Prediksi West Ham United vs Leeds United: Tak Dominan, Tetap Banyak Peluang

0
888
Prediksi West Ham vs Leeds United 9 Maret 2021

Debatbola.comWest Ham United akan menjamu Leeds United pada pekan ke-27 Premier League 2020/21, Selasa (9/3/21), di London Stadium. Tim tuan rumah diprediksi bisa kembali mendapatkan tiga poin, tentu dengan memanfaatkan kelemahan dari intensi dominasi The Peacocks.

  • Naik ke Empat Besar

West Ham United masih bertahan di posisi enam besar klasemen Premier League. Melihat tren performa, mereka terbilang sangat baik, karena cuma empat kali kalah dalam 18 laga terakhir (W10, D4, L4).

Satu dari empat kekalahan itu didapatkan pada pekan sebelumnya, tepatnya kala bertemu Manchester City (1-2). The Hammers sebenarnya hanya tidak beruntung saja karena punya jumlah expected goals yang lebih besar ketimbang City. Hasil itu pun wajar karena sang lawan adalah penampil terbaik sekaligus pemuncak klasemen sementara.

Sepanjang musim ini, West Ham sendiri sudah meraih 13 kemenangan. Ini tidak bisa mereka catatkan sejak lama; dan semakin menjadi sinyal positif bahwa tim asuhan David Moyes memiliki potensi untuk finish di zona Eropa.

Jika ditelisik lebih lanjut, peningkatan performa West Ham adalah buah dari dimainkannya 5-4-1 dan 4-4-1-1. Skema ini dimainkan usai 4-2-3-1 tidak membawa hasil positif sepanjang awal musim. Dengan posisi bek dan gelandang sejajar, mereka lebih solid ketika bertahan, khususnya dalam menutup tusukan lawan di area half-space dan sayap.

Kerapihan pertahanan The Hammers membuat lawan sulit mencari ruang tembak, entah dari tengah ataupun sisi pinggir. Jika Vladimir Coufal dkk. bisa tampil rapat, bukan tak mungkin mereka bisa mengatasi serangan Cityzens dengan mudah di laga nanti.

Di area tengah, Declan Rice dan Tomas Soucek yang tampil sebagai double pivot semakin padu dalam menghentikan datangnya lawan. Kemampuan fisik dan duel udara keduanya bahkan menyimpan ancaman besar; khususnya Soucek, yang belakangan ini menjadi penyumbang gol terbanyak pula.

Saat menyerang, West Ham tampil sangat direct, yakni dengan umpan jauh. Kemudian, pemain depan atau sayap The Hammers akan mencoba melakukan solo-run sedekat mungkin ke kotak penalti untuk melepas shot atau cut-back. Ini akan membuat mereka unggul jika efektivitasnya optimal.

Prediksi West Ham vs Leeds United 9 Maret 2021
Sumber : https://imgresizer.eurosport.com/unsafe/1200×0/
  • Dominasi yang Belum Tentu ‘Berhasil’

Leeds United menelan 11 kekalahan dari 18 partai terakhir. Hasil tersebut jadi rangkaian buruk yang lumayan menyakitkan, mengingat The Peacocks sebenarnya hampir selalu mendominasi jalannya laga. 

Mereka boleh saja sering unggul ball possession. Namun, banyaknya kekalahan terjadi karena sulit menembus rapatnya barisan pertahanan lawan. Ketika banyak pemainnya berada di area lawan, pertahanan Leeds menunjukkan lubang besar yang kemudian dieksploitasi habis oleh lawan-lawannya.

Ilustrasi di atas memperlihatkan bahwa tim yang bisa mendominasi penguasaan bola seperti Leeds tak selalu berakhir sebagai pemenang. Bielsa, yang dikenal sangat kaku perihal filosofi permainannya, harus berani lebih pragmatis jika tak ingin seperti ini terus.

Sayangnya, judi bola online menganggap pelatih legendaris asal Argentina itu terlalu naif karena tetap mempertahankan gaya bermainnya. Ini hanya akan membuat lawan-lawannya dimudahkan. Tim lawan tinggal memilih turun bertahan dan menyerang balik, dan hal ini sangat bisa dilakukan oleh West Ham United.

  • High Risk, High Reward

Terlepas dari hasil buruknya, taktik Bielsa merepresentasikan ‘high risk, high reward’. Ketika possession-nya berjalan sangat efektif, The Whites dengan mudah menang telak. Ini terlihat di empat dari tujuh kemenangan terakhir, dimana mereka tiga kali mencetak 3+ gol. Salah satunya terjadi dua pekan lalu kala bertemu Southampton (3-0).

Sebelumnya lagi, kemenangan atas Crystal Palace lima pekan lalu jadi contoh sempurnanya. Mereka mencatatkan 69% ball possession dan 17 shots. Retensi bola, akurasi umpan, serta tingginya efektivitas pressing membuat The Peacocks tak tersentuh dan keluar sebagai pemenang (2-0).

Dua hasil positif atas sebenarnya memperlihatkan bahwa potensi Leeds, dengan idealisme permainan Bielsa, sangatlah tinggi. Sayangnya, mereka tak cukup konsisten karena masih diisi sekumpulan pemain dengan kualitas biasa saja.

Prediksi West Ham vs Leeds United 9 Maret 2021
Sumber : https://www.derbyshiretimes.co.uk/webimg/QVNIMTE5NTIwMjk0.jpg
  • Situasi yang Terulang Kembali

West Ham United tampaknya berpeluang besar mengulangi kemenangannya seperti pada laga perdana. Meski kala itu The Hammers tampil tidak dominan, mereka mendapatkan sangat banyak peluang serangan balik (19 shots), dan akhirnya menekuk Leeds United (2-1). Tanpa ada banyak perubahan, situasi serupa diprediksi bakal terulang.

Baca Juga : Prediksi Nice vs Monaco 9 Maret 2021

Perkiraan Susunan Pemain West Ham vs Leeds United :

(West Ham) : D. Randolph; A. Cresswell, C. Dawson, V. Coufal, I. Diop, B. Johnson, M. Antonio, J. Lingard, T. Souček, D. Rice, Pablo Fornals.

Manager : D. Moyes.

(Leeds United) : I. Meslier; L. Cooper, L. Ayling, S. Dallas, Llorente, P. Struijk, M. Klich, Hélder Costa, P. Bamford, T. Roberts, Raphinha.

Manager : M. Bielsa.

Berikut Statistik Kedua Tim Di Bawah Ini :
  • H2H West Ham vs Leeds United
12/12/20PRLLeeds United1-2West Ham
17/03/12CHALeeds United1-1West Ham
21/08/11CHAWest Ham2-2Leeds United
26/02/05CHALeeds United2-1West Ham
10/12/04CHAWest Ham1-1Leeds United
  • 5 Laga Terakhir West Ham
27/02/21PRLManchester City2-1West Ham
21/02/21PRLWest Ham2-1Tottenham Hotspur
16/02/21PRLWest Ham3-0Sheffield United
10/02/21FACManchester UnitedE 1-0West Ham
07/02/21PRLFulham0-0West Ham

5 Laga Terakhir Leeds United

28/02/21PRLLeeds United0-1Aston Villa
24/02/21PRLLeeds United3-0Southampton
20/02/21PRLWolverhampton Wanderers1-0Leeds United
14/02/21PRLArsenal4-2Leeds United
09/02/21PRLLeeds United2-0Crystal Palace

Salam, Debatbola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here