Prediksi Brighton vs Southampton : Peluang Soton Untuk Kembali Bangkit

0
382
Prediksi Brighton vs Southampton 8 Desember 2020

Debatbola.comBrighton akan menjamu Southampton pada pekan ke-11 Premier League 2020/21, Selasa (8/12/20), di American Express Stadium. Tim tamu lebih difavoritkan untuk memenangkan laga ini, terlebih jika melihat efektivitas pressing dan finishing-nya sejauh ini.

  • Masih Berkutat di Papan Bawah

Performa Brighton di pembuka Premier League musim ini masih hampir sama seperti yang lalu. Mereka lebih sering tampil buruk, sehingga hanya mengoleksi sepuluh poin dari 11 pertandingan sejauh ini (W2, D4, L4). Rentetan hasil minor ini membuat mereka masih tertahan di peringkat ke-16. 

Jika dibandingkan dengan musim lalu, Brighton sebenarnya lebih berkembang dari segi ketajaman. The Seagulls telah mencetak 14 gol (rataan 1,27 gol per laga); berbeda jauh dengan musim lalu yang rataannya cuma 1 gol per laga. Tetapi, performa buruk di lini bertahan (kebobolan 16 gol) membuat mereka lebih sering gagal menang.

Laga kandang ini pun belum tentu bisa jadi harapan. Pasalnya, kemenangan mereka sejauh ini tercipta di laga tandang; dan ini terjadi dua pekan lalu saat berhasil menekuk Aston Villa di Villa Park (2-1). Dalam laga terakhir, Brighton bahkan sukses menahan imbang sang juara bertahan, Liverpool, dengan skor 1-1.

Brighton bahkan sebenarnya bisa saja mengalahkan Liverpool andai saja sepakan penalti Neal Maupay di babak pertama tidak melenceng. Tetapi, tetap saja, satu poin melawan The Reds tersebut menunjukkan bahwa mereka punya determinasi yang sangat tinggi kala tampil di American Express Stadium.

Determinasi tinggi itu jugalah yang bakal menjadi senjata utama Brighton untuk menekuk Southampton di laga nanti. Tim asuhan Graham Potter tentu bakal mencoba menekan sejak menit awal; bahkan berpeluang meraih kemenangan jika bisa unggul terlebih dahulu.

Prediksi Brighton vs Southampton 8 Desember 2020

  • Tren Positif yang Masih Berlanjut

Penampilan Southampton belakangan ini mulai meningkat. Mereka menunjukkan potensi yang menarik; hanya sekali kalah dalam delapan laga terakhir (W5, D2, L1). Menariknya, empat kemenangan di antaranya berakhir dengan clean sheet (Everton, 2-0; West Bromwich Albion, 2-0; Burnley, 1-0; Newcastle United, 2-0).

Satu-satunya kekalahan Soton terjadi pada pekan lalu, yakni kala menjamu Manchester United di kandang sendiri. Mereka bahkan sempat unggul dua gol di babak pertama. Namun, pergantian taktik yang dilakukan United membuat serangan mereka tak efektif, dipaksa turun, hingga kebobolan tiga gol.

Penampilan apik Soton sebenarnya sudah diekspektasikan, bahkan sejak akhir musim lalu. Salah satu kekuatan terbesar mereka adalah kualitas penguasaan bola. Salah satu laga dimana The Saints tampil dengan dominasi tinggi terjadi saat melawan Crystal Palace; dengan mencatatkan 71% ball possession.

Kuatnya retensi bola itu terbangun berkat solidnya skema 4-2-2-2 ala Ralph Hassenhuttl. Selain jarak pemainnya berdekatan, The Saints bisa lebih efektif dalam melancarkan pressing; entah itu di tengah, half-space, atau sisi sayap pertahanan sang lawan. 

  • Ketajaman dari Segala Situasi

Salah satu aspek kekuatan Southampton terletak pada ketajamannya. Mereka sangat fleksibel dalam berbagai macam situasi; dengan gol lewat set-piece, duel udara di kotak penalti, atau open-play lewat umpan terobosan.

Kemenangan Soton atas Aston Villa (4-3) beberapa pekan lalu semakin menimbulkan impresi yang sangat baik. Keempat gol Soton tercipta lewat empat situasi berbeda. Tak hanya kuat lewat duet Danny Ings dan Che Adams di depan, The Saints berbahaya juga ketika mendapatkan free-kick berkat kehadiran James Ward-Prowse.

Ralph Hassenhuttl pun sangat berani mengambil risiko di fase kritis. Saat berada dalam situasi tertinggal dari Chelsea sebulan lalu misalnya, ia menginstruksikan kedua beknya untuk naik ke kotak penalti lawan pada injury time. Hasilnya, Jannik Vestergaard mencetak gol penyama kedudukan di menit ke-90+3 sekaligus memastikan satu poin (3-3).

Dengan apa yang diperlihatkan di atas menurut judi bola online, Soton seharusnya tak akan kesulitan menciptakan banyak peluang di laga nanti. Jika agresivitasnya membuahkan keunggulan pada menit-menit awal, mereka berpotensi meraih tambahan poin dan menjaga posisi lima klasemen sementara.

  • Soton Lebih Efektif?

Southampton tetap diunggulkan untuk keluar sebagai pemenang. Soton sepertinya bakal lebih tajam dan melancarkan pressing yang lebih efektif ketimbang Brighton; dan inilah aspek yang akan sangat menentukan hasil laga nanti. 

Baca Juga : Prediksi Eibar vs Valencia 8 Desember 2020

Perkiraan Susunan Pemain Brighton vs Southampton :

(Brighton) : M. Ryan; A. Webster, J. Veltman, L. Dunk, B. White, P. Groß, S. March, Y. Bissouma, D. Welbeck, N. Maupay, A. Connolly.

Manager : G. Potter.

(Southampton) : A. McCarthy; R. Bertrand, J. Vestergaard, J. Bednarek, K. Walker-Peters, Oriol Romeu, S. Armstrong, J. Ward-Prowse, M. Djenepo, T. Walcott, C. Adams.

Manager : R. Hasenhüttl.

Berikut Statistik Kedua Tim Di Bawah Ini :
  • H2H Brighton vs Southampton
17/07/20PRLSouthampton1-1Brighton
24/08/19PRLBrighton0-2Southampton
30/03/19PRLBrighton0-1Southampton
18/09/18PRLSouthampton2-2Brighton
29/08/18LECBrighton0-1Southampton
  • 5 Laga Terakhir Brighton
28/11/20PRLBrighton1-1Liverpool
21/11/20PRLAston Villa1-2Brighton
07/11/20PRLBrighton0-0Burnley
02/11/20PRLTottenham Hotspur2-1Brighton
27/10/20PRLBrighton1-1West Bromwich Albion
  • 5 Laga Terakhir Southampton
29/11/20PRLSouthampton2-3Manchester United
24/11/20PRLWolverhampton Wanderers1-1Southampton
07/11/20PRLSouthampton2-0Newcastle United
01/11/20PRLAston Villa3-4Southampton
25/10/20PRLSouthampton2-0Everton

Salam, Debatbola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here