Profil Timnas Finlandia Euro 2020, Debutan yang Kokoh dan Tangguh

0
142
Profil Timnas Finlandia Euro 2020, Debutan yang Kokoh dan Tangguh

Debatbola.com –Tak cuma dihuni para raksasa, Euro 2020 juga akan menjadi ajang unjuk gigi negara-negara kuda hitam, salah satunya Finlandia. Finlandia memang bukan salah satu negara unggulan, tetapi mereka punya kekuatan yang tak boleh diremehkan. Seperti apa kemampuan mereka? Untuk mengetahuinya, berikut adalah profil mereka.

Banyak Berubah

Berkaca dari sekitar lima tahun lalu, siapa yang sangka bahwa Finlandia bakal berhasil merebut tiket tampil di sebuah turnamen internasional. Di bawah arahan Hans Backe, tim ini jarang menang pada periode tahun 2016. Akan tetapi, kehadiran Markku Kanerva, Finlandia mulai menunjukkan banyak perkembangan.

Lini depan Finlandia sendiri sejatinya tak begitu tajam, tetapi di sektor belakang, mereka punya pertahanan yang begitu kokoh. Selain itu, Finlandia asuhan Kanerva juga dikenal memiliki taktik fleksibel, yang mana hal itu juga menjadi kekuatan mereka. Terkadang, mereka memakai formasi 5-3-2, atau terkadang berganti ke 4-4-2.

Di bawah arahan Kanerva pula, Timnas Finlandia mulai berhasil meraih beberapa kemenangan. Pertama, mereka berhasil menjadi juara di grupnya sendiri di ajang UEFA Nations League, mengungguli Hungaria dan Yunani yang terlihat lebih diunggulkan. Akhirnya, mereka pun sukses melewati kualifikasi Euro 2020 , dan merebut satu tiket ke turnamen tersebut.

Kekuatan Utama dan Materi Pemain Tim

Seperti yang telah disebutkan, Finlandia, seperti halnya tim-tim lain, juga memiliki kekuatannya sendiri. Fleksibilitas permainan menjadi salah satunya, di mana Finlandia bisa memakai beberapa taktik. Finlandia juga dikenal memiliki kerjasama yang bagus karena para pemain sudah menganggap rekan setimnya layaknya keluarga sendiri.

Tak hanya itu, Finlandia juga dikenal memiliki pertahanan yang sangat rapat dan sulit untuk ditembus. Hal ini bisa dilihat dari statistik Finlandia, di mana mereka hanya kebobolan sepuluh kali dari sepuluh laga dan meraih enam clean sheet di fase kualifikasi. Finlandia juga dikenal sebagai tim yang memiliki semangat juang tinggi dan tak gampang menyerah.

Skuad Finlandia jelas tak semewah para negara raksasa macam Spanyol, Prancis, Jerman, atau bahkan Inggris. Tetapi mereka tetap saja memiliki beberapa pemain hebat di dalam skuadnya. Tiga di antaranya adalah Lukáš Hrádecký, Paulus Arajuuri dan Joona Toivio yang merupakan pemimpin utama jantung pertahanan tim.

Sebagai motor penggerak serangan, Finlandia juga memiliki pemain seperti Glen Kamara. Sementara itu, meski sektor serang mereka tak begitu tajam, Finlandia tetap saja tak boleh diremehkan. Pasalnya mereka punya nama-nama macam Teemu Pukki, Robin Lod dan Joel Pohjanpalo yang bisa merepotkan lini pertahanan tim lawan.

Profil Pelatih

Sebelum menjadi pelatih, Markku Kanerva diketahui pernah bekerja sebagai guru sekolah. Tapi kecintaannya pada sepakbola telah mengubahnya menjadi seorang pelatih kutu buku. Tak tanggung-tanggung, Kanerva bahkan bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk mempelajari taktik lawan yang akan ia hadapi.

Apapun itu, Kanerva sudah banyak berperan dalam mengubah Finlandia menjadi tim yang cukup sulit untuk dikalahkan. Selama menjadi pelatih, memang tak ada banyak prestasi yang didulang Kanerva. Tetapi ia tercatat pernah mencetak rekor sebaga pelatih pertama yang membawa Finlandia ke turnamen Euro dan European Under-21 Championship.

Jadwal di Euro 2020

Meski tak mudah untuk dikalahkan, Finlandia tetap akan menghadapi jalan terjal dalam turnamen Euro 2020 mendatang. Tergabung di Grup B, lawan-lawan berat sudah menanti pasukan Kanerva. Mereka berada dalam satu grup bersama negara-negara yang lebih diunggulkan macam Belgia, Denmark dan Rusia.

Perjalanan perdana Finlandia di turnamen Euro 2020 akan dibuka dengan laga kontra Denmark pada tanggal 12 Juni. Lalu perjalanan mereka akan kembali berlanjut dalam laga kontra Rusia pada tanggal 16 Juni. Terakhir, Finlandia akan menantang Belgia sebelum mengakhiri fase grup turnamen empat tahunan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here