Prediksi Liverpool vs Chelsea: Kekalahan Perdana The Blues Era Tuchel?

0
374
Prediksi Liverpool vs Chelsea 5 Maret 2021

Debatbola.com – Liverpool akan menjamu Chelsea pada pekan ke-29 Premier League 2020/21, Jumat (5/3/21), di Anfield. Meski belum bisa dikatakan bangkit dari keterpurukannya, The Reds tetap punya peluang besar untuk memberikan kekalahan perdana kepada Chelsea era Thomas Tuchel.

  • Masih Dalam Tren Penurunan

Performa Liverpool belakangan ini belum sepenuhnya bisa dikatakan menanjak lagi. Dalam lima laga terakhir di Premier League, mereka empat kali menelan kekalahan (W1, L4). Satu-satunya kemenangan itu hanya didapat ketika bertemu tim juru kunci, Sheffield United, dengan skor 2-0 pada akhir pekan lalu.

Akibat serangkaian hasil itu, The Reds masih berada di peringkat enam klasemen sementara dengan 43 poin, bahkan berpotensi turun lagi gagal memenangkan laga ini. Tugas berat semakin menunggu tim asuhan Jurgen Klopp, mengingat ketertinggalan mereka dengan Manchester City, yang berada di posisi puncak, sudah menjadi 19 poin.

The Reds masih butuh perhatian khusus di lini belakang. Sejak awal musim, Liverpool mudah ditembus ketika lawan bisa melancarkan pressing yang begitu cepat. Ketiadaan Virgil van Dijk membuat pertahanan mereka lebih mudah dieksploitasi lawan, khususnya dalam duel udara dan build-up. 

Lini belakang Liverpool bahkan tak memiliki kedalaman yang bagus. Selain Virgil van Dijk dan Joel Matip, tak ada sosok lain yang berpengalaman. Adapun Jordan Henderson dan Fabinho juga tak selalu bisa tampil bagus karena kapasitas keduanya ialah sebagai gelandang. Alhasil, kala memainkan bek muda seperti Nate Phillips dan Rhys Williams, The Reds rentan jebol.

Belum lagi, Alisson Becker selaku penjaga gawang utama The Reds belakangan ini sering melakukan blunder, yang salah satunya membuahkan kekalahan dari Leicester City tiga pekan lalu. Ia sepertinya masih berada di bawah tekanan; dan bakal makin merugikan timnya apabila blundernya terus berlanjut.

Finishing The Reds belakangan ini juga tak kalah mengecewakan. Dalam tiga bulan terakhir, mereka gagal mencetak gol di lima laga. Entah bagaimana caranya, Jurgan Klopp perlu kembali menemukan cara agar lini depannya bisa sangat efektif seperti musim lalu. Untuk saat ini, efektivitas adalah satu-satunya solusi The Reds untuk meraih poin.

Prediksi Liverpool vs Chelsea 5 Maret 2021
Sumber : https://pict-a.sindonews.net/dyn/620/pena/news/
  • Makin Sulit Dikalahkan

Chelsea belum lama ini menunjuk Thomas Tuchel sebagai pengganti Frank Lampard. Nama yang disebut terakhir didepak usai The Blues banyak berkutat dengan hasil buruk, bahkan tak pernah menang melawan tim enam besar.

Dampak positif penunjukan Tuchel sebenarnya sudah langsung terlihat. Chelsea langsung tampil dengan taktik baru, yakni 3-4-2-1. Dengan duet Jorginho dan Mateo Kovacic di lini tengah, The Blues jadi lumayan dominan di tujuh laga terakhir (W4, D3).

Hanya saja, efektivitas finishing Chelsea masih rendah. Lima dari delapan gol terakhirnya diciptakan oleh non-striker, yakni Cesar Azpilicueta, Marcos Alonso, Jorginho, dan Mason Mount; dari skema serangan sayap dan penalti. Seluruh penyerang yang dicoba bongkar pasang masih belum optimal di bawah set-play Tuchel.

Kehadiran Tuchel sendiri sepertinya bakal membawa dampak positif. Sepanjang kariernya, pelatih asal Jerman tersebut identik dengan hasil cemerlang pada awal kepemimpinannya. Hal ini pun membuat mereka berpeluang menyulitkan Liverpool sepanjang laga nanti.

  • Butuh Waktu Benahi Produktivitas

Produktivitas Chelsea belakangan ini masih bergantung kepada Olivier Giroud atau Tammy Abraham. Performa Kai Havertz, Christian Pulisic, dan Timo Werner masih sangat jauh dari harapan. 

Untuk mengoptimalkan potensi ketajamannya menurut situs judi poker, Tuchel sepertinya membutuhkan beberapa pekan lagi, sembari menemukan skema paling cocok untuk memainkan Havertz, Werner, Ziyech, dan Pulisic sekaligus.

Tahap adaptasi Chelsea sendiri tak berjalan cepat karena pelatih sebelumnya, Frank Lampard, tak menerapkan set-play. Tuchel diketahui memperbaiki kualitas bertahan terlebih dahulu, dan baru membenahi lini depan ketika semuanya sudah lebih stabil. 

Sisi positifnya, moral skuat Chelsea terlihat sangat meningkat. Tuchel diketahui ialah pelatih yang bisa berkomunikasi dengan banyak Bahasa, dan ini amat berguna karena skuat Chelsea berasal dari berbagai negara Eropa. Ini jugalah yang membuat proses adaptasinya berjalan dengan sangat cepat.

Prediksi Liverpool vs Chelsea 5 Maret 2021
Sumber : https://lh3.googleusercontent.com/proxy/ORJAWFiM5C16
  • The Reds Jengah Telan Hasil Minor

Liverpool memiliki kans yang cukup besar untuk memberikan kekalahan perdana kepada Chelsea era Thomas Tuchel. Tampil di kandang sendiri, The Reds diyakini sudah jengah menelan hasil minor; dan Mo Salah dkk. bakal mengoptimalkan efektivitasnya dalam pertandingan nanti.

Baca Juga : Prediksi Emmen vs Sparta Rotterdam 6 Maret 2021

Perkiraan Susunan Pemain Liverpool vs Chelsea :

(Liverpool) : Alisson; A. Robertson, T. Alexander-Arnold, O. Kabak, G. Wijnaldum, J. Henderson, Thiago Alcântara, C. Jones, Roberto Firmino, Mohamed Salah, S. Mané.

Manager : J. Klopp.

(Chelsea) : E. Mendy; Azpilicueta, Marcos Alonso, A. Rüdiger, A. Christensen, M. Kovačić, Jorginho, M. Mount, O. Giroud, T. Werner, C. Hudson-Odoi.

Manager : T. Tuchel.

Berikut Statistik Kedua Tim Di Bawah Ini :
  • H2H Liverpool vs Chelsea
20/09/20PRLChelsea0-2Liverpool
23/07/20PRLLiverpool5-3Chelsea
04/03/20FACChelsea2-0Liverpool
22/09/19PRLChelsea1-2Liverpool
15/08/19USCLiverpoolP 2-2Chelsea
  • 5 Laga Terakhir Liverpool
01/03/21PRLSheffield United0-2Liverpool
21/02/21PRLLiverpool0-2Everton
17/02/21UCLRB Leipzig0-2Liverpool
13/02/21PRLLeicester City3-1Liverpool
07/02/21PRLLiverpool1-4Manchester City
  • 5 Laga Terakhir Chelsea
28/02/21PRLChelsea0-0Manchester United
24/02/21UCLAtletico Madrid0-1Chelsea
20/02/21PRLSouthampton1-1Chelsea
16/02/21PRLChelsea2-0Newcastle United
12/02/21FACBarnsley0-1Chelsea

Salam, Debatbola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here