Prediksi Ekuador vs Kolombia 18 November 2020

Debatbola.comEkuador akan menjamu Kolombia dalam laga keempat Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan (CONMEBOL), Rabu (18/11/20), di Estadio Rodrigo Paz Delgado. Tim tamu masih berpeluang mengakhiri laga ini dengan kemenangan, terutama jika lini depannya kembali menemukan ketajamannya.

  • Naik ke Peringkat Ketiga

Ekuador naik ke peringkat ketiga klasemen sementara usai berhasil mengalahkan Uruguay (4-2) dan Bolivia (3-2) di dua laga terakhir. Meski masih kurang disiplin dalam bertahan, mereka cukup beruntung karena lini depannya selalu tampil tajam.

Moises Caicedo menjadi pemain bintang Ekuador sejauh ini. Ia menyumbang satu gol saat mengalahkan Uruguay dan dua assists kala berhadapan dengan Bolivia. Perannya sebagai gelandang tengah bisa dikatakan sangat brilian; mengingat dirinya juga bertanggung jawab untuk membantu pertahanan juga.

Dua kemenangan di atas menunjukkan bahwa Ekuador mampu bangkit dengan mudah. Pasalnya, dalam laga pembuka, mereka kalah dari Argentina (0-1) setelah hanya dipaksa turun bertahan dan tak bisa berbuat banyak.

Kebangkitan Ekuador tentunya datang di saat yang tepat. Dengan situasi ini, mereka akan datang dengan kepercayaan diri yang sangat tinggi. Terlebih, Ekuador punya tugas yang berat karena selalu kalah dalam empat pertemuan terakhir melawan Kolombia; tepatnya sejak 2013.

  • Dimulainya Regenerasi

Terlepas dari dua kemenangan terakhir, prestasi Ekuador di ajang internasional sebenarnya masih bisa dikatakan buruk. Mereka sebelumnya gagal lolos ke Piala Dunia 2018 akibat tak bisa bersaing di babak kualifikasi. Pencapaian buruk itu masih ditambah dengan tersingkir di fase grup Copa America 2019; setelah tak meraih satu pun kemenangan.

Menurunnya Ekuador dalam dua tahun terakhir salah satunya disebabkan akibat efek dimulainya regenerasi. Skuat El Tricolor kini sekitar 50%-nya dihuni oleh pemain berusia di bawah 25 tahun. Oleh karenanya, wajar jika kekompakan dan kolektivitas tim asuhan Gustavo Alfaro masih membutuhkan perbaikan.

Dengan kondisi ini, mereka diprediksi judi bola online masih membutuhkan waktu adaptasi, setidaknya setahun hingga dua tahun ke depan untuk bisa kembali menjadi ancaman serius. Hanya saja, hasil positif di dua laga terakhir seakan menjadi gambaran bahwa potensi mereka sangat besar.

Jika boleh menyebut beberapa pemain muda potensial, sosok Michael Estrada dan Moises Caicedo diyakini berpeluang unjuk gigi lagi. Keduanya sama-sama menyumbang gol dalam kemenangan melawan Uruguay bulan lalu; dan sangat layak untuk kembali turun.

  • Keteteran Jika Tertinggal Sejak Awal

Berbicara performa belakangan ini, Kolombia sebenarnya mulai keteteran. Setelah meraih kemenangan di laga perdana (vs Venezuela, 3-0), mereka hanya sanggup menambah satu poin di dua pertandingan terakhirnya (vs Chile, 2-2; vs Uruguay, 0-3). Dua hasil terakhir membuat mereka terjun ke peringkat ketujuh klasemen sementara.

Torehan poin Kolombia sejauh ini selalu diawali dengan mencetak gol terlebih dahulu. Saat bertemu Venezuela, mereka mengunci kemenangannya di babak pertama dengan unggul tiga gol. Sedangkan, saat melawan Chile, Kolombia sebenarnya juga unggul duluan meski sempat dipersulit dengan dua gol sang lawan.

Ketika kalah dari Uruguay, Kolombia yang bermain di kandang sendiri tampak terseok-seok dan tak mampu bangkit akibat kemasukan gol cepat pada menit kelima. Mereka malah semakin frustrasi dan puncaknya terjadi ketika Yerry Mina dikartu merah pada menit terakhir setelah menyikut pemain lawan.

Jika menargetkan kemenangan, hal terpenting yang perlu dilakukan Kolombia ialah dengan tidak kebobolan. Pasalnya, di bawah asuhan Carlos Queiroz, kemenangan mereka selalu diakhiri dengan clean sheet.

Selain itu, dengan keunggulan rekor pertemuan dan materi skuat, James Rodriguez dkk. seharusnya bisa kembali unjuk ketajaman di laga nanti. Visi permainan dan performa apik James bakal sangat krusial dalam membantu duet Duvan Zapata-Luis Muriel di lini depan.

  • Kolombia Masih Punya Peluang

Kolombia sepertinya masih punya peluang untuk pulang dengan kemenangan. Hal ini bisa terjadi dengan mudah jika mereka sanggup merebut kendali permainan dan unggul lebih dari satu gol di babak pertama. Unggul jauh akan sangat membantu Kolombia, mengingat Ekuador belakangan ini menjelma sebagai tim yang semakin produktif.

Baca Juga : Prediksi Uruguay vs Brazil 18 November 2020

Perkiraan Susunan Pemain Ekuador vs Kolombia :

(Ekuador) : A. Domínguez; R. Arboleda, X. Arreaga, P. Estupiñán, C. Gruezo, A. Preciado, M. Caicedo, Á. Mena, E. Valencia, R. Ibarra, M. Estrada.

Manager : G. Alfaro.

(Kolombia) : C. Vargas; S. Medina, J. Murillo, J. Mojica, D. Sánchez, J. Cuadrado, J. Rodríguez, W. Barrios, J. Lerma, D. Zapata, L. Muriel.

Manager : Carlos Queiroz.

Berikut Statistik Kedua Tim Di Bawah Ini :
  • H2H Ekuador vs Kolombia
20/11/19FRIEkuador0-1Kolombia
29/03/17WQSEkuador0-2Kolombia
30/03/16WQSKolombia3-1Ekuador
07/09/13WQSKolombia1-0Ekuador
11/06/12WQSEkuador1-0Kolombia
  • 5 Laga Terakhir Ekuador
13/11/20WQSBolivia2-3Ekuador
14/10/20WQSEkuador4-2Uruguay
09/10/20WQSArgentina1-0Ekuador
20/11/19FRIEkuador0-1Colombia
15/11/19FRIEkuador3-0Trinidad and Tobago
  • 5 Laga Terakhir Kolombia
14/11/20WQSKolombia0-3Uruguay
14/10/20WQSChile2-2Kolombia
10/10/20WQSKolombia3-0Venezuela
20/11/19FRIEcuador0-1Kolombia
16/11/19FRIKolombia1-0Peru

Salam, Debatbola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here