Prediksi Manchester United vs Leeds United: Perjuangan Redam Dominasi Bola Tim Tamu

0
247
Prediksi Manchester United vs Leeds United 20 Desember 2020

Debatbola.comManchester United akan menjamu Leeds United pada pekan ke-14 Premier League 2020/21, Minggu (20/12/20), di Old Trafford. Tim tuan rumah difavoritkan tetap bisa membawa poin dalam laga ini; meski harus berjuang keras melawan pressing Leeds dan mengoptimalkan setiap peluang counter-attacknya.

  • Bakal Mainkan Counter-Attack

Manchester United sepertinya bakal menghadapi laga yang sangat dinanti. Pasalnya, dengan menghadapi Leeds, mereka bisa memainkan taktik andalannya; yakni counter-attack. Pasalnya, Leeds sejak awal musim sangat dominan dalam penguasaan bola, dan situasi seperti itu sangat disenangi The Red Devils.

Ole Gunnar Solskjaer kemungkinan bakal bermain dengan skema 4-4-2 diamond; atau 4-2-3-1 andalannya. Skema fleksibel dengan lima-enam pemain yang bisa menyerang ini tentu bakal merusak ringkihnya pertahanan Leeds United.

Sayangnya, United belum akan diperkuat salah satu ujung tombak terbaiknya, Edinson Cavani. Striker asal Uruguay yang sebelumnya mencetak brace ke gawang Southampton beberapa pekan lalu itu dikabarkan masih belum berada dalam kondisi fit.

Sebagai gantinya, United kemungkinan akan menurunkan Marcus Rashford dan Anthony Martial/Mason Greenwood sebagai duet ujung tombak. Kecepatan tusukan keduanya sangat bisa diandalkan dalam mengeksploitasi terbukanya pertahanan lawan nanti.

Prediksi Manchester United vs Leeds United 20 Desember 2020
Sumber : https://asset-a.grid.id/crop/0x0:0x0/700×465/photo/2020/11/25/2564012644.jpg
  • Kelemahan yang Masih Sering Muncul

Meski performanya masih baik-baik saja, Manchester United terkadang memperlihatkan tiga kelemahan besar. Pertama, jika lebih bisa menguasai jalannya laga, mereka sering bingung ketika tim lawan memainkan pertahanan blok rendah. Jika sirkulasi bola ke kotak penalti lawan ditutup rapat, United cenderung akan frustrasi. 

Rasa frustrasi itu tampak ketika penggawa United lebih banyak mengalirkan bola ke samping dan belakang. Alhasil, mereka kehabisan waktu dan tak kunjung bisa mencetak gol. Namun, hal ini sepertinya berpotensi tidak terjadi di laga nanti.

Kedua, mereka sangat rentan diterpa pressing dan serangan balik cepat. Victor Lindelof, Harry Maguire, dan Aaron Wan-Bissaka menjadi target empuk pressing lawan. Tugas ketiganya nanti adalah lolos dari pressing lawan; karena mereka akan dieksploitasi habis-habisan jika tak bisa melakukannya.

Ketiga, United masih sangat bergantung dengan kehadiran Bruno Fernandes untuk bisa mencetak gol. Jika perannya dimatikan oleh lawan, The Red Devils diragukan sanggup memproduksi serangan berbahaya; dan situasi ini biasanya berujung kurang baik.

  • Dominasi Belum Tentu Bawa Kemenangan

Leeds United baru saja meraih hasil fantastis dengan menggasak Newcastle United (5-2). Meski sempat tertinggal terlebih dahulu, mereka mampu bangkit dan mencetak empat golnya pada babak kedua.

Namun, hasil positif seperti itu masih jarang terjadi. Sebelumnya, mereka sempat lima kali kalah dalam enam laga (Leicester, 1-4; Crystal Palace, 1-4; Everton, 1-0; Chelsea, 1-3; West Ham, 1-2). Ini adalah rangkaian hasil buruk yang panjang; dimana The Peacocks sebenarnya selalu mendominasi jalannya laga dan unggul jumlah tembakan.

Saat kalah dari Leicester, tim asuhan Marcelo Bielsa mendominasi jalannya laga dengan 11 shots (unggul satu tembakan atas Leicester); dan 67% ball possession. Hanya saja, akurasi tembakan mereka tak lebih baik dari sang lawan (4-8).

Ketika menjamu West Ham dua pekan lalu, mereka bahkan membuat angka penguasaan bola yang sama dengan laga yang disebutkan di atas. Lagi-lagi, jumlah tembakan tepat sasaran yang mereka lepaskan kalah tipis (7-8); dan mengharuskan mereka pulang dengan kepala tertunduk.

Ilustrasi di atas memperlihatkan bahwa tim yang bisa mendominasi penguasaan bola seperti Leeds tak selalu berakhir sebagai pemenang. Bielsa, yang dikenal sangat kaku perihal filosofi permainannya, harus berani lebih pragmatis jika tak ingin seperti ini terus.

Leeds United tak boleh naif karena lawan-lawannya di Premier League bisa beradaptasi dengan skema mereka. Tim lawan tinggal memilih untuk turun bertahan dan menyerang balik dengan cepat. Terlebih, lawan yang mereka hadapi nanti adalah Manchester United, yang punya serangan balik sangat berbahaya.

Prediksi Manchester United vs Leeds United 20 Desember 2020
Sumber : https://sm.imgix.net/20/40/leemci.JPG
  • Tambahan Poin Untuk Tuan Rumah

Melihat performa yang masih baik baik saja dari Manchester United, casino online terbaik menilai The Red Devils bisa meraih tambahan poin dalam laga ini; entah itu dengan kemenangan ataupun hasil imbang. The Red Devils bakal menang jika bisa menampilkan counter-attack terbaiknya; namun masih berpeluang tertahan apabila Leeds United bermain dengan sangat efektif.

Baca Juga : Prediksi Inter Milan vs Spezia 20 Desember 2020

Perkiraan Susunan Pemain Manchester United vs Leeds United :

(Manchester United) : David de Gea; V. Lindelöf, H. Maguire, L. Shaw, A. Wan-Bissaka, P. Pogba, Fred, Bruno Fernandes, S. McTominay, M. Rashford, M. Greenwood.

Manager : O. Solskjær.

(Leeds United) : I. Meslier; L. Cooper, L. Ayling, S. Dallas, M. Klich, K. Phillips, J. Harrison, Rodrigo, E. Alioski, P. Bamford, Raphinha.

Manager : M. Bielsa.

Berikut Statistik Kedua Tim Di Bawah Ini :
  • H2H Manchester United vs Leeds United
17/07/19CLFManchester United4-0Leeds United
21/09/11LECLeeds United0-3Manchester United
03/01/10FACManchester United0-1Leeds United
21/02/04PRLManchester United1-1Leeds United
18/10/03PRLLeeds United0-1Manchester United
  • 5 Laga Terakhir Manchester United
18/12/20PRLSheffield United2-3Manchester United
13/12/20PRLManchester United0-0Manchester City
09/12/20UCLRB Leipzig3-2Manchester United
06/12/20PRLWest Ham United1-3Manchester United
03/12/20UCLManchester United1-3PSG
  • 5 Laga Terakhir Leeds United
17/12/20PRLLeeds United5-2Newcastle United
12/12/20PRLLeeds United1-2West Ham United
06/12/20PRLChelsea3-1Leeds United
29/11/20PRLEverton0-1Leeds United
22/11/20PRLLeeds United0-0Arsenal

Salam, Debatbola. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here