Prediksi Norwegia vs Serbia : Kolektivitas Permainan Tim Tamu Menentukan

0
684
Prediksi Norwegia vs Serbia 9 Oktober 2020

Debatbola.com – Norwegia bakal menghadapi Serbia dalam babak semifinal blok C play-off Kualifikasi Euro 2020, Jumat (9/10/20), di Ulleval Stadion. Pertemuan antara kedua tim yang bertabur pemain top di kancah Eropa ini diprediksi bakal berjalan sengit dan keras.

  • Dipenuhi Pemain Muda Berkualitas

Norwegia harus puas berlaga di babak play-off usai hanya menempati urutan ketiga grup F. Meski bisa menunjukkan kapasitas bersaing, perolehan poin mereka (17) masih tertinggal dari Spanyol (26) dan Swedia (21); yang menjadi juara dan runner-up grup.

Dengan sekumpulan pemain muda berkualitas, The Lions sebenarnya dianggap layak untuk tampil di putaran final Euro. Tim asuhan Lars Lagerback memiliki Erling Haaland (Borussia Dortmund), Martin Odegaard (Real Madrid), Kristoffer Ajer (Glasgow Celtic), hingga Alexander Sorloth (RB Leipzig). 

Dari keempat nama di atas, hanya Odegaard yang belum tampil di laga kedua UEFA Nations League (vs Irlandia Utara, 5-1) bulan lalu; karena cedera yang menderanya. Akan tetapi, duet Haaland-Sorloth di lini depan membuahkan empat gol penutup, sekaligus menunjukkan ancaman yang sangat berbahaya.

Dalam laga nanti, Odegaard kemungkinan bakal tampil karena sudah pulih dari cederanya. Variasi serangan Norwegia akan sangat berbahaya dan bisa mengeksploitasi lini belakang Serbia yang kerap melakukan kesalahan individu.

  • Gagal Ladeni Tim dengan Kolektivitas

Banyaknya pemain muda berbakat belum tentu membawa Norwegia lolos. Mereka tampak masih kesulitan ketika harus menghadapi tim yang solid secara kolektivitas. Ini terlihat saat mereka kalah dari Austria (1-2) di laga perdana UEFA Nations League 2020/21.

Skuat ‘muda’ Norwegia tampak bingung ketika sang lawan bisa menguasai bola dengan baik; sebagaimana Austria mencatatkan 60% ball possession dan 15 shots. Serangan Norwegia akhirnya banyak yang tidak terpola dan kandas di tangan rapatnya sistem pertahanan lawan.

Kelemahan ini sangat mungkin dieksploitasi oleh Serbia; mengingat sang lawan punya banyak pemain senior yang malang-melintang di kompetisi top Eropa. Lars Lagerback memiliki pekerjaan rumah krusial berupa membentuk sistem permainan yang lebih baik dalam menghadapi lawan yang sudah matang.

  • Inkonsistensi Serbia

Serbia harus rela berlaga di babak play-off usai hanya finish di peringkat ketiga grup B. Akibat buruknya cara bertahan, mereka kebobolan 17 gol dari delapan laga dan cuma sanggup mengoleksi 14 poin. Mereka dipaksa mengakui keunggulan poin Ukraina (20) dan Portugal (17) di atasnya.

Buruknya pertahanan Serbia ini terlihat di laga pembuka UEFA Nations League 2020/21 (vs Rusia, 1-3). Kesalahan individu menjadi penyebab utama kekalahan tersebut; dimana gol pertama tercipta karena menghadiahkan penalti kepada lawan, serta gol terakhir terjadi akibat blunder Nikola Maksimovic di depan gawang.

Jika bisa bermain solid di belakang, Serbia terkadang malah tumpul di depan. Dalam laga kedua UNL, mereka bermain imbang 0-0 atas Turki meski menciptakan sembilan shots. Ironisnya, minim efektivitas itu terjadi meski mereka punya pemain depan kenamaan seperti Aleksandar Mitrovic, Luka Jovic, Dusan Tadic, dan Adem Ljajic.

Inkonsistensi ini menjadi musuh pertama yang harus diberangus Serbia; minimal di lini belakang terlebih dahulu. Jika masih begitu-begitu saja, Norwegia akan benar-benar berbahaya dengan finisher yang dimilikinya.

  • Bisakah Serbia Melaju?

Ini adalah pertemuan pertama kedua negara sepanjang sejarah. Dengan kuatnya skuat masing-masing, hasil akhir laga nanti bakal sulit diprediksi. Satu hal yang pasti, duel keduanya bakal berjalan sengit dan ketat; serta dihiasi sejumlah peluang berbahaya.

Jika boleh menebak menurut judi online, Serbia mungkin lebih bisa diunggulkan. Kematangan skuat dan kekompakan antarlini mereka berpotensi mengeksploitasi kelemahan Norwegia. Akan tetapi, kemenangan Serbia hanya akan terjadi juga ketika lini belakang mereka bebas dari kesalahan individu.

Baca Juga : Prediksi Macedonia vs Kosovo 9 Oktober 2020

Perkiraan Susunan Pemain Norwegia vs Serbia :

(Norwegia) : R. Jarstein; H. Aleesami, R. Gabrielsen, E. Hovland, B. Meling, M. Normann, S. Berge, I. Fossum, S. Johansen, E. Håland, A. Sørloth.

Manager : L. Lagerbäck.

(Serbia) : M. Dmitrović; A. Kolarov, N. Milenković, F. Mladenović, M. Veljkovic, D. Aleksić, M. Grujić, F. Kostić, A. Ljajić, Đ. Despotović, A. Mitrović.

Manager : L. Tumbaković.

Berikut Statistik Kedua Tim Di Bawah Ini :
  • H2H Norwegia vs Serbia
16/11/06FRISerbia1-1Norwegia
31/03/04FRISerbia0-1Norwegia
  • 5 Laga Terakhir Norwegia
08/09/20UNLNorthern Ireland1-5Norwegia
05/09/20UNLNorwegia1-2Austria
19/11/19ECQMalta1-2Norwegia
16/11/19ECQNorwegia4-0Faroe Islands
16/10/19ECQRomania1-1Norwegia
  • 5 Laga Terakhir Serbia
07/09/20UNLSerbia0-0Turkey
04/09/20UNLRussia3-1Serbia
17/11/19ECQSerbia2-2Ukraine
15/11/19ECQSerbia3-2Luxembourg
15/10/19ECQLithuania1-2Serbia

Salam, Debatbola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here