Presiden FIFA: Tak Perlu Panik Terhadap Virus Corona

Debatbola.com – Virus Corona menjadi bencana yang sudah merenggut ribuan nyawa di seluruh dunia. Berawal dari Tiongkok, kini virus yang berasal dari virus COVID-19 ini sudah menyebar ke negara-negara lain.

Sepakbola pun terdampak atas merebaknya virus berbahaya ini. Sejumlah liga di berbagai negara, baik Asia maupun Eropa, menunda pertandingan, menggelar pertandingan tanpa penonton, bahkan menunda liga. 

Liga top Eropa seperti Serie A juga sudah menunda sejumlah laga, termasuk laga big match antara Juventus vs Inter, karena merebaknya virus corona di Italia. Negara-negara sekitar Italia pun mulai waspada, karenanya Piala Eropa yang akan digelar pada Mei mendatang pun kemungkinan besar akan terganggu.

Presiden FIFA, Gianni Infantino, meminta semua pihak untuk tidak terlalu panik menghadapi virus corona ini. Ia pun mempersilakan setiap masing-masing negara dan federasi untuk mengambil tindakan untuk meminimalisasi meningkatnya jumlah korban jiwa.

“Beberapa dari federasi harus mengambil keputusan penting karena masalah ini. Setiap penyelenggara kompetisi harus mempelajari hal ini tentunya dan mengambil keputusan. Sangat penting untuk mempertimbangkan semua informasi dari pihak berwenang, tapi penting juga untuk tidak panik.”

Infantino sendiri yakin bahwa sepakbola bisa menjadi bagian dari ‘perlawanan’ manusia terhadap virus corona ini. Infantino juga meminta semuanya tetap bersama-sama untuk memerangi dan mencegah virus ini semakin menyebar.

“Untuk pihak-pihak yang sudah mengambil keputusan, seperti yang sudah terjadi di Swiss, keputusan yang diambil, akan membuat semuanya terus melangkah maju. Seseorang berkata padaku bahwa sepakbola bisa menjadi penyembuh dari virus corona. Aku tidak ingin mengatakan hal sejauh itu, tapi terkadang sepakbola adalah penyembuh dari penyakit lain seperti diskriminasi dan rasisme, dan hal seperti ini yang harus membuat kita terus berjuang bersama.” 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here