PSM Makassar Terseret Kasus Penunggakan Gaji Pemain, PT. LIB Minta Segera Dituntaskan

0
31

Debatbola.com – Menjelang dimulainya Liga 1, PT. LIB sudah mewanti-wanti pada setiap klub untuk menyelesaikan perkara gaji para pemainnya. Namun rupanya PT. LIB masih menerima laporan mengenai klub yang menunggak gaji pemainnya. Klub yang terseret kasus penunggakan gaji pemainnya yaitu PSM Makassar.

Penunggakan gaji pemain oleh PSM Makassar terkuak setelah mantan pemain klub tersebut angkat bicara. PT. LIB kemudian meminta kepada pihak klub untuk segera menyelesaikan perkara gaji pemain tersebut sebelum Liga 1 resmi dimulai. Menyikapi hal tersebut, PSM akhirnya buka suara dan mengatakan gaji yang tertunggak itu sudah dibayarkan.

Tunggak Gaji Pemain

Menjelang dimulainya Liga 1 musim baru, PSM Makassar justru terseret kasus yang melibatkan keuangan klub. Klub asal Sulawesi tersebut diketahui belum membayar tunggakan gaji mantan pemainnya. Bukan hanya satu, tetapi ada beberapa pemain yang gajinya belum dilunasi oleh PSM Makassar.

Permasalahan penunggakan gaji itu mulai mencuat karena postingan salah satu mantan pemain PSM Makassar, Anco Jansen. Pemain asal Belanda tersebut memposting di akun Instagram pribadinya jika hingga kini haknya belum diberikan oleh PSM Makassar. Karena hal itulah Jansen kemudian memposting keluhannya itu di media sosial.

Sebagai mantan pemain, Anco Jansen merasa dibohongi lantaran PSM tidak menepati janjinya untuk segera membayar tunggakan gajinya. Belum lagi sejak kedatangan di klub tersebut, pembayarannya sering kali tidak tepat waktu. Karena hal itulah Anco Jansen berencana untuk membawa kasus tersebut ke FIFA.

Rupanya, keberanian Anco Jansen menyuarakan mengenai penunggakan gaji yang dilakukan PSM Makassar membawa efek domino untuk klub tersebut. Beberapa mantan pemain PSM di musim lalu juga melayangkan tuntutan serupa. Para pemain tersebut menuntut sisa gajinya segera dibayarkan oleh pihak klub.

Berita tersebut terkuak setelah APPI memberikan laporan jika masih ada pemain PSM Makassar di musim lalu yang gajinya belum lunas. Bahkan M. Hardika Aji selaku CEO APPI mengatakan ada belasan pemain yang membuat laporan. APPI juga mengatakan jika PSM Makassar adalah satu-satunya klub Liga 1 yang masih menunggak gaji pemainnya.

Menurut keterangan CEO APPI, jumlah gaji yang tidak dibayar berbeda untuk masing-masing pemain. Namun Aji enggan membocorkan nama pemain dan hanya mengatakan sudah pindah klub. Kini APPI juga sudah menyurati PSM Makassar untuk segera melunasi hutang gaji para pemainnya itu sebelum Liga 1 dimulai

Tuntutan PT. LIB

Konflik gaji pemain yang terjadi di PSM Makassar rupanya sudah sampai di telinga PT. LIB selaku operator Liga. Menanggapi hal tersebut, Akhmad Hadian Lukita kemudian angkat bicara kepada salah satu media Indonesia. Dirut PT. LIB itu meminta kepada PSM Makassar untuk segera menyelesaikan gaji mantan pemainnya itu.

Akhmad Hadian Lukita juga berpesan untuk semua klub Liga 1 agar segera menyelesaikan persoalan gaji pemain. Diharapkan ketika Liga 1 musim baru dimulai, gaji para pemain di musim baru sudah diselesaikan oleh masing-masing klub. Pasalnya PT. LIB khawatir jika persoalan tersebut sampai ke National Dispute Resolution Chamber.

Konsekuensi untuk klub yang bermasalah dengan NDRC yaitu dilarang untuk bermain di Liga 1 musim depan. Jika tidak bisa bermain di Liga 1, secara otomatis klub tersebut akan didegradasi ke Liga 2 oleh Federasi. Karena hal itulah PT. LIB meminta PSM Makassar untuk segera menyelesaikan permasalahan tersebut.

Respon PSM Makassar

Ketika ramai berita mengenai penunggakan gaji yang dilakukan oleh PSM Makassar, pihak klub kemudian bergerak cepat. Pihak PSM Makassar langsung membantah tuduhan tersebut ketika ditemui oleh Media. Secara tegas Munafri Arifudin mengatakan klubnya sudah melunasi gaji dari Anco Jansen.

Menurut CEO dari PSM Makassar itu, ada miss yang membuat Anco Jansen belum menerima gaji padahal sudah dibayarkan. Adanya perbedaan waktu antara Indonesia dan Belanda membuat gaji tersebut belum sampai ke Jansen. Akan tetapi Anco Jansen belum mengkonfirmasi hal tersebut.

Sedangkan untuk masalah gaji pemain lokalnya di musim lalu, PSM Makassar belum memberikan tanggapan apapun. Padahal pihak APPI sudah menyurati manajemen PSM Makassar. Akan tetapi APPI berharap permasalahan tersebut sudah selesai sebelum musim baru bergulir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here