Prediksi Lyon vs PSG 5 Maret 2020

Debatbola.com – Laga big match antara Olympique Lyonnais melawan Paris Saint-Germain bakal tersaji di babak semifinal Coupe de France, Kamis (5/3/20), di Stade Gerland. Meski gengsi dari kompetisi ini tak sebesar Ligue 1 ataupun Liga Champions, kedua tim diprediksi bermain ngotot mengingat mereka akan menjadi unggulan di jika masuk final.

  • Nasib Terbalik Kedua Tim

Lyon dan PSG seakan punya keberuntungannya masing-masing di liga domestik dan kompetisi piala lain yang diikuti. Dalam ajang Ligue 1, PSG kokoh di puncak klasemen dengan keunggulan 13 poin atas Marseille di bawahnya. 

Sedangkan, Lyon tengah terpuruk di posisi tujuh sementara akibat start kurang baik di awal musim. Namun, di ajang Liga Champions, Lyon sedang berada di atas angin usai mengalahkan Juventus di leg pertama babak 16 besar. Hal ini berlawanan dengan PSG yang tertinggal agregat 1-2 dari Borussia Dortmund.

Prediksi Lyon vs PSG 5 Maret 2020

  • Skema Kejutan Lyon

Cederanya duo gelandang serang Lyon, Memphis Depay dan Jeff Reine-Adelaide, membuat pelatih Rudi Garcia mencari cara lain untuk memaksimalkan potensi pemainnya. Setelah sebelumnya memainkan skema 4-2-3-1 dengan satu gelandang serang tengah, Les Gones kini bermain dengan 3-4-3.

Alasan Garcia tidak memainkan skema 4-2-3-1 sangat bisa dimaklumi. Tak optimalnya Houssem Aouar bermain di posisi Adelaide, dan belum kompetennya wonderkid 16 tahun, Rayan Cherki, dalam menggantikan Depay membuat Garcia mengorbankan formasi yang sudah familiar dengan anak asuhnya.

Hasil dari pengorbanan itu ternyata menunjukkan sinyal positif. Skema 3-4-3 berhasil membawa Lyon mengalahkan Juventus di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Aouar tampak lebih nyaman bermain di penyerang sebelah kanan, sedangkan posisi striker tengah dan kiri diisi Moussa Dembele dan Karl Toko-Ekambi.

Keputusan memainkan tiga penyerang juga disebabkan karena Lyon memiliki lebih banyak penyerang tersedia ketimbang gelandang serang. Alih-alih mengorbankan strikernya, Garcia memilih memajukan wingernya, seperti Aouar dan Martin Terrier, untuk bermain sejajar dengan penyerang tengah.

Bruno Guimaraes Sang Penyeimbang

Ketiga penyerang Lyon dimanjakan dengan semakin baik oleh Bruno Guimaraes di posisi gelandang tengah. Dalam laga leg pertama Liga Champions melawan Juventus, ia mendapat sorotan berkat 86% umpan sukses dari 50 percobaan, dua dribel, empat hadangan, satu sapuan, dan tiga tekel sukses.

Dengan statistik slot online tersebut, pemain muda asal Brasil ini menjadi salah satu yang patut diperhatikan karena keseimbangan aspek defensif dan ofensifnya. Terlebih, ia memiliki atribut mental yang luar biasa. Pasalnya, penampilan apik melawan Juve tersebut adalah laga debutnya di Liga Champions.

Salah satu kelebihannya yang menonjol ialah menahan bola saat berada dalam transisi serangan. Saat melawan Juventus, Guimaraes berhasil merepotkan Juan Cuadrado yang sedang menekannya usai Bianconeri kehilangan bola. Bola kemudian berhasil ditahan dan didistribusikan dengan baik ke arah penyerang kiri Lyon.

Dengan penyesuaian yang semakin terlihat bersama skuat Lyon, bukan tak mungkin Guimaraes akan menjadi salah satu yang terbaik. Apa yang ia tunjukkan saat melawan Juventus sepertinya bisa kembali terulang dan merepotkan Angel Di Maria sebagai pembuat peluang besar terbanyak PSG.

Prediksi Lyon vs PSG 5 Maret 2020

  • Melihat Komitmen Tuchel

Sepekan sebelum laga ini, Thomas Tuchel dirumorkan akan menangani Bayern Munchen pada musim depan. Jika memang kabar itu terbukti benar, inilah saatnya fans PSG melihat komitmen dari sang pelatih. Meski Piala Prancis menjadi ajang yang kurang bergengsi, para suporter Les Parisiens tentu ingin melihat timnya memborong semua trofi domestik.

Tuchel sendiri juga belum pernah mendapatkan trofi Coupe de France. Pada musim lalu, timnya dikalahkan oleh Stade Rennais lewat babak adu penalti di partai puncak. Padahal, PSG sudah unggul 2-0 pada 20 menit pertama. Laga ini akan menjadi ujian terberat sebelum ‘hanya’ kembali menghadapi Rennes atau St. Etienne di final.

  • Masih Ada Drama?

Salah satu penyakit Paris Saint-Germain ialah drama berkelanjutan. Neymar kembali membuat ulah dengan kartu merahnya di laga Ligue 1 pekan lalu. Lagi-lagi, Tuchel memilih membela megabintang asal Brasil tersebut demi stabilitas tim. Sebelumnya, Kylian Mbappe terlebih dahulu mengamuk usai ditarik keluar saat melawan Dortmund.

Ulah para bintang tersebut berpotensi kembali merugikan PSG, mengingat laga melawan Lyon akan berjalan panas. Di atas kertas, PSG lebih dijagokan kembali masuk final. Namun, Tuchel harus mencari cara agar anak asuhnya menghindari risiko kartu merah. Jika kedisiplinan PSG tak terjaga, Lyon-lah yang bakal berjaya.

Baca Juga : Prediksi Bayer Leverkusen vs Union Berlin 5 Maret 2020

Perkiraan Susunan Lyon vs PSG :

(Lyon) : Lopes; Marcelo, Marçal, Dubois, Denayer, Tousart, Guimarães, Terrier, Ekambi, Cornet, Dembélé.

Manager : Rudi Garcia.

(PSG) : Rico; Silva, Marquinhos, Bernat, Kimpembe, Kehrer, Di María, Verratti, Cavani, Neymar, Mbappé.

Manager : Thomas Tuchel.

Berikut Statistik Kedua Tim Di Bawah Ini :
  • H2H Lyon vs PSG
10/02/20 LI1 PSG 4-2 Lyon
23/09/19 LI1 Lyon 0-1 PSG
04/02/19 LI1 Lyon 2-1 PSG
08/10/18 LI1 PSG 5-0 Lyon
22/01/18 LI1 Lyon 2-1 PSG
  • 5 Laga Terakhir Lyon
02/03/20 LI1 Lyon 2-0 Saint-Etienne
27/02/20 UCL Lyon 1-0 Juventus
22/02/20 LI1 Metz 0-2 Lyon
16/02/20 LI1 Lyon 1-1 Strasbourg
13/02/20 CDF Lyon 1-0 Olympique Marseille
  • 5 Laga Terakhir PSG
29/02/20 LI1 PSG 4-0 Dijon
24/02/20 LI1 PSG 4-3 Bordeaux
19/02/20 UCL Borussia Dortmund 2-1 PSG
15/02/20 LI1 Amiens SC 4-4 PSG
13/02/20 CDF Dijon 1-6 PSG

Salam, Debatbola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here