Prediksi Monchengladbach vs Borussia Dortmund: Aroma Pembalasan Dendam

0
609
Prediksi Monchengladbach vs Borussia Dortmund 3 Maret 2021

Debatbola.comBorussia Monchengladbach akan menjamu Borussia Dortmund pada babak perempatfinal DFB-Pokal 2020/21, Rabu (3/3/21), di Borussia-Park. Laga ini mungkin bakal jadi ajang terbaik bagi Dortmund untuk bisa membalas dendamnya kepada Gladbach, terutama usai kalah telak pada pertemuan terakhir, Januari lalu (2-4).

  • Masih Inkonsisten di Bundesliga

Performa Borussia Dortmund di bawah asuhan Edin Terzic masih cenderung inkonsisten. Dortmund baru enam kali menang dari 12 laga Bundesliga terakhir (W6, D2, L4). Sepanjang tujuh laga terakhir, mereka bahkan menelan tiga kekalahan, yakni dari Leverkusen (1-2), Monchengladbach (2-4), dan Freiburg (1-2).

Pada laga melawan Gladbach dan Freiburg, Dortmund sebenarnya menciptakan jauh lebih banyak peluang. Namun, kemenangan mereka harus terhalang oleh buruknya efektivitas; serta kegagalan dalam mengantisipasi crossing lambung lawan di kotak penalti sendiri.

Beruntung, dalam dua laga terakhir, Dortmund bisa kembali menunjukkan amukannya saat menghadapi Schalke (4-0) dan Arminia Bielefeld (3-0). Jadon Sancho tampil sebagai salah satu pemain terbaik di kedua laga di atas; dimana ia tak pernah absen mencetak gol.

Serangkaian hasil di atas membuat Dortmund berada di posisi lima klasemen sementara Bundesliga (39 poin). Langkah untuk melaju ke semifinal DFB-Pokal pun cukup terbuka berkat momentum positif yang datang di waktu yang tepat ini.

Prediksi Monchengladbach vs Borussia Dortmund 3 Maret 2021
Sumber : https://www.bvb.de/var/ezdemo_site/storage/images/media/
  • Clean Sheet Mudahkan Kemenangan

Kunci kemenangan Borussia Dortmund musim ini adalah mencetak clean sheet. Jika bisa mewujudkan hal tersebut, mereka berpeluang besar menang; dan ini tampak dari hasil positif mereka sejak awal musim ini. Sebaliknya, jika kebobolan satu gol saja, mereka kemungkinan bakal kesulitan hingga menit akhir.

Performa Dortmund pun cenderung makin ganas jika mampu mencetak gol terlebih dahulu. Sejak musim 2015/16, Der Borussen memenangkan lebih dari 80% pertandingan setelah berhasil mencetak gol pembuka. Oleh karenanya, unggul di awal harus diwujudkan agar langkah mereka lebih mudah.

Secara skema, Terzic diprediksi tetap bakal memainkan skema andalan pelatih sebelumnya, Lucien Favre, yakni 4-2-3-1. Ia memang lebih berani membawa Dortmund bermain lebih terbuka. Namun, sekali lagi, lini belakang tetap harus menjadi prioritas, sebagaimana mereka sulit menang jika sudah kebobolan satu gol saja.

Potensi gol Dortmund sendiri tetap bakal terletak pada Erling Braut Haaland. Dalam laga ini, kehadirannya bakal krusial, sebagaimana dirinya kerap menjadi penentu kemenangan. Chemistry-nya dengan Jadon Sancho akan menjadi hal yang layak ditunggu.

  • Sama Sekali Belum Meyakinkan

Borussia Monchengladbach tengah memperlihatkan penurunan dengan kegagalan meraih kemenangan di empat laga terakhirnya (D2, L2). Pekan lalu, Gladbach takluk di tangan tim zona degradasi Bundesliga, Mainz, dengan skor 1-2. 

Dalam serangkaian hasil minornya, Monchengladbach sering menunjukkan ‘penyakit’-utamanya, yakni lengah di menit akhir. Gol yang diciptakan sejak menit-menit awal pun seringkali sirna begitu saja. 

Hal itu terjadi dalam dua kekalahan terakhir dari Koln dan Mainz. Usai tertinggal, Gladbach sebenarnya bisa mengimbangi kedudukan. Namun, akibat kelengahan yang terjadi mulai di babak kedua, mereka kebobolan lagi dan harus pulang dengan tangan hampa.

Lebih mengecewakannya lagi, Gladbach bahkan menjadi salah satu tim yang paling banyak membuang poin usai unggul terlebih dulu. Ini menunjukkan bahwa level fokus pertahanan mereka sangat buruk dan rentan merosot. Sepertinya, jika ini terulang, tak perlu heran jika Gladbach kehilangan poin lagi.

Jika boleh menyebut satu kelemahan Gladbach lainnya, hal itu adalah konsistensi dalam mengonversi peluang. Mereka sebenarnya sering mencetak 10+ peluang di satu laga. Namun, akibat sedikitnya shot on target, mereka terkadang ditahan imbang oleh lawan. Segenap kelemahan di atas jelas sangat tidak meyakinkan jelang bertemu Leipzig.

Intinya, situs judi online menilai peluang lolos Gladbach bakal terbuka apabila masalahnya bisa diselesaikan secepat mungkin. Menarik untuk ditunggu bagaimana respons sang pelatih, Marco Rose, dalam laga nanti. Terlebih, kepercayaan diri anak asuhnya semakin turun akibat kalah di leg pertama babak 16 besar Liga Champions (vs Manchester City, 0-2).

Prediksi Monchengladbach vs Borussia Dortmund 3 Maret 2021
Sumber : https://imgresizer.eurosport.com/unsafe/1200×0/
  • Dortmund Unggul Momentum

Borussia Dortmund berpeluang besar memenangkan laga ini, terutama jika dilihat dari sisi tren performa. Di samping itu, secara ambisi, Dortmund pun tampaknya ingin membalas dendamnya juga atas Monchengladbach, karena Erling Haaland dkk. takluk di pertemuan terakhir, tepatnya pada Januari lalu (2-4).

Baca Juga : Prediksi Juventus vs Spezia 3 Maret 2021

Perkiraan Susunan Pemain Monchengladbach vs Borussia Dortmund :

(Monchengladbach) : Y. Sommer; S. Lainer, M. Ginter, N. Elvedi, R. Bensebaini, L. Stindl, C. Kramer, J. Hofmann, F. Neuhaus, D. Zakaria, A. Plea.

Manager : M. Rose.

(Borussia Dortmund) : M. Hitz; M. Hummels, Raphaël Guerreiro, Mateu Morey, T. Delaney, E. Can, J. Brandt, M. Dahoud, J. Sancho, M. Reus, E. Haaland.

Manager : E. Terzić.

Berikut Statistik Kedua Tim Di Bawah Ini :
  • H2H Monchengladbach vs Borussia Dortmund
23/01/21BUNMonchengladbach4-2Borussia Dortmund
19/09/20BUNBorussia Dortmund3-0Monchengladbach
08/03/20BUNMonchengladbach1-2Borussia Dortmund
31/10/19DFPBorussia Dortmund2-1Monchengladbach
19/10/19BUNBorussia Dortmund1-0Monchengladbach
  • 5 Laga Terakhir Monchengladbach
28/02/21BUNRB Leipzig3-2Monchengladbach
25/02/21UCLMonchengladbach0-2Manchester City
20/02/21BUNMonchengladbach1-2Mainz 05
15/02/21BUNWolfsburg0-0Monchengladbach
07/02/21BUNMonchengladbach1-2Köln
  • 5 Laga Terakhir Borussia Dortmund
27/02/21BUNBorussia Dortmund3-0Arminia Bielefeld
21/02/21BUNSchalke 040-4Borussia Dortmund
18/02/21UCLSevilla2-3Borussia Dortmund
13/02/21BUNBorussia Dortmund2-2Hoffenheim
06/02/21BUNFreiburg2-1Borussia Dortmund

Salam, Debatbola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here