Prediksi Borussia Dortmund vs Sparta Rotterdam 7 September 2020

Debatbola.comBorussia Dortmund akan menghadapi Sparta Rotterdam dalam ajang uji coba pramusim 2020/21, Senin (7/9/20), di Fussballpark BVB Hohenbuschei. Setelah kalah dari Bochum di uji coba sebelumnya, Dortmund diperkirakan bisa tampil lebih baik dan menargetkan kemenangan.

  • Uji Coba Terakhir

Ini bakal menjadi laga uji coba keenam Borussia Dortmund, sekaligus yang terakhir, di ajang pramusim. Dalam tiga laga pertama, tim asuhan Lucien Favre berhasil mengalahkan lawan-lawannya dengan skor fantastis (vs Altach, 6-0; vs Austria Wien, 11-2; vs Duisburg, 5-1).

Namun, dalam laga keempat dan kelimanya, Dortmund ternyata kepayahan ketika bertemu tim sepadan yang bisa bermain agresif. Mereka takluk dari salah satu raksasa Belanda, Feyenoord Rotterdam, dengan skor 3-1, serta dari tim kasta kedua Bundesliga Jerman, Bochum (1-2). 

Kekalahan di dua laga terakhir masih menunjukkan sisi inkonsistensi Dortmund. Mereka masih belum lepas dari kesalahan koordinasi di lini belakang; yang membuat musim lalu kerap gagal mengamankan kemenangan.

Kedalaman skuat Dortmund juga belum memadai. Saat dikalahkan Bochum, Dortmund yang menurunkan banyak pemain mudanya sejak menit awal tampil kurang maksimal. Mereka bahkan kebobolan tiga gol dalam 46 menit pertama.

  • Pemantapan Taktik Alternatif

Salah satu kelemahan Borussia Dortmund pada musim lalu ialah melempem di depan. Dalam beberapa laga, Black-Yellow seolah tak mengancam sama sekali meski unggul penguasaan bola. Pasalnya, distribusi umpan ke lini depan sangat minim.

Keterbatasan itu biasanya diakibatkan penampilan buruk Jadon Sancho dan Thorgan Hazard. Kualitas umpan Sancho terkadang masih sangat berantakan serta terlalu banyak kehilangan bola. Sedangkan, umpan Hazard di sepertiga area pertahanan lawan beberapa kali juga kurang kreatif. 

Lucien Favre tampaknya perlu mencari alternatif taktik yang bisa digunakan ketika lawan bisa menutup akses umpan. Salah satu yang bisa dilakukan ialah menerapkan skema baru yang mengakomodasi lebih banyak gelandang serang.

Sisi positifnya, bermain dengan skema baru itu sudah diterapkan saat kalah dari Bochum. Alih-alih tampil dengan 4-2-3-1, Favre menurunkan formasi 4-3-3 yang bisa menambah satu gelandang serang di lini kedua. Boleh jadi, laga melawan Sparta nanti bakal menjadi pemantapan skema baru tersebut jelang dimulainya Bundesliga 2020/21.

  • Persiapan Jelang Hadapi Ajax

Sparta Rotterdam juga akan menjalani laga uji coba terakhirnya jelang Eredivisie 2020/21. Sejauh ini, hasil uji coba tim asuhan Henk Fraser sama sekali belum memuaskan (vs Feyenoord, 0-3; vs Telstar, 0-0; vs NAC, 1-1; vs RKC, 1-1).

Laga uji coba melawan Borussia Dortmund ini bisa menjadi ‘shock therapy’. Pasalnya, dalam laga pembuka Eredivisie 2020/21 mendatang, Sparta akan menghadapi sang juara bertahan, Ajax Amsterdam, yang punya lini depan cepat dan tajam seperti Dortmund. Persiapan ini dinilai akan sangat bagus untuk memantapkan cara bertahan mereka.

Jika dilihat dari dua pertemuan melawan Ajax musim lalu menurut situs judi online, Sparta tak pernah menguasai bola lebih dari 35%. Namun, dalam laga terakhir, mereka begitu mengancam lewat serangan balik cepat. Sparta mampu mencatatkan tujuh shots on target dari 19 tembakan meski akhirnya kalah 1-2.

Laga uji coba nanti sepertinya juga akan menghadirkan situasi serupa; yang mana mudah saja bagi Dortmund untuk menguasai bola. Di sini, efektivitas serangan balik dan finishing Sparta akan diuji. Jika banyak melepas shot on target, mereka diyakini akan mencetak gol.

  • Belajar dari Kekalahan

Meski banyak ditinggal pilarnya ke ajang UEFA Nations League, Borussia Dortmund rasanya bisa mengalahkan Sparta Rotterdam. Dortmund diyakini telah belajar dari kekalahan sebelumnya melawan Bochum. Jika turun dengan skema alternatifnya (4-3-3), mereka akan lebih bisa mengatasi berbagai macam situasi yang akan muncul.

Baca Juga : Prediksi Bosnia-Herzegovina vs Polandia 8 September 2020

Perkiraan Susunan Pemain Dortmund vs Sparta Rotterdam:

(Borussia Dortmund) : R. Bürki; Mate Morey, Raphaël Guerreiro, M. Akanji, Ł. Piszczek, T. Delaney, M. Dahoud, J. Bellingham, A. Witsel, E. Håland, M. Reus.

Manager : L. Favre.

(Sparta Rotterdam) : B. van Leer; Jeffry Fortes, M. Heylen, L. Faye, A. Drakpe, L. Duarte, A. Harroui, S. Mijnans, J. Meerstadt, L. Thy, D. Gravenberch.

Manager : H. Fraser.

Berikut Statistik Kedua Tim Di Bawah Ini :
  • H2H Borussia Dortmund vs Sparta Rotterdam

BELUM PERNAH BERTEMU

  • 5 Laga Terakhir Borussia Dortmund
28/08/20 BUN Borussia Dortmund 1-3 Bochum
28/08/20 BUN Borussia Dortmund 1-1 Paderborn
16/08/20 CLF Borussia Dortmund 11-2 Austria Wien
12/08/20 CLF Rheindorf Altach 0-6 Borussia Dortmund
27/06/20 BUN Borussia Dortmund 0-4 Hoffenheim
  • 5 Laga Terakhir Sparta Rotterdam
04/09/20 CLF Sparta Rotterdam 1-1 ADO Den Haag
28/08/20 CLF RKC Waalwijk 1-1 Sparta Rotterdam
22/08/20 CLF Sparta Rotterdam 1-1 NAC Breda
18/08/20 CLF Telstar 0-0 Sparta Rotterdam
09/08/20 CLF Feyenoord 3-0 Sparta Rotterdam

Salam, Debatbola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here