Prediksi RB Leipzig vs Monchengladbach: Konsistensi Performa Bertahan Jadi Pembeda

0
671
Prediksi RB Leipzig vs Monchengladbach 28 Februari 2021

Debatbola.com – RB Leipzig akan menjamu Borussia Monchengladbach pada pekan ke-23 Bundesliga Jerman 2020/21, Minggu (28/2/21), di Red Bull Arena. Tim tuan rumah lebih layak difavoritkan untuk keluar sebagai pemenang, terlebih jika melihat keunggulan konsistensi performa bertahan mereka ketimbang Gladbach.

  • Harus Dapatkan Momentum Sejak Awal

RB Leipzig mulai kembali menemukan performa terbaiknya. Dalam enam laga terakhir di ajang Bundesliga, mereka hanya sekali kalah (W5, L1). Pada pekan lalu, mereka berhasil mengalahkan Hertha Berlin dengan skor 3-0.

Berbicara ajang liga domestik, Lepizig sendiri masih menempati peringkat kedua (44 poin). Jarak poin mereka dengan Bayern Munchen di posisi teratas pun terpangkas menjadi dua poin saja; karena sang rival menelan kekalahan pada pekan lalu.

Untuk bisa kembali meraih kemenangan, Leipzig harus bisa mendapatkan momentumnya sejak awal. Pasalnya, mayoritas dari 14 kemenangan terakhir Leipzig diawali keunggulan terlebih dulu di babak pertama, seperti saat melawan Hertha kemarin.

Namun, jika tak bisa mencetak gol pembuka, atau jika gagal unggul sejak turun minum, mereka sepertinya bakal sulit menang. Kekalahan terakhir dari Mainz (Bundesliga) dan Liverpool (leg pertama 16 besar Liga Champions) dimulai dengan kegagalan unggul di 45 menit pertama.

Prediksi RB Leipzig vs Monchengladbach 28 Februari 2021
Sumber : https://liputanbola.id/wp-content/uploads/2021/01/EpC7SU2XEAEPdYq.jpg
  • Menurunnya Produktivitas Striker

Kepergian Timo Werner ke Chelsea sebenarnya membuka sisi positif bagi RB Leipzig. Die Roten Bullen punya potensi lewat variasi serangan yang sulit ditebak. Seluruh pemain depannya, tak terkecuali Yussuf Poulsen dan Emil Forsberg, punya peranan yang sama pentingnya.

Namun, efektivitas finishing Leipzig belakangan ini sangat buruk. Saat mengalahkan Bayer Leverkusen beberapa pekan lalu, Leipzig hanya mencetak satu gol meski menciptakan 16 tembakan (1-0). Dari 16 shots itu, hanya ada dua yang tepat sasaran (12,5%); dan hal ini bukanlah sesuatu yang meyakinkan untuk jadi pemenang di setiap laga.

Lebih dari itu, sembilan dari 13 gol terakhir Leipzig bahkan bukan diciptakan oleh strikernya, melainkan pemain belakang dan tengahnya; yakni Marcel Halstenberg, Willi Orban, Nordi Mukiele, Dani Olmo, dan Christopher Nkunku. 

Meski ada potensi ketajaman dari pemain belakang dan tengah, tumpulnya lini depan Leipzig tetap bukan hal yang menjanjikan jika masih berlanjut. Pasalnya, lawan mereka nantinya tetap membawa potensi ancaman yang tak main-main.

  • Sama Sekali Belum Meyakinkan

Meski tetap punya potensi besar situs judi menilai, Borussia Monchengladbach malah memperlihatkan penurunan dengan kegagalan meraih kemenangan di empat laga terakhirnya (D2, L2). Parahnya, pekan lalu, Gladbach takluk di tangan tim zona degradasi Bundesliga, Mainz, dengan skor 1-2. 

Dalam serangkaian hasil minornya, Monchengladbach sering menunjukkan ‘penyakit’-utamanya, yakni lengah di menit akhir. Gol yang diciptakan sejak menit-menit awal pun seringkali sirna begitu saja. 

Hal itu terjadi dalam dua kekalahan terakhir dari Koln dan Mainz. Usai tertinggal, Gladbach sebenarnya bisa mengimbangi kedudukan pada pertengahan babak pertama. Namun, akibat kelengahan yang terjadi di babak kedua, mereka kebobolan lagi dan harus pulang dengan tangan hampa.

Lebih mengecewakannya lagi, Gladbach bahkan menjadi salah satu tim yang paling banyak membuang poin usai unggul terlebih dulu. Ini menunjukkan bahwa level fokus pertahanan mereka sangat buruk dan rentan merosot. Sepertinya, jika ini terulang, tak perlu heran jika Gladbach kehilangan poin lagi.

Jika boleh menyebut satu kelemahan Gladbach lainnya, hal itu adalah konsistensi dalam mengonversi peluang. Mereka sebenarnya sering mencetak 10+ peluang di satu laga. Namun, akibat sedikitnya shot on target, mereka terkadang ditahan imbang oleh lawan. Segenap kelemahan di atas jelas sangat tidak meyakinkan jelang bertemu Leipzig.

Intinya, peluang poin Gladbach bakal sangat terbuka apabila serangkaian hasil di atas bisa diselesaikan secepat mungkin. Menarik untuk ditunggu bagaimana respons sang pelatih, Marco Rose, dalam laga nanti. Terlebih, kepercayaan diri anak asuhnya semakin turun akibat kalah di leg pertama babak 16 besar Liga Champions (Manchester City, 0-2).

Prediksi RB Leipzig vs Monchengladbach 28 Februari 2021
Sumber : https://terasjabar.id/photo/plugin/article/2020/1607829914_1-org.jpeg
  • Leipzig Jauh Lebih Layak 

Melihat tren performanya belakangan ini, RB Leipzig lebih layak untuk diunggulkan. Tim asuhan Julian Nagelsmann jauh lebih konsisten dari segi menjaga pertahanan, apalagi setelah berhasil unggul terlebih dulu. 

Baca Juga : Prediksi Deportivo Alavés vs Osasuna 28 Februari 2021

Perkiraan Susunan Pemain RB Leipzig vs Monchengladbach :

(RB Leipzig) : P. Gulácsi; M. Halstenberg, V. Orban, L. Klostermann, Angeliño, M. Sabitzer, Daniel Olmo, T. Adams, A. Haidara, Y. Poulsen, Hwang Hee-Chan.

Manager : J. Nagelsmann

(Monchengladbach) : Y. Sommer; S. Lainer, M. Ginter, N. Elvedi, R. Bensebaini, L. Stindl, C. Kramer, J. Hofmann, V. Lazaro, F. Neuhaus, A. Plea.

Manager : M. Rose

Berikut Statistik Kedua Tim Di Bawah Ini :
  • H2H RB Leipzig vs Monchengladbach
01/11/20BUNMonchengladbach1-0RB Leipzig
02/02/20BUNRB Leipzig2-2Monchengladbach
31/08/19BUNMonchengladbach1-3RB Leipzig
20/04/19BUNMonchengladbach1-2RB Leipzig
02/12/18BUNRB Leipzig2-0Monchengladbach
  • 5 Laga Terakhir RB Leipzig
21/02/21BUNHertha BSC0-3RB Leipzig
17/02/21UCLRB Leipzig0-2Liverpool
13/02/21BUNRB Leipzig2-1Augsburg
06/02/21BUNSchalke 040-3RB Leipzig
04/02/21DFPRB Leipzig4-0Bochum
  • 5 Laga Terakhir Monchengladbach
25/02/21UCLMonchengladbach0-2Manchester City
20/02/21BUNMonchengladbach1-2Mainz 05
15/02/21BUNWolfsburg0-0Monchengladbach
07/02/21BUNMonchengladbach1-2Köln
04/02/21DFPStuttgart1-2Monchengladbach

Salam, Debatbola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here