Prediksi Dynamo Kyiv vs AZ Alkmaar : Sulit Hentikan Laju Tim Tamu

0
418
Prediksi Dynamo Kyiv vs AZ Alkmaar 16 September 2020

Debatbola.comDynamo Kyiv akan menghadapi AZ Alkmaar dalam babak ketiga kualifikasi Liga Champions 2020/21, Rabu (16/9/20), di Valeriy Lobanovskyi Stadium. Tim tuan rumah sepertinya punya keuntungan yang besar dengan tampil di kandang sendiri; serta adanya pengalaman yang lebih panjang di kancah Eropa ketimbang AZ.

  • Tradisi Panjang dan Skuat On-Fire

Dynamo Kyiv langsung lolos ke babak ketiga kualifikasi Liga Champions 2020/21 setelah musim lalu menjadi runner-up Liga Ukraina. Musim lalu, langkah mereka terhenti di sini akibat takluk di tangan Club Brugge; sehingga harus puas tampil di fase grup Liga Europa. 

Berbicara tradisi lolos ke kompetisi Eropa, Dynamo Kyiv jelas punya pengalaman yang lebih panjang ketimbang Alkmaar. Mereka tak pernah absen, entah itu di Liga Champions atau Liga Europa, sejak musim 1989/90. Meski seringkali hanya terhenti di fase grup, mereka sesekali juga mampu melaju jauh di babak knock-out.

Pencapaian terbaik terakhir Dynamo Kyiv di ajang Liga Champions sendiri ialah pada musim 1998/99. Meski berlaga dari babak kualifikasi pertama, mereka tampil ciamik hingga bisa menembus babak semifinal.

Berbicara masa kini, Kyiv sendiri sedang dalam momentum kemenangan. Selain belum kalah di dua laga pembuka Liga Ukraina 2020/21, tim asuhan Mircea Lucescu sudah mendapatkan trofi Piala Super Ukraina usai mengalahkan Shakhtar Donetsk (3-1).

Dynamo Kyiv sendiri juga memiliki sekumpulan pemain yang sedang on-fire. Tujuh penggawa mereka baru-baru ini dipanggil memperkuat Timnas Ukraina di ajang UEFA Nations League. Di ajang Eropa sendiri, Ukraina sedang tampil bagus-bagusnya di bawah asuhan Andriy Shevchenko. 

  • Tundukkan Plzen Secara Dramatis

AZ Alkmaar berhasil melaju ke babak ketiga kualifikasi Liga Champions usai menyingkirkan Viktoria Plzen (Republik Ceko), dengan skor 3-1, di babak kedua. Kemenangan Alkmaar tersebut datang dengan cara yang sangat dramatis.

Setelah kebobolan gol David Limbersky pada menit ke-78, Alkmaar seolah hampir pasti tersingkir. Namun, pada menit kelima injury time babak kedua, mereka mendapatkan penalti yang dieksekusi dengan baik oleh sang kapten, Teun Koopmeiners. Laga pun dilanjutkan hingga perpanjangan waktu.

Di sini, Alkmaar yang unggul momentum usai berhasil menyamakan kedudukan mampu tampil lebih baik. Hasilnya, Albert Gudmundsson menciptakan gol penutup kemenangan mereka pada menit ke-98 dan 118.

AZ Alkmaar sendiri kembali mencicipi Liga Champions setelah musim lalu tampil sebagai runner-up Eredivisie Belanda. Tim asuhan Arne Slot mengoleksi poin yang sama dengan Ajax Amsterdam di puncak klasemen meski kalah selisih gol.

  • Tetap Penuh Potensi

AZ adalah salah satu tim kontestan kualifikasi yang dibanjiri bakat potensial. Pada musim lalu, mereka benar-benar bertumpu kepada pemain muda asli akademi. Salah satu pemain pilar terbaik AZ ialah Teun Koopmeiners, kapten tim berusia 22 tahun yang musim lalu tak pernah absen satu kali pun.

Koopmeiners bisa bermain di banyak posisi; entah itu di belakang ataupun tengah. Ia tak canggung ketika harus ditandemkan dengan bek senior timnya, Ron Vlaar. Ketika main di posisi gelandang, ia bisa tampil sebagai pemutus serangan lawan sekaligus membantu serangan. Buktinya, Koopmeiners mencetak sembilan gol di Eredivisie 2019/20.

Koopmeiners bahkan menjadi sosok krusial, dimana kepemimpinannya saat melawan Viktoria Plzen begitu terasa. Eksekusi penaltinya pada menit ke-90+5 begitu tenang dan dingin sehingga moral rekan setimnya pun ikut terangkat.

Tak sampai di situ, lini depan AZ begitu tajam dengan adanya Myron Boadu (19 tahun) dan Calvin Stengs (21 tahun). Usia tak jadi halangan, mengingat keduanya menyumbang total 30 gol AZ di semua kompetisi musim lalu. Kombinasi kecepatan dua pemain ini benar-benar merepotkan seluruh lawannya.

  • Keuntungan Untuk Tuan Rumah

Berdasrkan data agen judi online Dynamo Kyiv sedikit lebih diunggulkan untuk memenangkan laga yang hanya digelar satu leg ini. Selain diuntungkan dengan tampil di kandang sendiri, tim asal Ukraina tersebut punya rekor apik atas AZ Alkmaar. Dynamo dua kali mengalahkan AZ di fase grup Liga Europa 2010/11; baik tandang maupun kandang.

Akan tetapi, kemenangan Dynamo Kyiv tampaknya tidak akan mudah. Mereka harus tetap solid sepanjang 90 menit dan tak boleh kecolongan pada menit-menit akhir. Pasalnya, AZ menunjukkan bahwa semangat juang dan stamina mereka tak mengendur; seperti dalam laga melawan Plzen.

Baca Juga : Prediksi PAOK vs Benfica 16 September 2020

Perkiraan Susunan Pemain Dynamo Kyiv vs AZ Alkmaar :

(Dynamo Kyiv) : H. Bushchan; D. Popov, V. Mykolenko, O. Tymchyk, M. Burda, S. Sydorchuk, V. Shepelev, H. Tsitaishvili, V. Tsygankov, Fran Sol, G. Rodrigues,

Manager : M. Lucescu.

(AZ Alkmaar) : M. Bizot; J. Svensson, R. Vlaar, T. Letschert, R. Leeuwin, F. Midtsjø, D. de Wit, J. Clasie, M. Taabouni, C. Stengs, O. Idrissi.

Manager : A. Slot.

Berikut Statistik Kedua Tim Di Bawah Ini :
  • H2H Dynamo Kyiv vs AZ Alkmaar
05/11/10UELDynamo Kyiv2-0AZ Alkmaar
22/10/10UELAZ Alkmaar1-2Dynamo Kyiv
  • 5 Laga Terakhir Dynamo Kyiv
05/09/20CLFKolos Kovalivka0-1Dynamo Kyiv
26/08/20SUCShakhtar Donetsk1-3Dynamo Kyiv
21/08/20PRLOlimpik Donetsk1-4Dynamo Kyiv
15/08/20CLFDynamo Kyiv5-1Polessya
11/08/20CLFDynamo Kyiv1-4Desna
  • 5 Laga Terakhir AZ Alkmaar
03/09/20CLFAZ Alkmaar1-1Gent
29/08/20CLFADO Den Haag1-0AZ Alkmaar
26/08/20UCLAZ AlkmaarE 3-1Viktoria Plzen
15/08/20CLFAZ Alkmaar0-2Monaco
08/08/20CLFAZ Alkmaar2-1Lille

Salam, Debatbola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here