Profil Mikel Oyarzabal, Ujung Tombak Spanyol di Olimpiade Tokyo 2020

0
166

Debatbola.com – Sebagai salah satu raksasa di dunia sepakbola, Spanyol tampil impresif dalam gelaran Olimpiade Tokyo 2020. Sampai saat ini, skuad racikan Luis de la Fuente berhasil melaju ke babak semifinal turnamen ini. Di balik impresifnya Spanyol, tentu ada peran para pemainnya, termasuk peran sang penyerang, Mikel Oyarzabal.

Pemain berusia 24 tahun bisa dibilang sebagai salah satu pemain dengan performa terbaik di ajang Olimpiade Tokyo 2020 ini. Melihat catatannya yang cukup apik bareng Spanyol, pasti banyak yang penasaran dengan sosok Oyarzabal. Karenanya, mari mengenal lebih dekat sosok Oyarzabal dalam profilnya berikut.

Calon Legenda Real Sociedad

Lahir di Eibar pada tanggal 21 April 1997, Mikel Oyarzabal justru mengawali karir sepakbolanya langsung bersama akademi Real Sociedad. Kala itu, Oyarzabal bergabung dengan Sociedad pada tahun 2011 ketika usianya baru menginjak 14 tahun. Sejak saat itu, perkembangan Oyarzabal terbilang sangat cepat untuk pemain seusianya.

Sekitar empat tahun bermain untuk tim junior, Oyarzabal memulai debutnya di La Liga pada Oktober 2015. Perjalanan Oyarzabal menembus skuad inti Sociedad juga terbilang cepat karena sejak tahun 2016, ia kerap mendapat kesempatan tampil sebagai starting XI. Sejak saat itu, Oyarzabal mulai menjadi andalan tim berjuluk La Real.

Meski masih berusia cukup muda, tak dapat dipungkiri bahwa Oyarzabal bisa dicap sebagai legenda masa depan Sociedad. Bagaimana tidak, pemain asal Spanyol tercatat sudah mengemas lebih dari 200 penampilan bareng La Real. Catatan golnya juga tidak main-main, yakni lebih dari 60 gol yang ia cetak untuk timnya tersebut.

Impresif Bareng Timnas Spanyol

Penampilan cemerlang Mikel Oyarzabal bersama Real Sociedad otomatis menjadikan dirinya sebagai langganan pemain timnas Spanyol. Memulai karir internasional di level U-18, Oyarzabal kini sudah menjadi bagian timnas Spanyol senior. Penampilannya bersama La Furia Roja sejauh ini juga cukup impresif, dengan catatan 15 gol di semua level timnas.

Tahun ini, Oyarzabal ikut serta dalam dua kejuaraan berbeda, yakni Euro 2020 dan Olimpiade Tokyo 2020. Dalam dua turnamen ini, Oyarzabal juga tampil gemilang, di mana ia menyumbang satu gol dari enam laga di Euro 2020. Sedang di Olimpiade, catatan Oyarzabal terbilang lebih baik, yakni mampu mengemas dua gol dan satu assist dari empat laga.

Meski menjadi pemain yang langganan dipanggil timnas, Oyarzabal sampai saat ini belum mendapat gelar internasional apapun. Prestasi terbaiknya hanyalah menjadi runner-up Piala Eropa pada tahun 2019 bersama Spanyol U-21. Sekarang, Oyarzabal dan Spanyol tentu mengincar medali emas dalam gelaran Olimpiade Tokyo 2020.

Gaya Bermain dan Julukan Si Jago Penalti

Soal gaya bermain, Oyarzabal tentu tak boleh diremehkan karena pemain andalan Real Sociedad ini terbilang piawai dalam berbagai hal. Oyarzabal bisa bermain hampir di semua posisi striker, mulai dari penyerang tengah, sampai winger. Bukan cuma cepat dan lincah, Oyarzabal juga merupakan pemain yang tangguh dalam situasi duel bola udara.

Satu hal lain yang membuat Oyarzabal istimewa adalah kepiawaiannya mengeksekusi penalti. Sepanjang karirnya, Oyarzabal sudah mengeksekusi total 22 penalti, baik di level timnas, maupun di level klub. Yang mengagumkan adalah, dari 22 penalti tersebut, penyerang 24 tahun hanya gagal sekali dan sukses mengonversi 20 sepakan menjadi gol.

Mengutip media inter303 dan Marca, Oyarzabal pernah menceritakan bagaimana caranya menjadi ahli penendang penalti. Oyarzabal mengungkapkan bahwa konsentrasi dan fokus menjadi hal terpenting dalam melakukan tendangan. Lalu, timing yang tepat juga dibutuhkan untuk bisa menaklukkan kiper lawan.

“Yang anda perlukan adalah tenang, percaya diri dan fokus.” Katanya “Lalu, ketika anda mulai berlari, tunggulah kiper bergerak. Tapi terkadang, ada pula momen di mana anda harus pede menembak ke arah yang anda inginkan sambil menambah kecepatan. Kiper-kiper modern sudah banyak belajar, dan mungkin sudah tahu trik-trik anda.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here