Prediksi Sevilla vs Borussia Dortmund: Bisakah Tren Impresif LaLiga Menular ke UCL?

0
217
Prediksi Sevilla vs Borussia Dortmund 18 Februari 2021

Debatbola.comSevilla akan menjamu Borussia Dortmund dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2020/21, Kamis (18/2/21), di Ramon Sanchez Pizjuan. Tim tuan rumah lebih difavoritkan untuk keluar sebagai pemenang; tentunya berkat konsistensinya meraih segenap hasil positif sejak permulaan tahun ini.

  • Masih Pertahankan Tren Positif

Sevilla lolos ke babak 16 besar ini berkat keberhasilan menempati posisi kedua grup E (W4, D1, L1). Mereka hanya terpaut satu poin dari Chelsea, yang menjadi juara grup usai tidak terkalahkan sama sekali.

Sevilla sendiri masih berada dalam momentum yang sangat bagus. Dalam 15 laga terakhir, mereka berhasil meraih 12 kemenangan, sekali imbang, dan dua kali kalah. Kemenangan terakhirnya di liga diraih beberapa hari lalu, yakni ketika bertemu Huesca (1-0).

Rentetan hasil positif di atas masih membuat Sevilla berada di peringkat keempat klasemen sementara LaLiga dengan 45 poin. Mereka masih berpeluang naik ke tiga besar; sembari berharap Barcelona dan Real Madrid kembali terpeleset pada partai berikutnya.

Menilik beberapa kemenangan terakhir, Sevilla perlu start dengan baik. Ketika berada dalam posisi unggul, Ivan Rakitic dkk. cenderung semakin kuat dan percaya diri untuk menguasai jalannya laga. 

Keunggulan sejak menit awal juga krusial demi mengantisipasi kendurnya pertahanan jelang akhir laga. Kendurnya barisan pertahanan ini bukan hanya berupa penurunan level fokus saja, tetapi juga ketidakdisiplinan. Beberapa kekalahan Sevilla musim ini terjadi setelah salah satu pemainnya menerima kartu merah di babak kedua.

Prediksi Sevilla vs Borussia Dortmund 18 Februari 2021
Sumber : https://img.okezone.com/content/2021/01/28/46/2352060/
  • Optimalkan Akurasi Tembakan

Satu hal yang perlu diperhatikan Sevilla adalah menjaga kualitas finishing. Saat menekuk Huesca kemarin, Youssef En-Nesyri dkk. cuma membuat empat shots on goal dari total 14 tembakan. Dengan statistik itu, wajar jika mereka hanya mencetak satu gol.

Rendahnya presentase efektivitas Sevilla kerap terlihat sejak awal musim. Mereka sempat cuma membukukan rasio tembakan 16% dalam satu laga (vs Real Madrid (0-2); 2 shots on goal/12 tembakan); bahkan hanya 15% saat menekuk Valencia (1-0) tiga bulan yang lalu (3 shots on goal/19 shots). 

Jika buruknya akurasi tembakan itu terulang, mereka tak akan berada dalam posisi yang bagus untuk menang, terutama jika bertemu tim kuat. Hal ini pernah menyebabkan mereka takluk; tepatnya saat bertemu Atletico Madrid (0-2). Kala itu, mereka cuma membuat dua shots on goal dari 13 percobaan.

Melihat ketajaman dan efektivitas serangan balik Dortmund, akurasi tembakan Sevilla harus bisa lebih baik. Pasalnya, jika hanya dominan tetapi tidak efektif, tugas tim asuhan Julen Lopetegui bakal jauh lebih sulit di leg kedua nanti.

  • Semakin Mengkhawatirkan

Borussia Dortmund melaju ke babak 16 besar Liga Champions berkat keberhasilan menjadi juara grup F. Saat itu, Der Borussen yang masih diarsiteki Lucien Favre berhasil mengemas 13 poin (W4, D1, L1); dan unggul tiga poin atas Lazio di posisi runner-up.

Sayangnya, saat ini, performa Borussia Dortmund di bawah asuhan Edin Terzic masih amat mengkhawatirkan. Dortmund cuma empat kali menang dari 10 laga Bundesliga terakhir (W4, D2, L4). Dalam lima laga terakhir, mereka bahkan tiga kali kalah; yakni kala bertemu Bayer Leverkusen (1-2), Borussia Monchengladbach (2-4), dan Freiburg (1-2).

Dalam laga melawan Gladbach dan Freiburg, Dortmund sebenarnya menciptakan jauh lebih banyak peluang. Namun, kemenangan mereka harus terhalang oleh buruknya efektivitas; serta kegagalan dalam mengantisipasi crossing lambung lawan di kotak penalti sendiri.

Adapun hasil minor sisanya terjadi pada pekan lalu; kala menjamu Hoffenheim (2-2). Meski bisa unggul terlebih dulu lewat Jadon Sancho, performa bertahan Der Borussen lagi-lagi tampil buruk dan sempat kebobolan dua gol. Beruntung, Erling Haaland tampil sebagai penyelamat dengan golnya di 10 menit terakhir.

Serangkaian hasil buruk di atas membuat Dortmund masih di posisi keenam klasemen sementara Bundesliga (33 poin). Langkah mereka untuk mengejar finish di zona Eropa pun bakal semakin berat; mengingat semua tim-tim di atasnya telah menemukan performa terbaiknya.

Kunci kemenangan Borussia Dortmund musim ini adalah mencetak clean sheet. Jika bisa mewujudkan hal tersebut, mereka berpeluang besar menang; dan ini tampak dari hasil positif mereka sejak awal musim ini. Sebaliknya, jika kebobolan satu gol saja, mereka kemungkinan paling bagus hanya bermain imbang.

Prediksi Sevilla vs Borussia Dortmund 18 Februari 2021
Sumber : https://staticg.sportskeeda.com/editor/2021/01/ea80b-16111296413089-800.jpg
  • Tren Positif Sevilla Berlanjut

Sevilla diprediksi bisa melanjutkan tren positifnya dengan kemenangan di laga ini. Tim tuan rumah belakangan ini tampak kian solid di segala lini; berkat duet Diogo Carlos dan Jules Kounde di posisi center-back, ketenangan Ivan Rakitic di tengah, serta adanya tambahan kreativitas dari Papu Gomez untuk Yousef En-Nesyri.

Solidnya Sevilla diyakini bakal meredam permainan Borussia Dortmund; yang hingga kini belum juga konsisten. Dortmund mungkin bisa mencetak gol lewat kombinasi Jadon Sancho dan Erling Haaland, namun mereka dirasa tetap tak akan mendapatkan apa pun jika kembali kebobolan.

Baca Juga : Prediksi Everton vs Manchester City 18 Februari 2021

Perkiraan Susunan Pemain Sevilla vs Borussia Dortmund :

(Sevilla) : Y. Bounou; Sergi Gómez, K. Rekik, Diego Carlos, I. Rakitić, Papu Gómez, N. Gudelj, Aleix Vidal, Óliver Torres, L. de Jong, Munir.

Manager : Lopetegui.

(Borussia Dortmund) : M. Hitz; M. Hummels, Raphaël Guerreiro, M. Akanji, T. Delaney, E. Can, J. Brandt, J. Sancho, G. Reyna, J. Bellingham, E. Haaland.

Manager : E. Terzić.

Berikut Statistik Kedua Tim Di Bawah Ini :
  • H2H Sevilla vs uefa
16/12/10UELSevilla2-2Borussia Dortmund
01/10/10UELBorussia Dortmund0-1Sevilla
  • 5 Laga Terakhir Sevilla
13/02/21LALSevilla1-0Huesca
11/02/21CDRSevilla2-0Barcelona
07/02/21LALSevilla3-0Getafe
03/02/21CDRAlmería0-1Sevilla
30/01/21LALEibar0-2Sevilla
  • 5 Laga Terakhir Borussia Dortmund
13/02/21BUNBorussia Dortmund2-2Hoffenheim
06/02/21BUNFreiburg2-1Borussia Dortmund
03/02/21DFPBorussia DortmundE 3-2Paderborn
30/01/21BUNBorussia Dortmund3-1Augsburg
23/01/21BUNBorussia M’gladbach4-2Borussia Dortmund

Salam, Debatbola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here