Profil Jérémy Doku, Bintang Masa Depan Timnas Belgia

0
32
Profil Jérémy Doku, Bintang Masa Depan Timnas Belgia

Debatbola.com – Belgia selama beberapa tahun terakhir sukses memproduksi talenta-talenta hebat dunia dalam hal sepakbola, salah satunya adalah Jérémy Doku. Dengan skill yang ia miliki, Doku adalah calon bintang masa depan Rode Duivels. Lalu sebenarnya siapa pemain 19 tahun itu? Untuk mengetahuinya, berikut ini adalah profil sang masa depan Belgia.

Perjalanan Karir

Lahir pada tanggal 27 Mei 2002, Jérémy Doku mulai berkarir dalam dunia sepakbola di klub asal kota Antwerp yang merupakan kota kelahirannya. Di usia masih sangat muda, Doku pernah memperkuat dua klub berbeda yang sama-sama berasal dari Antwerp. Klub pertama KVC Olympic Deurne, sedang berikutnya adalah Tubantia Borgerhout.

Selanjutnya, Doku pindah ke Anderlecht pada tahun 2012, atau saat usianya baru menginjak 10 tahun. Memulai debut pada usia 16 tahun, Doku tercatat hanya melakoni karir seniornya selama dua musim bersama Anderlecht. Hingga akhirnya, ia pindah ke klub Prancis Rennes, tepatnya pada 5 Oktober 2020 dengan mahar transfer senilai 26 juta euro.

Dalam karir internasional, Doku memperkuat Timnas Belgia sejak timnas U-17, tepatnya dalam gelaran UEFA European Under-17 Championship. Sementara itu, debutnya untuk timnas senior terjadi pada 5 September 2020 dalam partai UEFA Nations League. Menurut catatan laman Transfermarkt, Doku sudah mencatatkan delapan penampilan untuk Belgia.

Penantang Bintang-Bintang Ligue 1

Masih berusia muda, Jérémy Doku juga dikenal sebagai pemain yang piawai dalam mengolah si kulit bundar. Pemain yang kini memperkuat Rennes bahkan mampu bersaing dengan banyak bintang Ligue 1. Mulai dari Memphis Depay, Romain Faivre, Neymar, hingga Kylian Mbappé sekalipun.

Tercatat, sepanjang musim ini di Ligue 1, Doku mampu melakukan 271 duel satu lawan satu, dan hanya Mbappé seorang yang bisa menandinginya. Doku juga termasuk sebagai salah satu pemain yang paling sering dilanggar sepanjang Ligue 1 musim ini. Jumlah 41 umpan kuncinya juga hanya bisa dikalahkan Benjamin Bourigeaud di Ligue 1 musim ini.

Disebut Mirip dengan Sadio Mané

Berkat kemampuan menggiring bola yang sangat baik, Jérémy Doku juga pernah disandingkan dengan punggawa Liverpool Sadio Mané. Pernyataan itu dilontarkan langsung oleh orangtua Doku sendiri. Orangtua Doku juga tak segan memberitahu Jürgen Klopp bahwa putranya kelak bisa menggantikan Mané.

Pada tahun 2018 lalu, Doku diketahui pernah berkunjung ke markas Liverpool Anfield, sembari mengunjungi pusat latihan mereka di Melwood. Di sanalah, Doku dan orangtuanya bertemu Klopp, serta pelatih Liverpool U-19 kala itu, Steven Gerrard. Klopp menuturkan bahwa kala itu, orangtua Doku menyebut putranya bakal menggantikan Mané kelak.

Banyak Berguna Untuk Euro 2020

Jika di Rennes, Doku diplot sebagai winger kanan, maka di Belgia, ia mendapat peran sebagai winger kiri. Memang berkebalikan, tetapi peran ini justru membuat permainan Belgia lebih mengerikan. Pasalnya, Doku menjadi lebih sering menebar ancaman ke pertahanan lawan, terutama ke sektor tengah pertahanan lawan.

Peran yang diemban Doku di Belgia agak mirip dengan peran Eden Hazard di tim yang sama, tetapi keduanya justru punya tipikal berbeda. Hazard adalah pemain yang lebih mengandalkan kecepatan dan manuver halus. Sementara Doku adalah pemain yang lebih mengandalkan fisik.

Seperti yang telah disebutkan, Doku lebih mirip dengan Mané ataupun Wilfried Zaha, tipikal pemain yang kadang menjadi pemberi assist, tapi terkadang juga menjadi pencetak gol. Belgia sendiri saat ini memiliki skuad yang sudah mulai menua, dan Doku bisa menjadi pengganti bagi para pemain Belgia, dimulai pada turnamen Euro 2020 nanti.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here