Debatbola.com – Ada pertemuan yang menarik pada pertandingan lanjutan Grup I Piala Eropa 2020. Yaitu antara tuan rumah Cyprus vs Belgia di Stadion Neo GSP, Senin (25/3) dini hari nanti. Mengapa menarik? Karena di satu sisi Belgia adalah kesebelasan negara generasi emas yang sedang naik daun.

Generasi emas negara itu yang menjadi ancaman baru di kancah sepakbola internasional. Pertandingan sebelumnya pun Belgia berhasil menggasak Rusia dengan skor 3-1.

Sementara sisi lain Cyprus bukanlah kesebelasan negara besar atau bergenerasi emas seperti Belgia. Kemenangan pun jarang diraih Cyprus. Lima laga terakhir UEFA Nations League pun berakhir tanpa kemenangan.

Tapi yang menarik adalah partai perdana Kualifikasi EURO 2020, Cyprus berhasil membantai tamunya, San Marino, dengan skor 5-0. Inilah yang menarik karena bisa saja Cyprus bukan tidak mungkin mengejutkan Belgia pada laga nanti.

CyprusMelalui formasi 4-4-2, serangan Cyprus mengandalkan sayap, terutama sisi kanan yang dijelajahi Anthony Georgiou. Sayap kiri mereka yang diperankan Giorgos Efrem juga tidak kalah bahaya karena turut menyumbangkan satu gol saat membantai Marino.

Jangan lupa pergerakan Pieros Sotiriou yang perlu diperhatikan di dalam kotak penalti. Dua gol yang dicetak pada laga sebelumnya memang melalui eksekusi penalti, namun pergerakannya ketika menguasai bola perlu diwaspadai.

Baca Juga : Prediksi Skor Polandia vs Latvia 25 Maret 2019

Cyprus pun sebetulnya punya pemain muda berbakat di bangku cadangan bernama Grigoris Kastanos. Hanya saja ia belum dimainkan pada laga sebelumnya. Tapi dengan satu gol dari 19 pertandingan bersama Cyprus, cukup membuktikan bahwa ia adalah gelandang masa depan kesebelasan negara tersebut.

Mereka semua akan meladeni permainan Belgia yang menyerang sejak menit awal, sehingga memaksa lawannya bermain bertahan dan cuma mengandalkan serangan balik. Inisiasi itu juga yang membuat Belgia sering menguasai penguasaan bola dan mengurung pertahanan lawan di setiap pertandingannya.

Jika pun kondisi pertandingan nanti seperti itu, maka Cyprus harus benar-benar efektif memanfaatkan peluang. Salah satu caranya adalah memanfaatkan kesalahan Belgia yang masih terjadi saat mengoper bola. Sebab Belgia biasanya menurunkan intensitas serangannya setelah kebobolan sampai mereka mencetak gol kembali.

Timnas Belgia

Apalagi Belgia penyerang Belgia pintar menempatkan posisi di dalam kotak penalti lawan. Soal penyerang, Belgia nampaknya masih akan mempercayai Michy Batshuayi karena Romelu Lukaku masih cedera.

Selain Lukaku, Axel Witsel, Kevin De Bruyne, Thomas Meunier dan Vincent Kompany juga dibekap cedera. Kendati demikian, Belgia memiliki stok pemain pelapis dan muda melimpah di skuatnya.

Pelapis atau pemuda di skuat Belgia juga memiliki kualitas yagn tak jauh berbeda dengan pemain utama. Sementara salah satu pemain muda yang diberikan debutan adalah Timothy Castagnea pada laga sebelumnya.

Baca Juga : Prediksi Skor Belanda vs Jerman 25 Maret 2019

“Kami memiliki banyak pemain baru dengan pengalaman yang lebih sedikit ketimbang biasnya. Tapi bisa terlihat mereka telah berkembang secara perlahan,” tutur Roberto Martinez, seperti dikutip dari RTBF.

Tapi Eden Hazard jelas pemain yang paling wajib diwaspadai Cyprus. Ia baru mencetak dua gol pada laga sebelumnya. “Sangat menyenangkan melihat performa Eden. Saya juga meraskaan upaya ketika kehilangan bola dan berusaha untuk mengorganisir tim. Sebagai tim, kami juga sudah bekerja dengan baik,” kata Martinez kepada RTBF.

Faktor-faktor itulah yang membuat Belgia memiliki kesempatan mendapat poin penuh pada laga nanti. Meski Cyprus siap memberikan kejutan, namun diperkirakan bahwa pertandingan akan berakhir dengan skor 0 – 2 untuk kemenangan Belgia.

Perkiraan Susunan Pemain Cyprus vs Belgia :

(Cyprus) : Panayi; Merkis, Sielis, Laifis, Ioannou, Kousoulos, Avraam, Kyriakou, Artymatas, Kastanos, Zachariou

Manager : Ran Ben Shimon.

(Belgia) : Courtois; Kompany, Alderweireld, Meunier, Boyata, Witsel, Chadli, Tielemans, Hazard, Mertens, Batshuayi.

Manager : Roberto Martinez.

Berikut Statistik Kedua Tim Di Bawah Ini :
  • H2H Cyprus vs Belgia
11/10/17 WQE Belgia 4-0 Cyprus
07/09/16 WQE Cyprus 0-3 Belgia
07/09/15 ECQ Cyprus 0-1 Belgia
29/03/15 ECQ Belgia 5-0 Cyprus
03/02/99 FRI Cyprus 0-1 Belgia
  • 5 Laga Terakhir Cyprus
22/03/19 ECQ Cyprus 5-0 San Marino
20/11/18 UNL Cyprus 0-2 Norwegia
17/11/18 UNL Cyprus 1-1 Bulgaria
17/10/18 UNL Slovenia 1-1 Cyprus
14/10/18 UNL Bulgaria 2-1 Cyprus
  • 5 Laga Terakhir Belgia
22/03/19 ECQ Belgia 3-1 Rusia
19/11/18 UNL Swiss 5-2 Belgia
16/11/18 UNL Belgia 2-0 Islandia
17/10/18 FRI Belgia 1-1 Belanda
13/10/18 UNL Belgia 2-1 Swiss

Salam, DebatBola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here