Profil Timnas Kroasia Euro 2020, Sang Kuda Hitam Piala Eropa

0
178
Sumber : bitno.net

Debatbola.com – Finalis FIFA World Cup 2018, Kroasia akan ikut serta meramaikan perhelatan Euro 2020 yang akan digelar bulan Juni nanti.. Materi skuad asuhan Zlatko Dalić masih serupa dengan materi pemain di gelaran World Cup dua tahun lalu. Lalu, seperti apa peta kekuatan tim ini? Berikut adalah profilnya.

Sejarah Keikutsertaan di Euro

Dalam sembilan edisi pertama Euro, Kroasia menjadi bagian dari timnas Yugoslavia. Barulah pada edisi 1996, Kroasia memisahkan diri. Di penampilan perdananya di kompetisi Euro, Vatreni langsung unjuk gigi. Mereka sukses mengamankan tiket ke babak perempat final meski akhirnya harus menyerah di tangan timnas Jerman.

Sejak berpisah dari Yugoslavia, Kroasia tercatat hanya sekali absen dari Euro, yakni pada edisi Euro 2000 yang digelar di Belgia dan Belanda. Prestasi terbaik mereka di ajang ini hanyalah sampai di babak perempat final pada dua edisi, yakni 1996 dan 2008. Jika pada 1996 Kroasia disingkirkan Jerman, maka pada edisi 2008, mereka takluk di tangan Turki.

Materi Pemain

Seperti yang telah disebutkan, materi pemain timnas Kroasia di Euro 2020 kali ini sebagian besar masih sama seperti materi pemain untuk World Cup 2018 lalu. Luka Modrić sepertinya bakal tetap dipercaya menjadi kapten. Sementara pemain-pemain kunci lain seperti Šime Vrsaljko, Ivan Perišić, Marcelo Brozović dan Ante Rebić juga ikut tampil.

Sayangnya, punggawa Sevilla Ivan Rakitić tak ikut serta dalam turnamen Euro 2020 kali ini, dan Zlatko Dalić akhirnya memasukkan beberapa opsi lain. Mereka antara lain Josip Brekalo, Mislav Oršić, Nikola Vlašić. Ada juga nama-nama lain macam Mateo Kovačić, Milan Badelj, Mario Pašalić dan Luka Ivanušec.

Sektor serang Kroasia juga menghadirkan beberapa opsi menarik, seperti Bruno Petković, Ante Budimir dan Andrej Kramarić. Bruno Petković menjadi nama yang paling menarik untuk disorot. Pasalnya sejak melakoni debut untuk Kroasia, penyerang Dinamo Zagreb tercatat sukses mengemas enam gol hanya dalam 13 penampilan.

Profil Pelatih

Pada gelaran Euro 2020 kali ini, Kroasia akan kembali berada di bawah pimpinan Zlatko Dalić, pelatih yang membawa mereka ke final World Cup kemarin. Dalić sendiri bukan merupakan pelatih yang banyak dikenal. Tetapi dengan prestasi di perhelatan antarnegara World Cup, namanya kini pasti sudah semakin diperhitungkan.

Turnamen Euro 2020 ini juga akan menjadi turnamen Euro pertama bagi Dalić sebagai nahkoda Kroasia. Petualangan sulit memang sudah menanti Dalić dan pasukannya di fase grup mendatang. Tetapi Dalić pasti optimis bisa membawa Kroasia melewati pencapaian terbaiknya di Euro yang sampai saat ini hanya bisa sampai di fase perempat final.

Kuda Hitam yang Tak Boleh Diremehkan

Meski menyandang status sebagai finalis World Cup 2018, Kroasia tetap akan dipandang sebagai kuda hitam di ajang Euro 2020 ini. Perjalanan Kroasia untuk mencapai putaran final Euro 2020 sendiri terbilang cukup mulus. Kroasia sukses melewati babak kualifikasi dengan menjadi kampiun Grup E, mengungguli Wales, Slowakia, Hongaria dan Azerbaijan.

Selepas tampil di babak kualifikasi Euro 2020, penampilan Kroasia memang sempat naik turun. Mereka sempat menelan beberapa kekalahan, diantaranya kontra Portugal, Prancis dan Swedia. Tetapi deretan kekalahan itu tak lantas membuat Kroasia bisa dianggap enteng dalam pagelaran Euro 2020 mendatang.

Di ajang Euro 2020 sendiri, Kroasia dinanti Grup berat yakni Grup D yang beranggotakan Inggris, Skotlandia dan Republik Ceko. Di laga pembuka, Kroasia akan langsung menantang Inggris pada 13 Juni di Wembley. Lalu berturut-turut, pada 18 dan 23 Juni, mereka akan menantang Ceko dan Skotlandia secara bergantian di Hampden Park.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here