Prediksi Leeds United vs Chelsea: Terus Berlari dan Tak Terkalahkan

0
419
Prediksi Leeds United vs Chelsea 13 Maret 2021

Debatbola.comLeeds United akan menjamu Chelsea pada pekan ke-28 Premier League 2020/21, Sabtu (13/3/21), di Elland Road. Tim tamu diprediksi mampu menjaga rekor positifnya dengan mengalahkan Leeds, terutama jika melihat betapa solidnya set-play The Blues.

  • Dominasi yang Belum Tentu ‘Berhasil’

Leeds United menelan 11 kekalahan dari 18 partai terakhir. Hasil tersebut jadi rangkaian buruk yang lumayan menyakitkan, sekaligus membuat The Peacocks masih kesulitan menembus sepuluh besar.

Mereka boleh saja sering unggul ball possession. Namun, banyaknya kekalahan terjadi karena skema di final third yang mudah dibaca lawan. Ketika banyak pemain sudah berada di area lawan, pertahanan Leeds menunjukkan lubang besar yang kemudian dieksploitasi habis oleh lawan-lawannya.

Ilustrasi di atas memperlihatkan bahwa tim yang bisa mendominasi penguasaan bola seperti Leeds tak selalu berakhir sebagai pemenang. Bielsa, yang dikenal sangat kaku perihal filosofi permainannya, harus berani lebih pragmatis jika tak ingin seperti ini terus.

Sayangnya, pelatih legendaris asal Argentina itu terlalu naif karena tetap mempertahankan gaya bermainnya. Ini hanya akan membuat lawan-lawannya dimudahkan. Chelsea bisa memilih turun bertahan dan menyerang balik.

Terlepas dari hasil buruknya, taktik Bielsa merepresentasikan ‘high risk, high reward’. Ketika possession-nya berjalan sangat efektif, The Whites dengan mudah menang telak. Ini terlihat di empat dari tujuh kemenangan terakhir, dimana mereka tiga kali mencetak 3+ gol. Salah satunya terjadi dua pekan lalu kala bertemu Southampton (3-0).

Sebelumnya lagi, kemenangan atas Crystal Palace lima pekan lalu jadi contoh sempurnanya. Mereka mencatatkan 69% ball possession dan 17 shots. Retensi bola, akurasi umpan, serta tingginya efektivitas pressing membuat The Peacocks tak tersentuh dan keluar sebagai pemenang (2-0).

Dua hasil positif atas sebenarnya memperlihatkan bahwa potensi Leeds, dengan idealisme permainan Bielsa, sangatlah tinggi. Sayangnya, mereka tak cukup konsisten karena masih diisi sekumpulan pemain dengan kualitas biasa saja.

Prediksi Leeds United vs Chelsea 13 Maret 2021
Sumber : https://static.republika.co.id/uploads/images/
  • Makin Sulit Dikalahkan

Chelsea belum lama ini menunjuk Thomas Tuchel sebagai pengganti Frank Lampard. Nama yang disebut terakhir didepak usai The Blues banyak berkutat dengan hasil buruk, bahkan tak pernah menang melawan tim enam besar.

Dampak positif penunjukan Tuchel sebenarnya sudah langsung terlihat. Chelsea langsung tampil dengan taktik baru, yakni 3-4-2-1. Dengan duet Jorginho dan Mateo Kovacic di lini tengah, The Blues belum terkalahkan di sembilan laga terakhir (W6, D3).

The Blues bahkan meraih hasil yang sangat impresif pada dua pekan lalu, yakni ketika bertemu Liverpool (1-0) di Anfield. Hasil tersebut mengangkat mereka ke posisi empat klasemen sementara; dan menempel ketat dua besar.

  • Butuh Waktu Benahi Produktivitas

Meski belum terkalahkan, efektivitas Chelsea di depan gawang lawan masih rendah. Delapan dari 11 gol terakhir diciptakan oleh non-striker, yakni Cesar Azpilicueta, Marcos Alonso, Jorginho, dan Mason Mount; dari skema serangan sayap dan penalti. Seluruh penyerang yang dicoba bongkar pasang masih belum optimal di bawah set-play Tuchel.

Ketajaman Chelsea belakangan ini masih bergantung kepada Olivier Giroud. Performa Kai Havertz, Christian Pulisic, Tammy Abraham, Hakim Ziyech, dan Timo Werner masih amat jauh dari harapan. 

Untuk mengoptimalkan potensi ketajamannya, Tuchel sepertinya membutuhkan beberapa pekan lagi, sembari menemukan skema paling cocok untuk memainkan Havertz, Werner, Ziyech, dan Pulisic sekaligus.

Tahap adaptasi Chelsea sendiri tak berjalan cepat karena pelatih sebelumnya, Frank Lampard, tak menerapkan set-play. Tuchel diketahui memperbaiki kualitas bertahan terlebih dahulu, dan baru membenahi lini depan ketika semuanya sudah lebih stabil. 

Sisi positifnya, moral dan chemistry skuat Chelsea sangat meningkat, sehingga tak perlu heran apabila adaptasinya dengan skema ideal Tuchel bisa berjalan cepat. Tuchel sendiri adalah pelatih yang bisa berkomunikasi dengan banyak Bahasa, dan ini amat berguna karena skuat Chelsea berasal dari berbagai negara Eropa. 

Sumber : https://img.okezone.com/content/2021/03/05/45/2372
  • Jaga Rekor Positif

Chelsea diprediksi wahana888 bisa menjaga rekor positifnya dengan kemenangan di laga ini. Dengan perbaikan signifikan di lini belakang, The Blues tampaknya bakal cukup mudah meredam serangan Leeds United. Jika Leeds terlalu terpancing naik, Chelsea tinggal menikam balik dengan counter.

Baca Juga : Prediksi Sassuolo vs Hellas Verona 13 Maret 2021

Perkiraan Susunan Pemain Leeds United vs Chelsea :

(Leeds United) : I. Meslier; L. Cooper, L. Ayling, S. Dallas, Llorente, M. Klich, K. Phillips, Hélder Costa, P. Bamford, T. Roberts, Raphinha.

Manager : M. Bielsa.

(Chelsea) : E. Mendy; Azpilicueta, Marcos Alonso, K. Zouma, A. Christensen, R. James, M. Kovačić, Jorginho, K. Havertz, T. Werner, C. Hudson-Odoi.

Manager : T. Tuchel.

Berikut Statistik Kedua Tim Di Bawah Ini :
  • H2H Leeds United vs Chelsea
06/12/20PRLChelsea3-1Leeds United
20/12/12LECLeeds United1-5Chelsea
15/05/04PRLChelsea1-0Leeds United
06/12/03PRLLeeds United1-1Chelsea
28/01/03PRLChelsea3-2Leeds United
  • 5 Laga Terakhir Leeds United
09/03/21PRLWest Ham United2-0Leeds United
28/02/21PRLLeeds United0-1Aston Villa
24/02/21PRLLeeds United3-0Southampton
20/02/21PRLWolverhampton1-0Leeds United
14/02/21PRLArsenal4-2Leeds United
  • 5 Laga Terakhir Chelsea
09/03/21PRLChelsea2-0Everton
05/03/21PRLLiverpool0-1Chelsea
28/02/21PRLChelsea0-0Manchester United
24/02/21UCLAtletico Madrid0-1Chelsea
20/02/21PRLSouthampton1-1Chelsea

Salam, Debatbola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here