Prediksi Everton vs Leeds United: The Toffees Siap Pamer Efektivitas

0
Prediksi Everton vs Leeds United 28 November 2020

Debatbola.comEverton akan menjamu Leeds United pada pekan kesepuluh Premier League 2020/21, Sabtu (28/11/20), di Goodison Park. Tim tuan rumah sepertinya bisa tampil jauh lebih efektif ketimbang sang lawan; dan inilah yang bisa menentukan kemenangan mereka nanti.

  • Setelah Hujan Badai, Muncul Pelangi

Tren kemenangan Everton akhirnya kembali. Setelah sempat kalah di tiga laga beruntun (vs Southampton, 0-2; vs Newcastle United, 1-2; vs Manchester United, 1-3), The Toffees akhirnya meraih tiga poin usai mengalahkan Fulham (3-2). 

Tiga kekalahan terakhir Everton terjadi setelah mereka bermain terlalu keras. Technical foul memang menjadi taktik mereka untuk menghentikan serangan lawan. Namun, ini malah dilakukan dengan kecerobohan. Level fokus The Toffees di tiga laga itu buyar; terutama setelah ketinggalan dua gol.

Tiga pekan lalu, Lucas Digne dikartu merah akibat pelanggaran keras; sehingga bek kiri asal Prancis itu absen saat kalah dari Newcastle. Tanpa Digne, tusukan dan crossing akurat dari sisi kiri tidak sebagus di lima laga awal. Area ini pun akhirnya menjadi bahan eksploitasi lawan.

Selain itu, tiga kekalahan di atas juga terjadi karena absennya Richarlison. Sayap kiri Everton itu sebelumnya juga menerima kartu merah saat bermain imbang melawan Liverpool. Tanpa winger eksplosif asal Brasil itu, serangan The Toffees relatif lebih mudah dihentikan sehingga hanya bisa tercipta dua gol di tiga laga terakhir.

Beruntung, semua penggawa utama Everton telah kembali; sehingga performa mereka bisa sebaik seperti pada awal musim. Ini menandakan bahwa Everton harus menjaga disiplinnya jika ingin tampil apik hingga akhir musim; mengingat perubahan line-up sedikit saja tampak sangat berpengaruh besar.

  • Jaga Rekor Positif dengan Maksimalkan Pilar Utama

Dari faktor non-teknis, Everton punya rekor positif. Sejak 1990, mereka tak terkalahkan dari Leeds United di Goodison Park dalam 13 laga beruntun (W6, D7). Delapan dari sepuluh pertemuan terakhir bahkan diakhiri The Toffees dengan clean sheet.

Selain itu, jeda internasional dua pekan lalu ternyata membuat Everton mengembalikan kepercayaan diri. Terlebih, banyak pilar The Toffees yang meraih kemenangan untuk tim nasionalnya masing-masing.

Pertarungan di lini tengah tampaknya akan menjadi kunci untuk Everton dalam merebut poin. Carlo Ancelotti perlu memaksimalkan Allan dan Abdoulaye Doucoure untuk melindungi back-fournya serta menghentikan serangan Leeds. Jika berhasil, mereka akan lebih mudah melakukan counter-attack dan poin sepertinya akan berada di tangan.

Untuk mencetak gol, kembalinya Richarlison bakal sangat membantu James Rodriguez untuk membangun variasi serangan. Keduanya akan menjadi support untuk Dominic Calvert-Lewin yang lebih banyak beroperasi di kotak penalti lawan.

  • Dominasi Tak Tentukan Kemenangan

Dalam tiga laga terakhir, Leeds United selalu gagal meraih kemenangan (Leicester City, 1-4; Crystal Palace, 1-4; Arsenal, 0-0). Ini adalah rangkaian hasil buruk yang kesekian kalinya dimana The Peacocks sebenarnya mendominasi jalannya laga dan cukup bersaing dalam hal jumlah tembakan.

Saat melawan Leicester, tim asuhan Marcelo Bielsa mendominasi jalannya laga dengan 11 shots (unggul satu tembakan atas Leicester); dan 67% ball possession. Hanya saja, akurasi tembakan mereka buruk dan tak lebih baik dari sang lawan (4-8).

Ketika menjamu Arsenal, mereka bahkan bisa membuat angka penguasaan bola yang sama dengan laga yang disebutkan di atas. Sebanyak 25 tembakan pun mereka lepaskan; meski hanya ada empat yang mengarah ke gawang. Meski sang lawan hanya bermain dengan 10 orang di babak kedua, mereka tetap saja belum bisa meraih kemenangan.

Ilustrasi di atas memperlihatkan bahwa tim yang bisa mendominasi penguasaan bola seperti Leeds tak selalu berakhir sebagai pemenang. Bielsa, yang dikenal sangat kaku perihal filosofi permainannya, harus berani lebih pragmatis jika tak ingin seperti ini terus.

Meski sangat cepat dan dominan dengan permainan menyerangnya, Leeds United tak boleh naif. Pasalnya, banyak lawan yang mereka hadapi lebih memilih untuk turun bertahan secara dalam. Ini membuat Robin Koch dkk. selalu kerepotan menghadapi cepatnya serangan balik lawan.

Jika nanti kembali tampil sangat terbuka, Leeds United sepertinya akan menemui nasib sial. Pasalnya, Everton punya kecepatan dan efektivitas yang sangat berbahaya dalam counter-attacknya dan switching-play; bahkan sang lawan juga sering menciptakan golnya dari situasi semacam ini. 

  • The Toffees Unggul Efektivitas

Everton diprediksi casino online sanggup meraih kemenangan jika Leeds United bermain sangat terbuka dan dominan; namun tak efektif sama sekali. Pasalnya, The Toffees punya lini depan yang lebih tajam dalam mengonversi banyaknya peluang yang diciptakan. Terlebih, Everton akan sangat diuntungkan karena bermain di kandang sendiri.

Baca Juga : Prediksi Huesca vs Sevilla 29 November 2020

Perkiraan Susunan Pemain Everton vs Leeds United :

(Everton) : J. Pickford; L. Digne, B. Godfrey, M. Keane, Y. Mina, J. Rodríguez, Allan, A. Doucouré, A. Iwobi, D. Calvert-Lewin, Richarlison.

Manager : C. Ancelotti.

(Leeds United) : I. Meslier; L. Cooper, L. Ayling, S. Dallas, R. Koch, M. Klich, K. Phillips, J. Harrison, E. Alioski, P. Bamford, Raphinha.

Manager : M. Bielsa.

Berikut Statistik Kedua Tim Di Bawah Ini :
  • H2H Everton vs Leeds United
01/08/15 CLF Leeds United 2-0 Everton
26/09/12 LEC Leeds United 2-1 Everton
14/04/04 PRL Leeds United 1-1 Everton
28/09/03 PRL Everton 4-0 Leeds United
01/02/03 PRL Everton 2-0 Leeds United
  • 5 Laga Terakhir Everton
22/11/20 PRL Fulham 2-3 Everton
07/11/20 PRL Everton 1-3 Manchester United
01/11/20 PRL Newcastle United 2-1 Everton
25/10/20 PRL Southampton 2-0 Everton
17/10/20 PRL Everton 2-2 Liverpool
  • 5 Laga Terakhir Leeds United
22/11/20 PRL Leeds United 0-0 Arsenal
07/11/20 PRL Crystal Palace 4-1 Leeds United
03/11/20 PRL Leeds United 1-4 Leicester City
24/10/20 PRL Aston Villa 0-3 Leeds United
20/10/20 PRL Leeds United 0-1 Wolverhampton Wanderers

Salam, Debatbola.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version