Prestasi Jepang Kandas Wakil Asia Ludes Di Piala Dunia Qatar

0
50
DOHA, QATAR - NOVEMBER 23: Takuma Asano of Japan scores their team's second goal past Manuel Neuer of Germany during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group E match between Germany and Japan at Khalifa International Stadium on November 23, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)

Debatbola.com – Pertandingan pada hari Senin 05 Desember 2022 antara Kroasia dan Jepang telah dihelat di Stadion Al Janoub pukul 22.00 WIB. Pertandingan babak 16 besar kontra timnas Kroasia, Jepang harus mengakui kekalahan dari Kroasia melalui eksekusi tendangan pinalti dengan skor 3 : 1. Pada pertandingan itu berlangsung dengan sengit di antara dua tim dengan menunjukan performa yang terbaik dari setiap pemain. Pada laga ini, Jepang memainkan formasi 3-4-3 dengan menggunakan tiga penyerang andalan yaitu Ritsu Doan, Daizen Maeda dan Daichi Kamada, kemudian disusul oleh empat gelandang serang Takehiro Tomiyasu, Maya Yoshida, Shogo Taniguchi dan Junya Ito, lalu pelatih Jepang memasang empat bek yang dipilih adalah Wataru Endo, Hidemasa Morita dan Yuto Nagatomo, penjaga gawang Jepang dijaga oleh Shuichi Gonda. Pemain Jepang sebenarnya bisa bersaing dalam melakukan duel dalam laga kontra runner up piala dunia rusia tersebut. Jepang terlebih dahulu bisa unggul satu gol namun sayang mereka harus kebobolan pada babak kedua setelah Kroasia meningkatkan tekanan serangan pada babak kedua. Penampilan Daizen Maeda dan rekan setimnya memang perlu di apresiasi karena selama pertandingan mereka sangat merepotkan pertahanan Krosia.

Pada laga pertandingan kontra Kroasia secara statistik, dimana Jepang bisa melakukan penguasaan bola sebanyak 42%, sedangkan Kroasia mampu melakukan penguasaan bola sebanyak 58% selama pertandingan. Jepang mendapatkan percobaan tembakan sebanyak delapan kali tembakan dengan empat kali tembakan mengarah ke gawang Kroasia dan empat kali belum bisa mengarah ke gawang tim Runner Up Rusia ini. Sedangkan Kroasia mendapatkan percobaan sebanyak 10 kali dengan empat kali tembakan mengarah ke gawang Jepang dan enam kali tembakan belum mengarah ke gawang. Lain halnya dengan crossing yang di lepaskan pada laga ini. Jepang berhasil melakukan crossing sebanyak 26 kali sedangkan Kroasia mampu melepaskan 35 crossing selama pertandingan. Kemudian Jepang melakukan setidaknya tujuh kali serangan balik sedangkan Kroasia tidak melakukan Counter Attacks dalam laga ini. Gol yang tercipta pada laga tersebut dibuka dari Daizen Maeda dengan umpan dari Maya Yoshida mengubah skor menjadi 1 : 0 untuk Jepang pada menit 43’, kemudian gol balasan oleh Ivan Perisic pada menit 55’ pada babak kedua, pada laga ini dilanjutkan ke babak tambahan waktu tetapi belum tercipta gol sampai peluit akhir permainan berbunyi sehingga harus dilanjutkan ke babak adu pinalti, pertandingan selesai dengan babak penalti menjadi momen bagi jepang agar bisa masuk ke babak perempat final tetapi nasib baik tidak memihak mereka sehingga harus takluk dengan skor 3 : 1 serta memastikan kemenangan Runner Up Rusia. Pada laga tersebut jepang harus menambah koleksi gelar setelah selama tujuh kali ikut dalam piala dunia, negara Matahari terbit tersebut hanya bisa tiga kali masuk ke 16 besar dan empat kali gugur di fase grup. Penampilan mereka memang cukup bagus apalagi pada pertandingan babak penyisihan, Jepang bisa mengalahkan dua negara mantan juara dunia yaitu Spanyol dengan 2 : 1 di laga terakhir. Pada laga perdana mereka juga membungkam Jerman dengan skor 2 : 1 sehingga total poin yang didapatkan adalah 6 poin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here