Profil Pemain Asing Persipura Jayapura

0
121

Debatbola.com – Persipura Jayapura telah mendatangkan tiga pilar asingnya untuk mengarungi musim kompetisi terbaru. Dengan begitu klub yang dijuluki Mutiara Hitam ini telah mengisi tiga dari empat slot pemain asing aturan pihak penyelenggara.

Profil Pemain Asing Persipura

Pada deretan nama-nama berikut akan dibahas mengenai profil masing-masing dari ketiga pemain asing Persipura Jayapura. Siapa saja pemain asing tim kebanggaan masyarakat Papua tersebut? Berikut ulasannya:

Takuya Matsunaga

Pemain berkebangsaan Jepang ini melengkapi satu slot pemain asing Asia milik Persipura Jayapura. Takuya Matsunaga adalah pemain yang mempunyai posisi asli sebagai gelandang tengah. Dirinya melanjutkan tradisi pemain asal Asia Timur yang mengisi lini tengah tim setelah ditinggal In-kyun Oh.

Pemain berusia 31 tahun ini diboyong dari Kalteng Putra pada Januari, 2020 silam dengan status free agent. Sang gelandang didaratkan ke Jayapura setelah kontraknya habis bersama Kalteng Putra dan tidak diperpanjang.

Sebelum bergabung bersama kalteng Putra, Takuya Matsunaga belum pernah sekalipun memperkuat tim Asia lainnya termasuk Indonesia di level senior. Sementara dirinya hanya pernah membela klub junior Jepang, Fushimi Kogyo HS.

Pada musim 2020 silam, sesaat Liga 1 belum diberhentikan karena wabah pandemi Covid-19, sang pemain selalu dimainkan. Dalam tiga pertandingan melawan PSIS Semarang, Borneo FC dan Persebaya Surabaya dirinya selalu diturunkan sebagai starter.

Diprediksi pada musim kompetisi yang baru mendatang ini, Takuya Matsunaga bakal menjadi pemain inti arahan pelatih Jacksen Ferreira Tiago. Diperkirakan dirinya bersama Muhammad Tahir akan memerankan peran double pivot.

Henrique Motta

Pemain asing kedua Persipura Jayapura yang bakal dibahas adalah Henrique Motta. Pemain berkebangsaan Brasil ini akan menempati posisi palang pintu di skuat Mutiara Hitam yang menjadi posisi terbaiknya.

Henrique Motta bergabung bersama tim Mutiara Hitam setelah direkrut dari Zejtun Corinthians FC selepas kontraknya tidak diperpanjang. Dengan tinggi badannya yang menjulang hingga 188 cm, diperkirakan sang pemain akan bertandem bersama bek senior tim, Ricardo Salampessy.

Pelatih tim, Jacksen Ferreira Tiago bakalan memanfaatkan tinggi badannya tersebut untuk mengamankan pertahanan timnya. Dirinya bakal ditunjuk menjadi pengganti mantan bek tim, Arthur Cunha dan Andre Ribeiro yang juga asal Brasil.

Berbeda dengan Takuya Matsunaga, Henrique Motta belum pernah sekalipun memperkuat tim Indonesia. Sang pemain bertahan tersebut hanya pernah memperkuat tim Vietnam, HOANG ANH Gia Lai FC, musim 2018/2019.

Yevhen Bokhashvilli

Pemain terakhir yang akan dibahas adalah striker berkebangsaan Ukraina, Yevhen Bokhashvilli. Penyerang berusia 28 tahun ini direkrut oleh manajemen Persipura Jayapura setelah kontraknya tak diperpanjang oleh Sri Pahang FC.

Mantan penyerang Dnipro Dnipropetrovsk tersebut pernah memperkuat tim Liga 1, PS Sleman. Kala itu dirinya bermain untuk Super Elang Jawa pada musim 2019. Di musim itu sang penyerang menjelma menjadi predator haus gol.

Terbukti di akhir musim Yevhen Bokhashvilli berhasil mencatatkan 16 gol dari total 33 pertandingannya bersama PS Sleman. Bahkan pada laga away pekan ke-3 melawan timnya saat ini, Persipura Jayapura, dirinya sukses membuat satu gol. Dimana klubnya berhasil menahan imbang Mutiara Hitam di Stadion Mandala.

Di akhir musim 2019, PS Sleman yang baru promosi dari Liga 2 berhasil dibawanya mencapai papan tengah Liga 1. Klub yang bermarkas di Stadion Maguwoharjo tersebut menjadi tim yang mampu finish di peringkat kedelapan Liga 1.

Namun di akhir musim itulah kebersamaannya dengan Super Elang Jawa harus berakhir dan kini sang penyerang memperkuat Persipura Jayapura. Di klub barunya itu, Jacksen Ferreira Tiago akan mengharapkan insting golnya untuk musim depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here