Prediksi Chelsea vs Newcastle United: Belum Bisa Menang Telak

0
190
Prediksi Chelsea vs Newcastle United 16 Februari 2021

Debatbola.comChelsea akan menjamu Newcastle United pada pekan ke-24 Premier League 2020/21, Selasa (16/2/21), di Stamford Bridge. Tim tuan rumah jelas difavoritkan untuk meraih kemenangan dalam laga nanti; meski besar kemungkinan hanya dengan skor tipis.

  • Menunggu Dampak Positif Tuchel

Chelsea belum lama ini menunjuk Thomas Tuchel sebagai pengganti Frank Lampard. Nama yang disebut terakhir didepak usai The Blues banyak berkutat dengan hasil buruk; bahkan tak pernah menang melawan tim enam besar.

Dampak positif penunjukan Tuchel sebenarnya sudah langsung terlihat. The Blues langsung tampil dengan wajah baru, yakni skema 3-4-2-1. Dengan duet Jorginho dan Mateo Kovacic di lini tengah, The Blues menjadi sangat dominan kala menjamu Wolverhampton (0-0), Burnley (2-0), Tottenham (1-0), dan Sheffield United (2-1) di empat laga terakhir.

Hanya saja, efektivitas finishing Chelsea masih rendah. Lima gol terakhir mereka diciptakan oleh pemain non-striker, yakni Cesar Azpilicueta, Marcos Alonso, Jorginho, dan Mason Mount; dari skema serangan sayap dan penalti. Seluruh penyerang yang dicoba bongkar pasang masih belum beradaptasi dengan baik dengan set-play Tuchel.

Kehadiran Tuchel sendiri sepertinya bakal membawa dampak positif. Sepanjang kariernya, pelatih asal Jerman tersebut identik dengan hasil cemerlang pada awal kepemimpinannya di tim-tim sebelumnya. Buktinya, saat ini saja, ia langsung membawa The Blues naik ke posisi enam klasemen sementara.

Prediksi Chelsea vs Newcastle United 16 Februari 2021
Sumber : https://i.eurosport.com/2020/11/29/2946316-60482288-2560-1440.jpg
  • Butuh Waktu Untuk Benahi Produktivitas

Produktivitas Chelsea belakangan ini masih bergantung kepada Olivier Giroud atau Tammy Abraham. Performa Kai Havertz, Christian Pulisic, dan Timo Werner masih sangat jauh dari harapan. Werner, yang didatangkan untuk mengisi posisi terdepan, tampil paling mengecewakan karena belum mencetak gol di 17 laga terakhir.

Untuk mengoptimalkan potensi ketajaman, Tuchel sepertinya membutuhkan dua atau tiga pekan lagi; sembari menemukan skema paling cocok untuk memainkan Havertz, Werner, Ziyech, atau Pulisic sekaligus.

Adapun tahap adaptasi Chelsea masih berjalan karena pelatih sebelumnya, Frank Lampard, tak menerapkan set-play. Tuchel diketahui memperbaiki kualitas bertahan terlebih dahulu; dan kemudian membenahi lini depannya. 

Sisi positifnya, moral skuat Chelsea terlihat sangat meningkat. Tuchel diketahui ialah pelatih yang bisa berkomunikasi dengan banyak bahasa; dan ini berguna karena skuat Chelsea berasal dari berbagai negara Eropa. Hal ini pun bisa membuat proses adaptasinya berjalan dengan lebih cepat.

  • Akhirnya Hirup Nafas Lega

Newcastle United masih berada dalam performa negatifnya. Tim asuhan Steve Bruce hanya dua kali menang dalam 12 laga terakhir (W1, D3, L7); dimana kekalahan paling memalukan terjadi pada enam laga yang lalu; saat bertemu tim posisi terbawah klasemen sementara, Sheffield United (0-1).

Adapun kemenangan terakhir The Magpies terjadi dalam tiga pekan terakhir; yakni ketika bertemu Everton (2-0) dan Southampton (3-2). Dua kemenangan tersebut didatakan usai berhasil unggul terlebih dahulu.

Dalam kedua hasil positif di atas, Newcastle tampak cukup aktif menyerang dengan skema 4-3-1-2. Skema tersebut membuat The Magpies cukup solid kala naik dan turun bertahan. Setidaknya, formasi tersebut bisa kembali menjadi harapan poin di laga nanti.

Perolehan poin Newcastle United musim ini sendiri sangat bergantung kepada bagaimana performa bertahannya. Newcastle tak boleh kebobolan 3+ gol; mengingat mereka selalu kalah ketika terjadi hal tersebut (Manchester United, 1-4; Brighton, 0-3; Leeds United, 2-5; Arsenal, 0-3).

Jika tertinggal duluan pun, mereka tak pernah berada di situasi yang bagus. Kekalahan dari Aston Villa dan Leeds dalam sebulan terakhir terjadi usai tertinggal di pertengahan babak pertama. Ini membuat mereka tak kunjung merebut momentum dan harus rela pulang dengan tangan hampa.

Sayangnya, The Magpies sendiri bagaikan mesin diesel, yang cenderung lambat di awal kemudian baru memanas jelang penghujung laga. Lebih dari 70% gol mereka musim ini tercipta di 45 menit kedua. 

Saat menekuk Everton poker online mencatat, mereka mencetak dua golnya di babak kedua; dan kemenangan Newcastle semacam itu memang tercipta beberapa kali sepanjang musim ini. Jika nanti kedudukan masih imbang hingga memasuki penghujung laga, peluang poin Newcastle sepertinya bakal lebih besar.

Sumber : https://ligalaga.id/wp-content/uploads/2020/10/Newcastle-United.jpg
  • Menang Tipis Lagi?

Chelsea diprediksi bisa meraih kemenangan atas Newcastle United; besar kemungkinan dengan skor tipis. Sejauh ini, The Blues benar-benar tampil solid berkat pembenahan struktur bertahannya, meski belum menemukan ketajamannya.

Baca Juga : Prediksi Cádiz vs Athletic Bilbao 16 Februari 2021

Perkiraan Susunan Pemain Chelsea vs Newcastle United :

(Chelsea) : Kepa; Marcos Alonso, K. Zouma, Emerson, A. Christensen, N. Kanté, H. Ziyech, C. Pulisic, B. Gilmour, T. Abraham, C. Hudson-Odoi.

Manager : T. Tuchel.

(Newcastle United) : K. Darlow; F. Schär, Javi Manquillo, J. Lewis, J. Shelvey, J. Hendrick, I. Hayden, M. Almirón, A. Saint-Maximin, J. Willock, C. Wilson.

Manager : S. Bruce.

Berikut Statistik Kedua Tim Di Bawah Ini :
  • H2H Chelsea vs Newcastle United
21/11/20PRLNewcastle United0-2Chelsea
19/01/20PRLNewcastle United1-0Chelsea
19/10/19PRLChelsea1-0Newcastle United
13/01/19PRLChelsea2-1Newcastle United
26/08/18PRLNewcastle United1-2Chelsea
  • 5 Laga Terakhir Chelsea
12/02/21FACBarnsley0-1Chelsea
08/02/21PRLSheffield United1-2Chelsea
05/02/21PRLTottenham Hotspur0-1Chelsea
31/01/21PRLChelsea2-0Burnley
28/01/21PRLChelsea0-0Wolverhampton
  • 5 Laga Terakhir Newcastle United
06/02/21PRLNewcastle United3-2Southampton
03/02/21PRLNewcastle United1-2Crystal Palace
30/01/21PRLEverton0-2Newcastle United
27/01/21PRLNewcastle United1-2Leeds United
24/01/21PRLAston Villa2-0Newcastle United

Salam, Debatbola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here