Prediksi Chelsea vs Atletico Madrid: Siap Jaga Kehormatan Inggris di Eropa

0
367
Prediksi Chelsea vs Atletico Madrid 18 Maret 2021

Debatbola.comChelsea akan menjamu Atletico Madrid pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2020/21, Kamis (18/3/21), di Stamford Bridge. Tim tuan rumah diprediksi bisa menjaga keunggulan agregatnya, terutama jika melihat solidnya mereka dalam bertahan.

  • Makin Sulit Dikalahkan

Chelsea belum lama ini menunjuk Thomas Tuchel sebagai pengganti Frank Lampard. Nama yang disebut terakhir didepak usai The Blues banyak berkutat dengan hasil buruk, bahkan tak pernah menang melawan tim enam besar.

Dampak positif penunjukan Tuchel sebenarnya sudah langsung terlihat. Chelsea langsung tampil dengan taktik baru, yakni 3-4-2-1. Dengan duet Jorginho dan Mateo Kovacic di lini tengah, The Blues belum terkalahkan di 10 laga terakhir (W6, D4).

The Blues bahkan meraih hasil yang sangat impresif pada tiga pekan lalu, yakni ketika bertemu Liverpool (1-0) di Anfield. Hasil tersebut mengangkat mereka ke posisi empat klasemen sementara; dan menempel ketat dua besar.

Tak hanya itu, Chelsea pun sudah mengantongi keunggulan agregat 1-0 berkat gol indah Olivier Giroud di Wanda Metropolitano. Jika bisa memaksa Atletico kembali bertahan, Jorginho dkk. punya peluang yang sangat bagus untuk lolos.

Prediksi Chelsea vs Atletico Madrid 18 Maret 2021
Sumber : https://asset.kompas.com/crops/yVEkRI9sTLq96vtOxMePR93b_KE=/98x
  • Butuh Waktu Benahi Produktivitas

Meskipun belum terkalahkan, efektivitas Chelsea di depan gawang lawan masih rendah. Delapan dari 11 gol terakhir diciptakan oleh non-striker, yakni Cesar Azpilicueta, Marcos Alonso, Jorginho, dan Mason Mount; dari skema serangan sayap dan penalti. 

Seluruh penyerang yang dicoba bongkar pasang masih belum optimal di bawah set-play Tuchel. Ketajaman Chelsea belakangan ini masih bergantung kepada Olivier Giroud; sebagaimana striker asal Prancis itu jadi pahlawan kemenangan di leg pertama. 

Untuk mengoptimalkan potensi ketajamannya, Tuchel sepertinya membutuhkan beberapa pekan lagi, sembari menemukan skema paling cocok untuk memainkan Havertz, Werner, Ziyech, dan Pulisic sekaligus. Keempat nama terakhir tak bisa berbuat banyak dalam laga terakhir melawan Leeds United (0-0).

Tahap adaptasi Chelsea sendiri tak berjalan cepat karena pelatih sebelumnya, Frank Lampard, tak menerapkan attacking set-play. Tuchel diketahui memperbaiki kualitas bertahan terlebih dahulu, dan baru membenahi lini depan ketika semuanya sudah lebih stabil. 

Sisi positifnya, moral dan chemistry skuat Chelsea semakin meningkat, sehingga tak perlu heran apabila nanti adaptasinya dengan skema Tuchel bisa berjalan cepat. Tuchel sendiri adalah pelatih yang bisa berkomunikasi dengan banyak Bahasa, dan ini amat berguna karena skuat Chelsea berasal dari berbagai negara Eropa. 

  • Atleti Mulai Rasakan Sinyal Bahaya

Atletico Madrid sebenarnya masih punya rekor yang cukup fantastis, yakni hanya tiga kali kalah dalam 44 laga LaLiga terakhir. Dalam laga terakhir, mereka bermain imbang dengan Getafe dengan skor 0-0.

Meski punya rekor fantastis, Atleti saat ini hanya tinggal unggul enam poin atas Real Madrid di posisi kedua. Jarak yang semakin menipis ini salah satunya diakibatkan karena hasil minor sepanjang sebulan terakhir, khususnya ketika dua kali gagal menekuk Levante (1-1, 0-2).

Sinyal bahaya jelas sangat terasa, terutama jika Diego Simeone tak sigap merespons semua yang terjadi belakangan ini. Kepemimpinan El Cholo sangat dibutuhkan, mengingat saat ini adalah peluang terbaik Los Rojiblancos memenangkan liga usai tiga musim terakhir tampil melempem.

Lebih dari itu, Los Rojiblancos tengah tertinggal agregat dari Chelsea; akibat penerapan taktik yang keliru. Pada leg pertama, Atleti seharusnya berani menekan karena bermain di kandang sendiri. Ironisnya, Simeone malah memutuskan untuk bermain ultra-defensif dengan sembilan pemain bertahan.

Sudah jelas, Atleti mau tak mau harus menyerang untuk bisa lolos. Atleti bisa mengganti skemanya dari 4-4-2 menjadi 3-5-2. Dengan skema 3-5-2, Atleti akan punya enam pilar sekaligus yang memenuhi area tengah, half-space, dan sisi sayap ketika menyerang. 

Dengan perubahan tersebut, variasi umpan dan skenario serangannya jadi lebih banyak. Tumpuan Atleti untuk mencetak gol pun tak lagi bergantung kepada Luis Suarez dan Joao Felix saja, tetapi juga Saul Niguez yang ada di posisi gelandang serang. 

Sayangnya, demi bisa menang, ada dua pekerjaan besar yang tak boleh terlewat. Pertama, efektivitas Atleti harus dioptimalkan lagi. Lima pekan lalu, mereka kalah dari Levante meski mencetak 28 shots (11 on target). Dengan penciptaan peluang sebanyak itu, Atletico seharusnya berkesempatan mencetak lebih dari satu gol.

Kedua, performa Geoffrey Kondogbia dan Koke di posisi gelandang bertahan tak boleh lengah sedikit pun. Performa buruk keduanya bisa menyebabkan Atleti kembali takluk; dan sialnya Los Rojiblancos tak punya banyak pilihan untuk mengganti keduanya akibat materi skuat yang tipis.

Prediksi Chelsea vs Atletico Madrid 18 Maret 2021
Sumber : https://i.guim.co.uk/img/media/e716f3ff3e954b9fdaade003d4b9
  • The Blues Jaga Keunggulan

Chelsea diprediksi situs judi slot terbaru bisa menjaga keunggulan agregatnya dan lolos ke babak delapan besar. Performa solid The Blues di bawah Thomas Tuchel belum menunjukkan tanda-tanda penurunan; malah semakin kuat. Jika sulit mencetak gol pun, cara bertahan Chelsea belakangan ini diyakini sudah cukup untuk bisa meredam Atletico Madrid.

Baca Juga : Prediksi Shakhtar Donetsk vs AS Roma 19 Maret 2021

Perkiraan Susunan Pemain Chelsea vs Atletico Madrid :

(Chelsea) : E. Mendy; Azpilicueta, Marcos Alonso, K. Zouma, A. Christensen, R. James, M. Kovačić, Jorginho, K. Havertz, T. Werner, C. Hudson-Odoi.

Manager : T. Tuchel.

(Atletico Madrid) : J. Oblak; S. Savić, K. Trippier, Felipe, Hermoso, Koke, Y. Carrasco, T. Lemar, Llorente, L. Suárez, João Félix.

Manager : D. Simeone.

Berikut Statistik Kedua Tim Di Bawah Ini :
  • H2H Chelsea vs Atletico Madrid
24/02/21UCLAtletico Madrid0-1Chelsea
06/12/17UCLChelsea1-1Atletico Madrid
28/09/17UCLAtletico Madrid1-2Chelsea
01/05/14UCLChelsea1-3Atletico Madrid
23/04/14UCLAtletico Madrid0-0Chelsea
  • 5 Laga Terakhir Chelsea
13/03/21PRLLeeds United0-0Chelsea
09/03/21PRLChelsea2-0Everton
05/03/21PRLLiverpool0-1Chelsea
28/02/21PRLChelsea0-0Manchester United
24/02/21UCLAtletico Madrid0-1Chelsea
  • 5 Laga Terakhir Atletico Madrid
14/03/21LALGetafe0-0Atletico Madrid
11/03/21LALAtletico Madrid2-1Athletic Club
07/03/21LALAtletico Madrid1-1Real Madrid
01/03/21LALVillarreal0-2Atletico Madrid
24/02/21UCLAtletico Madrid0-1Chelsea

Salam, Debatbola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here