PSM Tunjuk Bernardo Tavares Sebagai Pelatih Baru

0
49

Debatbola.com – Musim ini, hasil yang diperoleh PSM Makassar memang kurang memuaskan dengan hanya bisa finish di posisi 14. Hasil tersebut membuat PSM melakukan perombakan besar-besaran bukan hanya pada para pemain tetapi juga official timnya. Bahkan Joop Gall yang baru menjabat di pertengahan musim juga tak luput dari pemecatan.

Kosongnya kursi pelatih sejak berakhirnya musim ini membuat PSM Makassar terus mengupayakan kedatangan pelatih pengganti dalam waktu dekat. Beberapa nama pelatih asing sudah dikaitkan akan melatih klub tersebut di musim depan. Akhirnya teka-teki sudah terjawab dengan penunjukan Bernardo Tavares sebagai pengganti Joop Gall untuk melatih skuad PSM.

Pengganti Joop Gall

Tepatnya Senin tanggal 11 April kemarin PSM Makassar resmi mengumumkan penunjukan Bernardo Tavares sebagai pelatih baru klub tersebut. Pengumuman tersebut disampaikan langsung melalui akun Twitter resmi milik PSM. Pelatih asal Portugal itu akan menggantikan tugas Joop Gall melatih klub di musim depan.

Setelah kabar pemecatan Joop Gall, PSM memberitahukan jika akan segera mengenalkan pelatih baru tengah dalam tahap negosiasi. Saat itu, tidak ada pemberitahuan lebih lanjut mengenai pelatih yang dimaksud namun pihak klub mengatakan jika pelatih baru berasal dari luar negri. Selain itu, pelatih baru itu juga baru pertama kali melatih klub Indonesia.

Sontak Publik bertanya-tanya siapa pelatih yang dimaksud dengan clue yang telah diberikan oleh klub. Awalnya banyak yang menyangka jika pelatih PSM baru nantinya adalah Jorge Simao yang sudah lama dikaitkan dengan klub tersebut. Tidak disangka pelatih yang dimaksud adalah Bernardo Tavares yang masih berstatus pelatih salah satu klub Finlandia.

Bernardo Tavares akan melatih PSM Makassar dalam dua kompetisi berbeda di musim depan. Bukan hanya harus berkompetisi di Liga 1 tahun 2022-2023 saja, PSM juga akan melakoni kompetisi tingkat Asia yaitu AFC Cup 2022. Karena hal itulah klub tersebut membutuhkan pelatih yang sudah ahli melakoni kompetisi besar.

Pelatih Segudang Prestasi

Keberhasilan PSM Makassar mengontrak Bernardo Tavares sebagai pelatih baru tentu membuat publik tercengang. Pasalnya pelatih asal Portugal tersebut memiliki segudang prestasi serta lisensi pelatih yang tidak main-main. Pelatih Bernama lengkap Fernando Jose Bernardo Tavares sudah berlisensi UEFA Pro dan dulunya merupakan pemain sepak bola Profesional.

Sebelum melatih PSM Makassar, Tavares melatih HIFK Helsinki yang merupakan klub yang bermain di Liga utama Finlandia. Selain klub terbarunya itu, Tavares juga pernah menukangi sejumlah klub terkenal di Eropa yaitu Sporting CP Academy, Benfica dan masih banyak lagi. Selain itu, pelatih berusia 41 tahun tersebut juga pernah menjadi pelatih Kiper di FC Porto.

Memulai karir kepelatihan pada tahun 1997, Bernardo Tavares memulai debutnya sebagai pelatih Kepala pada tahun 2014 lalu di klub Tirsense. Selama menjalani karir pelatih, sederet prestasi sudah berhasil ditorehkan oleh Bernardo Tavares. Total 2 gelar yang berhasil diraih saat melatih di Maldives, FA Cup Portugal, EFL Cup, Champion Youth League dan masih banyak lagi.

PSM Makassar mengontrak Bernardo Tavares selama satu musim lamanya, namun belum diketahui apakah ada opsi perpanjangan kontrak nantinya. Saat ini, pelatih berusia 41 tahun tersebut memang belum tiba di Indonesia karena administrasinya belum selesai. Baru setelah semua urusan administrasi dan dokumen lengkap, Tavares akan langsung terbang ke Indonesia.

Saatnya Membangun Tim

PSM telah berhasil mendapatkan pelatih baru dengan pengalaman dan juga prestasi yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Kini saatnya klub tersebut membangun tim impian yang bisa bersaing di Liga musim depan serta AFC Cup. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan tentu saja dengan merekrut pemain-pemain yang sesuai dengan visi misi klub.

Sebelumnya, 3 pemain telah resmi dilepas oleh PSM Makassar dalam rangka perombakan skuad. Pemain yang dimaksud yaitu Ilham Udin Armaiyn, Hilman Syah serta Hasim Kipuw yang sebenarnya termasuk pilar tim di musim ini. Kini klub diharuskan merekrut pemain baru untuk mengisi posisi yang kosong itu.

PSM Makassar memang tidak memiliki banyak waktu lagi mengingat kompetisi akan dimulai pada bulan Juni. Bersama dengan Bernardo Tavares, PSM akan segera membentuk skuad yang mampu mengarungi dua kompetisi sekaligus. Saat ini pemain yang sering dikaitkan dengan klub tersebut yaitu Ciro Alves yang merupakan striker milik Persikabo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here