Prediksi RB Leipzig vs Liverpool: Tugas Berat Menanti The Reds

0
265
Prediksi RB Leipzig vs Liverpool 17 Februari 2021

Debatbola.comRB Leipzig akan menjamu Liverpool dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2020/21, Rabu (17/2/21), di Red Bull Arena. Tim tuan rumah sepertinya berada dalam kondisi yang lebih menjanjikan untuk unggul di laga ini; tentunya jika melihat tren momentum Leipzig dan The Reds di liga domestik masing-masing.

  • Harus Dapatkan Momentum Sejak Awal

RB Leipzig tampaknya kembali menemukan performa terbaiknya. Dalam lima laga terakhir di ajang Bundesliga, mereka hanya sekali kalah (W4, L1). Momentum positif ini tentunya amat diperlukan jika Die Roten Bullen ingin melaju jauh di Liga Champions seperti musim lalu.

Berbicara ajang liga domestik, Lepizig sendiri masih menempati peringkat kedua (44 poin). Hanya saja, jarak poin mereka dengan Bayern Munchen di posisi teratas sudah semakin jauh, yakni tujuh poin, karena sang rival selalu menang di empat laga terakhir.

Untuk bisa kembali meraih kemenangan menurut judi poker online, Leipzig harus bisa mendapatkan momentumnya sejak awal. Pasalnya, mayoritas dari 13 kemenangan terakhir Leipzig diawali keunggulan terlebih dulu di babak pertama; seperti dalam laga terakhir melawan Augsburg (2-1).

Namun, jika tak bisa mencetak gol pembuka, atau jika gagal unggul sejak turun minum, mereka sepertinya bakal kesulitan untuk menang. Kekalahan terakhir mereka dari Mainz dimulai dengan kegagalan unggul di 45 menit pertama.

Prediksi RB Leipzig vs Liverpool 17 Februari 2021
Sumber : https://a1.espncdn.com/combiner/i?img=%2Fphoto%2F2020%2F1212%2Fr789050_1296x729_16%2D9.jpg
  • Menurunnya Konversi Peluang

RB Leipzig sebenarnya belum memiliki finisher andal sepeninggal Timo Werner ke Chelsea. Namun, sisi positifnya, mereka punya potensi besar lewat variasi serangan yang sulit ditebak. Seluruh pemain depannya, tak terkecuali Yussuf Poulsen dan Emil Forsberg, punya peranan yang sama pentingnya.

Namun, efektivitas finishing Leipzig belakangan ini sangat buruk. Saat mengalahkan Bayer Leverkusen beberapa pekan lalu, Leipzig hanya mencetak satu gol meski menciptakan 16 tembakan (1-0). Dari 16 shots itu, hanya ada dua yang tepat sasaran (12,5%); dan hal ini bukanlah sesuatu yang meyakinkan untuk jadi pemenang di setiap laga.

Lebih dari itu, tujuh dari 10 gol terakhir Leipzig bahkan tidak diciptakan oleh strikernya, melainkan pemain belakang dan tengah; yakni Marcel Halstenberg, Willi Orban, Nordi Mukiele, Dani Olmo, dan Christopher Nkunku. 

Meski ada potensi ketajaman dari pemain belakang dan tengahnya, tumpulnya lini depan Leipzig tetap saja bukan hal yang menjanjikan jika berlanjut. Terlebih, laga se-krusial ini membutuhkan ketajaman lini depan, untuk bisa mengatasi perlawanan Liverpool yang sangat berbahaya.

  • Masih Dalam Tren Penurunan

Liverpool belakangan ini tampak makin menurun. Setelah memenangkan dua laga secara impresif (Tottenham Hotspur, 3-1; West Ham United, 3-1), The Reds malah takluk di tiga laga terakhirnya (Brighton, 0-1; Manchester City, 1-4; Leicester City, 1-3).

Dengan hasil di atas, The Reds masih di peringkat empat klasemen sementara Premier League dengan 40 poin; bahkan berpotensi turun lagi. Tugas berat kembali menunggu tim asuhan Jurgen Klopp; mengingat jarak mereka dengan Manchester City di puncak klasemen sudah menjadi 13 poin.

Kondisi ini tentunya bisa menghambat mereka ke jalur perebutan juara Premier League; yang masih bergulir setengah musim lagi. Dengan kondisi yang belum bisa sepenuhnya bangkit, Liverpool diprediksi bakal lebih kesulitan lagi di ajang Liga Champions ini.

The Reds masih butuh perhatian khusus di lini belakang. Sejak awal musim, Liverpool mudah ditembus ketika lawan bisa melancarkan pressing yang begitu cepat. Ketiadaan Virgil van Dijk membuat pertahanan mereka lebih mudah dieksploitasi lawan, khususnya dalam duel udara dan build-up. 

Lini belakang Liverpool bahkan tak memiliki kedalaman yang bagus. Selain Virgil van Dijk dan Joel Matip, tak ada sosok lain yang berpengalaman. Adapun Jordan Henderson dan Fabinho juga tak selalu bisa tampil bagus karena kapasitas keduanya ialah sebagai gelandang. Alhasil, kala memainkan bek muda seperti Nate Phillips dan Rhys Williams, The Reds rentan jebol.

Belum lagi, Alisson Becker selaku penjaga gawang utama The Reds belakangan ini sering melakukan blunder; yang salah satunya membuahkan kekalahan dari Leicester City pada partai sebelumnya. Ia sepertinya masih diselimuti moral buruk; dan bakal makin merugikan timnya apabila terus berlanjut. 

Finishing mereka belakangan ini juga tak kalah mengecewakan. Dalam tiga bulan terakhir, mereka sudah lima kali gagal mencetak gol. Dari 10 lebih tembakan yang bisa dilepaskan di tiap laga, terkadang hanya sedikit yang tepat sasaran.

Dalam laga nanti, tim asuhan Jurgen Klopp sepertinya tetap bisa menjaga intensitas serta penguasaan bolanya sepanjang laga. Namun, semuanya butuh konsistensi; dan itulah yang dibutuhkan demi menghindari kekalahan di leg pertama ini.

Prediksi RB Leipzig vs Liverpool 17 Februari 2021
Sumber : https://www.thisisanfield.com/wp-content/uploads/2021-01-17-237-Liverpool_Man_Utd-1.jpg
  • Manfaatkan Buruknya Kondisi The Reds

RB Leipzig sepertinya bakal memanfaatkan lemahnya kondisi Liverpool; minimal dengan tidak menelan kekalahan. Seperti yang sudah-sudah, Julian Nagelsmann selaku pelatih Leipzig dikenal sebagai juru taktik yang mumpuni dalam memanfaatkan kelemahan tim lawan, dan ini tampaknya bakal terlihat di laga nanti.

Baca Juga : Prediksi Barcelona vs PSG 17 Februari 2021

Perkiraan Susunan Pemain RB Leipzig vs Liverpool :

(RB Leipzig) : P. Gulácsi; V. Orban, Angeliño, N. Mukiele, D. Upamecano, K. Kampl, M. Sabitzer, C. Nkunku, Daniel Olmo, T. Adams, A. Sørloth.

Manager : J. Nagelsmann.

(Liverpool) : Alisson; A. Robertson, T. Alexander-Arnold, G. Wijnaldum, J. Henderson, Thiago Alcântara, Fabinho, C. Jones, Roberto Firmino, Mohamed Salah, S. Mané.

Manager : J. Klopp.

Berikut Statistik Kedua Tim Di Bawah Ini :
  • H2H RB Leipzig vs Liverpool

BELUM PERNAH BERTEMU

  • 5 Laga Terakhir RB Leipzig
13/02/21BUNRB Leipzig2-1Augsburg
06/02/21BUNSchalke 040-3RB Leipzig
04/02/21DFPRB Leipzig4-0Bochum
31/01/21BUNRB Leipzig1-0Bayer Leverkusen
23/01/21BUNSchalke 043-2RB Leipzig
  • 5 Laga Terakhir Liverpool
13/02/21PRLLeicester City3-1Liverpool
07/02/21PRLLiverpool1-4Manchester City
04/02/21PRLLiverpool0-1Brighton & Hove Albion
31/01/21PRLWest Ham United1-3Liverpool
29/01/21PRLTottenham Hotspur1-3Liverpool

Salam, Debatbola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here