Proyek European Super League Mengemuka Lagi, Inter Milan Jadi Satu-Satunya Tim yang Mundur

0

Debatbola.com – Rencana European Super League baru-baru ini kembali mengemuka di tengah konflik antara Rusia dan Ukraina yang ikut berdampak pada dunia sepakbola. Proyek ini disebut masih bisa dilanjutkan, dengan 12 klub sudah ikut serta. Namun, sebuah laporan baru-baru ini mengungkap, bakal ada satu tim yang mundur, dan kemungkinan, tim itu adalah Inter Milan.

Peluncuran Kembali Proyek ESL

Ketika virus Covid-19 sedang gencar-gencarnya menyerang berbagai aspek kehidupan, termasuk sepakbola, sebuah rencana mengenai kompetisi si kulit bundar baru mengemuka. Rencana ini melibatkan sejumlah raksasa dari seluruh penjuru Benua Biru. Tentu saja, rencana yang dimaksud adalah rencana mega proyek European Super League.

Ide European Super League adalah mengumpulkan para raksasa dari seluruh penjuru Eropa dan membentuk sebuah kompetisi baru. Presiden Real Madrid Florentino Pérez menjadi orang yang paling gencar menyuarakan ide terkait kompetisi ini. Rencana ini juga pada akhirnya menarik minat 12 klub yang telah resmi mendaftar sebagai anggota pendiri.

Proyek European Super League sempat mereda seiring normalnya kompetisi-kompetisi Eropa yang sebelumnya sempat lumpuh akibat Covid-19. Namun, di tengah konflik Rusia-Ukraina yang kini juga ikut berdampak pada sepakbola, proyek liga para raksasa ini kembali muncul. Presiden Juventus Andrea Agnelli menyebut rencana ini masih bisa dihidupkan lagi.

Kendati mendapat tentangan dari sana-sini, Agnelli menyebut bahwa rencana Super League belum mati. Menurutnya, rencana ini adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan sepakbola Eropa. Agnelli juga beranggapan bahwa sepakbola Eropa perlu direformasi, dan Super League ini adalah salah satu caranya.

“European Super League belum mati. Menurut saya, sepakbola Eropa sangat butuh reformasi.” Tutur Agnelli, mengutip via Daily Mirror. “UEFA tahu bahwa saya sebagai presiden Juventus sedang mengerjakan sesuatu yang berbeda. Ide Super League adalah ide dari 12 tim pendiri, bukan cuma dari satu orang saja.”

Inter Milan Satu-Satunya Klub yang Mundur

Saat rencana pembentukan European Super League mereda, sejumlah klub dikabarkan telah mundur dari proyek ini. Yang paling sering diberitakan tentu adalah klub-klub raksasa dari Inggris. Usai mendapat tentangan, bahkan hujatan dari para pendukung, klub-klub macam Liverpool, Chelsea dan Manchester United kabarnya menarik diri dari rencana ini.

Namun, seperti yang dikatakan Agnelli, rencana ini disebut masih belum mati. Mengutip laman Football-Espana, sampai hingga detik ini, tak ada satupun tim yang resmi mundur. Klub-klub Inggris yang dahulu sempat menyatakan mundur juga belum resmi mundur. Mereka masih merencanakan waktu yang tepat untuk mundur dari proyek ini secara resmi.

Sementara itu, di antara 12 klub yang sudah mendaftar dan bakal menjadi calon penggagas European Super League, kabarnya ada satu tim yang siap mundur dalam waktu dekat. Klub tersebut juga kabarnya tidak main-main ingin meninggalkan proyek ini. Football-Espana menyebut klub itu bakal resmi mundur dari proyek ini dalam waktu dekat.

Masih dari sumber yang sama, klub yang bakal mundur itu kemungkinan besar adalah Inter Milan. Inter Milan disebut memasukkan klausul istimewa ketika mereka ikut dalam proyek ini. Ketika mereka mendaftar, Inter Milan diketahui memasukkan klausul yang memungkinkan mereka mundur dari proyek ini kapanpun mereka mau.

Yang menarik, nampaknya cuma Inter Milan yang punya klausul istimewa seperti itu, sementara klub lain tidak disebut punya klausul serupa. Memang, cuma ada satu klub yang bakal mundur, dan rencana European Super League bisa diluncurkan lagi. Tapi untuk saat ini, masih belum ada pernyataan apapun terkait peluncuran kembali proyek ini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version