PSSI Dan Kemenpora Ijinkan Stasion GBLA Menjadi Markas Persib Bandung

0
24

Debatbola.com – Kejadian di stadion GBLA pada pramusim kemarin rupanya tidak menyurutkan minat Persib Bandung untuk bermarkas di Stadion GBLA. Karena hal itulah Persib hanya mendaftarkan stadion tersebut sebagai satu-satunya homebase dari klub kebanggaan Bobotoh. Kini tinggal menunggu ijin dari pihak yang terlibat di Liga 1 sebelum secara resmi memakai stadion tersebut.

Kabar baik diterima Persib dan juga Bobotoh sebelum Liga 1 resmi dimulai. Ijin dari Kemenpora dan PSSI terkait penggunaan Stadion GBLA sebagai homebase dari Persib Bandung kini telah turun. Kabar tersebut tentu sangat membahagiakan bukan hanya untuk Persib Bandung tetapi juga Bobotoh selaku pendukung setia klub tersebut.

Menpora Beri Ijin

Jumat tanggal 22 Juli lalu, Stadion GBLA ditinjau oleh banyak pihak. Zainudin Amali selaku Kemenpora, Mochammad Iriawan yang merupakan Ketum PSSI serta Kapolda Jawa Barat dan perwakilan Pemkot Bandung terlihat di Stadion GBLA. Rombongan tersebut juga didampingi Dirut PT. PBB dan manajer umum Persib.

Kegiatan tersebut rupanya merupakan bentuk tindak lanjut dari rakor yang membahas kelayakan Stadion GBLA sebagai homebase Persib Bandung. Bahkan Zainudin Amali khusus datang ke kota Bandung untuk mengecek langsung kondisi stadion. Kemenpora dan PSSI memang memberikan perhatian khusus untuk pertandingan yang berlokasi di Bandung.

Bagian yang dicek yaitu kelayakan teknis, keamanan serta keamanan Stadion. Bahkan Kemenpora juga mengecek alur penjualan tiket sampai penonton keluar Stadion yang dijelaskan langsung oleh Direktur PT. PBB. Kabar bahagianya Kemenpora mengatakan jika Stadion GBLA sudah layak menjadi venue pertandingan.

Zainudin Amali tidak lupa berpesan kepada Bobotoh bahwa harus mengikuti peraturan yang berlaku ketika membela Persib. Bobotoh juga harus menjaga ketertiban selama berada di area stadion. Karena ketertiban dan taatnya para penonton selama di stadion juga tidak kalah penting dibandingkan kelayakan Stadion.

PSSI Juga Mengijinkan

Mochamad Iriawan yang ikut dalam rombongan bersama Kemenpora juga ikut menginspeksi kelayakan Stadion GBLA. Menurut Ketum PSSI itu, Stadion GBLA sudah layak digunakan untuk menjadi homebase Persib Bandung. Akan tetapi, Mochamad Iriawan masih memberikan catatan yang harus diperbaiki oleh manajemen klub Persib.

Bersamaan dengan turunnya ijin dari Kemenpora, PSSI yang diwakili oleh Mochamad Iriawan juga memberikan ijin untuk penggunaan Stadion GBLA. Ketum PSSI itu mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora atas ijin yang telah diberikan. Tidak lupa dirinya juga ucapkan terima kasih pada Kapolda Jawa Barat yang mau mendukung Persib Bandung bertanding di GBLA.

Bahkan Mochamad Iriawan juga mempertimbangkan penggunaan Stadion GBLA sebagai salah satu venue di FIFA Matchday nanti. Seperti yang diketahui, Timnas akan melakukan pertandingan persahabatan dalam agenda yang akan berlangsung bulan September itu. PSSI juga merencanakan Indonesia sebagai tuan rumah sehingga kini tengah mencari venue untuk agenda tersebut.

Dalam agenda tersebut, Mochamad Iriawan juga sekaligus meminta restu sebelum Liga 1 resmi dimulai. Tepat pada tanggal 23 Juli, Liga 1 musim baru akan dimulai yang ditandai dengan pertandingan Persija melawan Bali United. Karena hal itulah Mochamad Iriawan meminta restu serta dukungan dari banyak pihak yang terlibat.

Respon Bobotoh

Turunnya ijin untuk menggunakan Stadion GBLA bukan hanya membuat Persib bahagia. Tetapi juga Bobotoh yang merupakan pendukung setia dari klub tersebut juga tidak kalah bahagianya. Bobotoh juga sangat antusias karena bisa kembali mendukung langsung Maung Bandung di Stadion GBLA.

Sebagai bentuk komitmen, himbauan dari Kemenpora akan dilaksanakan oleh Bobotoh. Bahkan Bobotoh langsung mentrendingkan dua tagar di media sosial yaitu #noticketnogame serta #noflare. Tagar tersebut menyusul dua kejadian yang terjadi selama pertandingan pramusim kemarin.

Seperti yang diketahui, panpel Persib sempat kecolongan yang membuat banyak supporter tanpa tiket bisa memasuki stadion. Akibatnya, supporter yang memiliki tiket justru tidak bisa masuk lantaran stadion sudah penuh. Karena hal itulah Bobotoh meminta kepada supporter yang tidak memiliki tiket untuk tidak memasuki lapangan.

Terlebih dalam beberapa pertandingan pramusim kemarin, banyak supporter yang masih menyalakan flare di akhir pertandingan. Sesuai dengan peraturan, flare kini dilarang di stadion lantaran sangat berbahaya. Bobotoh melarang supporter menyalakan flare karena bisa berakibat sanksi untuk Persib Bandung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here