akan lebih sulit lagi.

Mengenai perubahan jadwal, Dirut PT. LIB tersebut mengatakan jika tidak bisa menjanjikan hal tersebut. Pasalnya membutuhkan diskusi yang sangat panjang untuk membuat jadwal baru. Belum lagi jadwal tersebut dibuat juga berdasarkan situasi saat ini yang mana masih dalam masa pandemi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here