PSSI Dan PT. LIB Berencana Libatkan Wasit Di Konferensi Pers Pasca Pertandingan

0

Debatbola.com – Wasit menjadi objek yang terus saja menjadi sorotan terutama terkait kinerjanya selama pertandingan berlangsung. Bahkan keputusan yang diambil oleh wasit selama laga berlangsung sering kali menjadi kontroversi karena dianggap kurang tepat. Karena hal itulah kerja wasit terus dievaluasi oleh pihak PSSI demi menciptakan musim yang kondusif terutama selama pertandingan berlangsung.

Berbagai cara sudah dilakukan PSSI untuk mempermudah wasit menentukan keputusannya di lapangan termasuk juga menambah alat-alat penunjang. PSSI bersama PT. LIB juga terus berusaha memperbaiki SDM wasit yang masih terbatas. Demi mengurangi adanya kontroversi selama laga berlangsung, PSSI dan PT LIB juga berencana menghadirkan wasit di konferensi pasca pertandingan.

Kinerja Wasit Selalu Menjadi Sorotan

Mendekati dimulai musim 2022-2023, PSSI bersama PT. LIB tengah berusaha mengevaluasi kinerja wasit sebagai persiapan di musim depan. Memang tidak ada evaluasi mayor selama kompetisi musim kemarin, tetapi dalam segi minor masih banyak yang harus diperbaiki. Belum lagi keputusan yang diambil oleh wasit di musim kemarin beberapa kali menjadi kontroversi.

Dirut PT LIB, Lukita mengatakan jika kesalahan pengambilan keputusan wasit di musim kemarin dikarenakan sudah lama vakum. Namun PT. LIB juga tidak membenarkan hal tersebut dikarenakan wasit adalah penentu dari kualitas suatu pertandingan. Hal tersebut untuk mencegah adanya pihak yang dirugikan karena keputusan yang diambil oleh wasit.

Bukan hanya PT. LIB saja, PSSI juga tengah menargetkan perbaikan kinerja wasit di musim depan. Salah satu cara yang digunakan oleh PSSI yaitu menambah alat penunjang yang akan membantu wasit dalam mengambil keputusan di lapangan. Bahkan PSSI juga sudah menghadirkan asisten wasit untuk memantau area yang tidak terjangkau oleh wasit lainnya.

PSSI juga berencana memberlakukan teknologi VAR yang hingga kini masih terkendala oleh biayanya yang cukup besar. Setidaknya butuh dana sebesar 90 miliar untuk pengadaan teknologi tersebut serta biaya operasional yang mencapai 200 juta per pertandingannya. Kini PSSI tengah mencari sponsor yang mau mendanai pengadaan VAR tersebut.

Masalah lain yang menjadi penghambat proses pengadaan Teknologi VAR yaitu minimnya SDM wasit yang berlisensi FIFA di Indonesia. Padahal jika ingin menerapkan teknologi VAR setidaknya harus ada minimal 16 wasit selama pertandingan. PSSI tidak punya pilihan lain selain menyewa wasit dari luar atau menyekolahkan wasit yang dimiliki.

Berencana Hadirkan Wasit di Konferensi Pers

Dalam mengurangi kontroversi yang ditimbulkan dari kinerja wasit selama pertandingan, PSSI dan PT. LIB juga tengah menyiapkan rencana besar lainnya. Kedua pihak yang bertanggung jawab atas Sepak Bola Indonesia tersebut merencanakan kehadiran wasit dalam konferensi pers pasca pertandingan. Para wasit nantinya juga akan ikut menjawab pertanyaan wartawan terkait keputusan yang diambilnya.

Sebelumnya, pihak yang hadir dalam konferensi pers pasca pertandingan yaitu pelatih yang ditemani oleh salah satu pemainnya dari masing-masing klub. Pelatih dan pemain tersebut yang akan menjawab pertanyaan seputar pertandingan serta hasil yang diperoleh. Namun beberapa kali pemain dan pelatih tersebut juga diberi pertanyaan mengenai keputusan yang diambil oleh wasit.

Kini PSSI bersama PT. LIB berencana untuk mendatangkan wasit yang bersangkutan pada konferensi pers pasca pertandingan tersebut. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar wasit bisa menjawab secara langsung pertanyaan mengenai keputusan-keputusan yang diambil selama pertandingan. Diharapkan dengan penyampaian langsung dari sang wasit, kontroversi mengenai keputusan tersebut bisa berkurang.

Baik Mochamad Iriawan serta Akhmad Hadian Lukita tengah berusaha membicarakan rencana besarnya itu pada Komisi Wasit Indonesia. Kedua Dirut tersebut masih harus memastikan rencananya itu tidak bertentangan dengan aturan dari FIFA serta disetujui Komite Wasit. Jika semua lancar, maka sejak musim depan wasit akan ikut hadir di setiap konferensi pers pasca pertandingan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version