Profil Barbra Banda, Pencetak Rekor Olimpiade dari Timnas Wanita Zambia

0
200

Debatbola.com – Ajang Olimpiade Tokyo tahun ini menghadirkan beberapa kejutan, terutama di cabang olahraga sepakbola, baik sepakbola pria maupun wanita. Salah satu kejutan yang muncul adalah kejutan dari punggawa timnas Wanita Zambia, Barbra Banda. Banda yang membela Zambia tercatat baru menoreh tiga rekor sekaligus di Olimpiade tahun ini.

Bukan cuma itu, dalam gelaran Olimpiade tahun ini, Banda juga menunjukkan kapasitasnya sebagai seorang penyerang yang tajam. Melihat penampilannya, tentu banyak orang yang penasaran mengenai siapa sebenarnya perempuan berusia 21 tahun tersebut. Untuk mengenal lebih dekat sosoknya, berikut adalah profil Barbra Banda.

Pemain yang Tak Populer

Bicara soal sepakbola wanita, mungkin banyak orang yang sudah pernah mendengar nama-nama macam Megan Rapinoe, Samm Kerr, Alex Morgan, atau Vivianne Miedema. Tapi apakah ada yang mengenal nama Barbra Banda sebelum Olimpiade Tokyo? Jawabannya hampir dapat dipastikan tidak ada yang mengenal namanya.

Nama Barbra Banda baru naik daun menyusul performa impresifnya di ajang Olimpiade Tokyo cabang olahraga sepakbola wanita. Barbra Banda sendiri merupakan seorang pemain yang memang dari awal karirnya bermain sebagai seorang striker. Ia memulai karir di klub Spanyol EDF Logroño, tempat di mana ia sukses mencetak 16 gol dari 28 penampilan.

Dua tahun memperkuat tim senior Logroño, tepatnya dari tahun 2018 sampai 2020, Banda membuat langkah besar dalam karirnya dengan pindah ke China di tahun 2020. Banda memilih meninggalkan Eropa untuk memperkuat Shanghai Shengli. Di sana, ia tercatat baru mengemas satu gol dari sepuluh penampilan yang sudah ia lakoni.

Karir Internasional

Sebagai pemain yang terbilang masih muda, Barbra Banda tak punya banyak pengalaman tampil di ajang internasional. Tercatat, Banda baru tampil lima kali memperkuat timnas wanita Zambia senior. Akan tetapi, dalam lima pertandingan yang ia mainkan, Banda mencatatkan statistik mentereng dengan raihan sembilan gol.

Perjalanan karir sepakbola internasional Barbra Banda sendiri dimulai pada tahun 2014, ketika ia mewakili Zambia di ajang Piala Dunia Wanita U-17. Empat tahun berselang, Banda mendapat kesempatan promosi ke timnas senior. Lalu, pemain berusia 21 tahun itu ikut serta ke dalam skuad Zambia untuk Olimpiade Tokyo 2020 dan berhasil tampil cemerlang.

Rekor di Olimpiade Tokyo

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Barbra Banda berhasil mencetak tidak hanya satu rekor di Olimpiade Tokyo, melainkan tiga rekor sekaligus. Banda menjadi pencetak gol pertama Zambia di ajang Olimpiade. Ia juga menjadi pemain wanita Afrika pertama yang mencetak hattrick, sekaligus menjadi pemain wanita pertama yang cetak hattrick beruntun.

Memang, Banda mengawali perjalanannya bersamaan dengan debut Zambia di Olimpiade lewat kekalahan besar, 10-3 atas Belanda. Akan tetapi, di laga itulah ia mencetak dua rekor sekaligus. Lalu, pada pertandingan berikutnya, atau tepatnya kala Zambia bersua China, Banda kembali mencetak hattrick dan mengukir rekor ke-3 miliknya di Olimpiade kali ini.

Kecemerlangan Barbra Banda rupanya tak berhenti sampai di sana. Dengan catatan enam gol, Banda kini menjadi top skorer sementara turnamen. Namanya bersanding sejajar dengan penyerang Arsenal sekaligus timnas wanita Belanda, Vivianne Miedema. Lalu di tempat ke-2, ada nama penyerang China Wang Shuang dengan koleksi empat gol dari dua laga.

Bagaimana Nasib Zambia?

Berbanding terbalik dengan nasib Banda, Zambia justru kini tengah terpuruk dengan catatan hanya satu poin dari dua laga yang sudah mereka mainkan di Grup F. Dengan catatan demikian, armada Bruce Mwape bercokol di dasar klasemen. Kini mereka harus berusaha menggeser China jika masih ingin punya kesempatan lolos dari fase grup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here