Profil Timnas Belanda Euro 2020, Singa yang Mulai Bangun dari Tidurnya

0
397
Profil Timnas Belanda Euro 2020, Singa yang Mulai Bangun dari Tidurnya

Debatbola.com  –  Belanda akan kembali ikut serta dalam perhelatan Euro 2020 mendatang setelah gagal ikut serta dalam turnamen Euro 2016 kemarin. Kekuatan Belanda kali ini bisa dibilang cukup tangguh, meski beberapa nama absen dari turnamen. Lalu seperti apakah kekuatan Belanda, sang singa yang baru terbangun dari tidurnya?

Gambaran Performa Skuad

Batal ikut serta dalam turnamen Euro 2016, Belanda kembali berlaga dalam edisi Euro 2020 kali ini. Skuad berjuluk Der Oranje tidak membawa beberapa pilar andalannya, termasuk defender Liverpool Virgil van Dijk. Tetapi berkaca dari hasil beberapa laga terakhir, catatan skuad Frank de Boer terlihat cukup mengesankan.

Tergabung bersama Jerman, Irlandia Utara, Belarus, dan Estonia, Belanda tampil impresif. Mereka tercatat meraih total enam kemenangan dan hanya menelan satu kekalahan dari delapan laga yang dimainkan di Grup C. Der Oranje pun menempati posisi ke-2 klasemen akhir dengan koleksi 19 poin, dua angka lebih sedikit dari Jerman.

Performa Belanda sepanjang pertengahan tahun 2020 hingga tahun 2021 juga terbilang cukup apik. Mereka berhasil meraih empat kemenangan dari lima pertandingan terakhir, dan sukses menjebol gawang lawan sebanyak 16 kali. Di sisi lain, skuad asuhan Frank de Boer hanya kalah sekali dalam delapan pertandingan terakhirnya di seluruh kompetisi.

Sejarah Keikutsertaan di Euro

Berkaca dari sejarahnya, timnas Belanda juga terbilang punya prestasi yang tak begitu mentereng di ajang Euro. Sejak edisi pertama pada 1960, mereka tidak ikut serta sampai tahun 1976. Prestasi terbaik Belanda di ajang ini adalah keluar sebagai kampiun pada edisi Euro 1988 Jerman, tapi itu menjadi satu-satunya kemenangan Belanda di ajang ini.

Penampilan terakhir Belanda di ajang Euro juga terbilang tak begitu mengesankan, karena langkah mereka hanya terhenti di fase grup. Belanda terakhir ikut serta di turnamen Euro pada edisi tahun 2012 silam. Mereka bahkan finish di urutan paling buncit kala itu, dengan raihan tiga kekalahan dan tanpa sekalipun meraih kemenangan.

Profil Pelatih

Sepeninggal Ronald Koeman, timnas Belanda kini berada di bawah asuhan pelatih Frank de Boer. De Boer yang dahulu merupakan mantan defender Der Oranje merupakan sosok pelatih yang terbilang cukup sukses. Ia tercatat pernah memenangi ajang Eredivisie dua kali bersama Ajax, serta memenangkan Campeones Cup dan US Open Cup bersama Atlanta United.

Timnas Belanda terhitung sudah memainkan delapan pertandingan bersama sang pelatih, dan catatan juru taktik 51 tahun itu juga cukup bagus. Belanda berhasil meraih empat kemenangan dan hanya menelan dua kekalahan. Secara keseluruhan, Belanda asuhan De Boer sukses mencetak 18 gol, sementara itu, mereka juga baru kebobolan sembilan kali.

Materi Pemain

Seperti yang telah disebutkan, Belanda datang dengan kondisi agak pincang, mengingat beberapa pilar akan absen, termasuk Virgil van Dijk. Namun di samping itu, kekuatan tim arahan Frank de Boer tetap tak boleh diremehkan. Masih ada nama-nama kuat lain, macam Matthijs de Ligt, Frenkie de Jong, Davy Klaassen, Donny van de Beek dan Luuk de Jong.

Absennya Van Dijk di lini belakang sepertinya tidak akan banyak berarti mengingat masih ada nama-nama lain macam Stefan de Vrij dan Matthijs de Ligt. Lini depan Der Oranje juga terlihat cukup menakutkan. Ada nama-nama macam Memphis Depay, Donyell Malen, serta Wout Weghorst yang belakangan tampil impresif di Bundesliga.

Jadwal di Euro 2020

Dalam gelaran Euro 2020 sendiri, Belanda termasuk ke dalam penghuni Grup C, bersama Austria, Makedonia Utara dan Ukraina. Petualangan Belanda di Euro akan dimulai pada 14 Juni 2021 melawan Ukraina. Lalu mereka akan menghadapi Austria dan Makedonia Utara, masing-masing pada 18 dan 26 Juni 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here