Profil Santos, Kiper Yang Bawa Brasil U23 Tembus Final Olimpiade Tokyo

0
393

Debatbola.com – Timnas Brasil sukses melenggang ke babak final Olimpiade 2020 Tokyo setelah mengalahkan timnas Meksiko pada fase semifinal. Lini serang Selecao sempat kewalahan menghadapi tembok pertahanan El Tri yang dibangun oleh Cesar Montes dan Johan Vasquez.

Santos Tampil Impresif Selama Adu Penalti

Terbukti hingga laga berjalan 120 menit lamanya tidak ada gol yang tercipta baik untuk masing-masing tim. Hingga pengadil lapangan memperpanjang pertandingan menjadi rangkaian babak adu penalti untuk mendapatkan pemenang.

Beruntung Brasil punya kiper yang bernama Santos di bawah mistar gawang timnya. Penjaga gawang yang bermain untuk Club Atletico Paranaense, klub divisi pertama Brasil itu tampil sangat impresif ketika adu penalti.

Dimana dua dari tiga eksekutor penalti Meksiko gagal menyarangkan bola ke gawangnya. Sepakan Eduardo Aguirre yang ditunjuk sebagai penendang pertama tidak mampu memperdayai kiper bertinggi badan 188 cm itu.

Santos sangat cermat dalam membaca pergerakan dan arah bola hasil tendangan Eduardo Aguirre tersebut. Dengan sekali gerak saja, bola yang bergulir cukup lambat itu berhasil masuk ke dalam pelukannya.

Sementara itu pada kesempatan kedua yang diambil oleh Johan Vasquez, Santos kembali sukses menebak arah bola. Namun tiang gawang kali ini menjadi penyelamat setelah jangkauannya tidak mampu meraih bola.

Penendang terakhir Meksiko, Carlos Rodriguez adalah satu-satunya pemain yang berhasil menggetarkan gawangnya. Namun penendang terakhir Brasil, Reiner juga sanggup menunaikan tugasnya dengan baik dan menyegel tempat di final untuk timnya.

Profil Santos

Santos sejauh ini bergelar one man one club. Karena sejak masih menimba ilmu hingga kini berkarir profesional dirinya masih membela klub yang sama. Seperti yang sudah tertera di atas bahwa kiper ini memperkuat Club Atletico Paranaense.

Dilansir inter303 via transfermarkt.com, kiper berusia 31 tahun ini telah masuk ke skuat klub tersebut sejak tahun 2010 silam. Sebelumnya sang kiper masih memperkuat tim junior terlebih dahulu sebab umurnya yang masih belia.

Hingga musim lalu, Santos masih dipercaya oleh sang pelatih, Dorival Junior untuk ditugaskan mengawal gawang timnya. Total dirinya diturunkan sebanyak 41 kali di semua kompetisi oleh sang pelatih dan sukses membuat 14 kali catatan clean sheet.

Di klasemen Serie A Brasil sendiri klubnya, Club Atletico Paranaense berhasil dibawanya finish di peringkat ke-9. Klubnya sukses mengantongi 53 poin dari 38 pertandingan dan juga berhak untuk masuk babak penyisihan Copa Sudamericana.

Membawa Timnya Juara Copa Sudamericana

Berbicara mengenai Copa Sudamericana, Santos pernah membawa timnya meraih titel tersebut pada tahun 2018 silam. Dirinya turun di setiap pertandingan dan berhasil membawa timnya lolos sejak ronde pertama hingga semifinal.

Di partai semifinal, mereka harus menghadapi klub senegara, Fluminense dalam dua leg. Pada rangkaian pertemuan tersebut, gawang Santos tidak pernah kebobolan. Sementara barisan penyerang sukses membuat 4 gol dalam dua leg.

Mereka pun berhak untuk tampil ke babak final dan menghadapi Junior FC, klub asal Kolombia. Di laga final ini, tim juga mengalami dua kali pertemuan. Pada leg pertama di kandang wakil Kolombia, hasil imbang 1-1 menyudahi laga.

Tampil di markas sendiri pada leg kedua ternyata Club Atletico Paranaense kesulitan menembus pertahanan Junior FC. Akhirnya wasit pun melanjutkan laga dengan adu penalti sebab tidak ada gol yang tercipta sementara agregat 1-1.

Santos yang turun sebagai kiper utama pun harus tampil dalam adu tos-tosan tersebut. Namun pengalamannya sebagai kiper sangat berpengaruh dalam pertandingan itu. Terbukti dua dari lima penendang Junior FC gagal.

Sementara dari Club Atletico Paranaense hanya satu saja yang gagal menemui target. Alhasil Santos dan kawan-kawan pun berhak untuk gelar juara Copa Sudamericana setelah mengalahkan finalis lainnya dalam adu penalti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here