Prediksi Shakhtar Donetsk vs Basel 12 Agustus 2020

Debatbola.comShakhtar Donetsk bakal berhadapan dengan Basel dalam babak perempatfinal Liga Europa 2019/20, Rabu (12/8/20), di Veltins Arena. Laga yang kemungkinan besar berjalan ketat ini bakal ditentukan oleh agresivitas di menit awal dan akhir.

  • Ketat di Leg Pertama

Shakhtar Donetsk berhasil menyingkirkan Wolfsburg di babak perdelapanfinal dengan skor agregat 5-1. Dalam leg kedua, Shakhtar yang bermain sebagai tuan rumah mencetak semua golnya pada empat menit terakhir; lewat Junior Moraes (89’, 90+3’) dan Manor Solomon (90+1’).

Kemenangan tiga gol itu cukup dramatis karena sepanjang laga Shakhtar dan Wolfsburg tak berhenti beradu serangan. Shakhtar bahkan sempat bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-67 setelah Davit Khocholava menerima kartu merah. Beruntung, bek Wolfsburg yakni John Brooks juga diusir wasit tiga menit berselang usai melakukan pelanggaran keras.

Serangkaian drama di atas sebenarnya masih memperlihatkan Shakhtar sebagai tim yang lebih baik. Tim asuhan Luis Castro mencatatkan 55% ball possession dengan 85% umpan sukses. Satu-satunya wakil asal Ukraina ini juga melepas tembakan dua kali lebih banyak (18) ketimbang Wolfsburg (9).

Hasil yang cukup meyakinkan itu membuat Shakhtar kembali menjadi satu-satunya tumpuan Ukraina di kancah Eropa. Ini adalah perempatfinal pertama Shakhtar sejak terakhir kali mencapainya pada musim 2015/16. Saat itu, mereka berhasil menyingkirkan Sporting Braga sebelum dihentikan Sevilla di semifinal.

  • Punya Pengalaman

Shakhtar Donetsk tengah diselimuti determinasi tinggi usai kembali menjadi juara Liga Primer Ukraina. Mereka berhak atas trofi liga domestik dengan keunggulan 23 poin atas peringkat kedua, Dynamo Kyiv. Selain itu, di sepuluh laga kompetitif terakhir, Junior Moraes dkk. sama sekali tidak terkalahkan.

Selain motivasi tinggi, mereka juga bakal tampil bermodalkan jam terbang tinggi di kancah Eropa. Mereka sebenarnya konsisten lolos ke fase knock-out Liga Champions dalam beberapa tahun terakhir. Sayangnya, musim ini, mereka kalah dari Atalanta di fase grup sehingga harus tergusur ke babak knock-out Liga Europa.

Shakhtar juga unggul head-to-head atas Basel. Dalam tiga pertemuan terakhir, Shakhtar tidak pernah menelan kekalahan (dua kali menang, satu imbang). Pertemuan terakhir melawan Basel sendiri berakhir manis mengingat mereka menang dengan skor 5-0; tepatnya di ajang Liga Champions 2008/09.

Salah satu pemain Shakhtar yang bakal menjadi figur kunci di laga nanti adalah Junior Moraes. Sepanjang berlaga di Liga Europa, striker asal Brasil itu begitu subur dengan sumbangsih 11 gol dan dua assists dalam 16 penampilannya.

  • Ganas di Menit Akhir

Basel berhasil membukukan kemenangan sempurna atas Eintracht Frankfurt di babak perdelapanfinal dengan agregat 4-0. Dalam leg kedua, Basel yang tampil di kandang sendiri baru bisa membuka keunggulan pada menit ke-88 lewat Fabian Frei (1-0). Hasil positif tersebut sudah lebih dari cukup untuk meloloskan Basel ke delapan besar.

Laga ini bakal menjadi perempatfinal pertama Basel sejak terakhir kali mencapainya pada musim 2013/14. Hanya saja, saat itu langkah Basel terhenti karena disingkirkan oleh tim asal Spanyol, Valencia. Adapun pencapaian terbaik Basel di Liga Europa terjadi pada semusim sebelumnya (2012/13), dimana mereka menembus partai semifinal. 

Dalam laga nanti berdasarkan catatan judi bola online, Basel bakal mengandalkan produktivitasnya memasuki menit akhir laga. Sebelum menang atas Frankfurt lewat gol menit akhir, Basel terlebih dahulu mengalahkan Zurich (4-0) di ajang Superliga Swiss berkat gol Ricky van Wolfswinkel (90+2) dan Fabian Frei (90+4).

Sebelumnya lagi, Basel juga menahan imbang Lugano 2-2 berkat gol penyama kedudukan yang dilesakkan pada menit ke-90+3. Artinya, menit akhir bakal sangat krusial dalam menentukan hasil akhir laga ini. Basel sepertinya lebih cocok untuk bertahan dengan rapat di awal dan mencoba mencari celah di lini belakang Shakhtar memasuki akhir laga..

Prediksi Shakhtar Donetsk vs Basel 12 Agustus 2020

  • Tergantung Situasi

Laga ini diprediksi bakal berjalan sangat ketat. Shakhtar Dontesk kemungkinan besar keluar sebagai pemenang jika start agresif mereka berbuah keunggulan sejak awal. Namun, jika kedudukan imbang bertahan jelang akhir laga, Basel sepertinya lebih bisa memanfaatkan situasi dan akan lolos ke babak semifinal. Oleh karenanya, situasi di awal dan akhir laga bakal sangat menentukan.

Baca Juga : Prediksi Wolves vs Sevilla 12 Agustus 2020

Perkiraan Susunan Pemain Shakhtar Donetsk vs Basel :

(Shakhtar Donetsk) : A. Pyatov; S. Kryvtsov, D. Khocholava, M. Matvienko, Dodô, Marlos, T. Stepanenko, Taison, Alan Patrick, Marcos Antonio, Júnior Moraes.

Manager : Luís Castro.

(Basel) : Đ. Nikolić; S. Widmer, O. Alderete, R. Petretta, E. Cömert, V. Stocker, F. Frei, T. Xhaka, S. Campo, Arthur Cabral, A. Pululu.

Manager : M. Koller.

Berikut Statistik Kedua Tim Di Bawah Ini :
  • H2H Shakhtar Donetsk vs Basel
10/07/15 CLF Basel 1-3 Shakhtar Donetsk
27/11/08 UCL Shakhtar Donetsk 5-0 Basel
17/09/08 UCL Basel 1-2 Shakhtar Donetsk
  • 5 Laga Terakhir Shakhtar Donetsk
05/08/20 UEL Shakhtar Donetsk 3-0 Wolfsburg
29/07/20 CLF Shakhtar Donetsk 2-0 Veres Rivne
26/07/20 CLF Shakhtar Donetsk 4-1 Polessya
19/07/20 PRL Oleksandria 2-2 Shakhtar Donetsk
15/07/20 PRL Shakhtar Donetsk 2-0 Kolos Kovalivka
  • 5 Laga Terakhir Basel
07/08/20 UEL Basel 1-0 Eintracht Frankfurt
04/08/20 SUL Basel 0-0 Luzern
01/08/20 SUL Thun 0-0 Basel
26/07/20 SUL Basel 4-4 Lugano
23/07/20 SUL St. Gallen 0-5 Basel

Salam, Debatbola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here