Prediksi Borussia Dortmund vs Lazio : Siapa Pastikan Lolos ke 16 Besar?

0
413
Prediksi Borussia Dortmund vs Lazio 3 Desember 2020

Debatbola.comBorussia Dortmund akan menjamu Lazio dalam laga grup F kelima Liga Champions 2020/21, Kamis (3/12/20), di Signal Iduna Park. Siapa pun pemenang dalam laga ini dipastikan bakal lolos ke babak 16 besar; meski tim tuan rumah sedikit lebih bisa diunggulkan.

  • Kemenangan yang Hampir Selalu Clean Sheet

Borussia Dortmund memperlihatkan catatan sangat menarik sejak awal musim ini. Hampir seluruh kemenangan tim asuhan Lucien Favre, khususnya di ajang Bundesliga, berakhir dengan catatan clean sheet (vs Borussia Monchengladbach, 2-0; vs Freiburg, 4-0; vs Hoffenheim, 2-0; vs Schalke, 3-0; vs Arminia Bielefeld, 2-0).

Khusus ajang Liga Champions, tiga kemenangan mereka atas Zenit St. Petersburg (2-0) dan Club Brugge (3-0, 3-0) juga dilengkapi rekor nirbobol. Meski sempat dipersulit dengan solidnya pertahanan lawan, Der Borussen bisa menemukan sisi lemah lawan dan membenamkannya.

Melihat banyaknya kemenangan clean sheet di atas, performa Dortmund cenderung semakin ganas jika mampu mencetak gol terlebih dahulu. Sejak musim 2015/16 pun, Der Borussen memenangkan lebih dari 85% pertandingan setelah berhasil mencetak gol pembuka.

Hanya saja, ketika gagal clean sheet, Dortmund lebih banyak pulang dengan kekalahan. Ini terjadi saat mereka bertandang ke markas Lazio sebelumnya (1-3); dan pada laga terakhir Bundesliga melawan Koln (1-2). Setelah kebobolan duluan, mereka tampil buruk dan gagal mengimbangi kedudukan. Hal ini tak boleh terulang jika Dortmund ingin balas dendam.

Satu-satunya kemenangan ‘tanpa clean sheet’ Dortmund terjadi pada dua pekan lalu, yakni kala membantai Hertha Berlin, 5-2. Bagaikan sebuah anomali, mereka tetap tampil ciamik meski tertinggal terlebih dahulu. Ketika itu, Der Borussen mampu mengeksploitasi ruang antarlini pertahanan lawan dan unjuk efektivitasnya.

Prediksi Borussia Dortmund vs Lazio 3 Desember 2020

  • Bisa Akomodir Banyak Situasi

Perkembangan kekuatan Borussia Dortmund musim ini hadir berkat fleksibilitas taktik yang diperlihatkan Lucien Favre. Selain 4-2-3-1, skema alternatif seperti 4-3-3, 3-1-4-2, dan 3-4-3 sudah diterapkan. Tiga skema baru itu membuat Favre bisa mengakomodir lebih banyak gelandang serang, khususnya untuk beroperasi di half-space dan belakang striker.

Dengan mengakomodir banyak gelandang serang, tugas Dortmund untuk mencetak gol seharusnya semakin mudah. Hal ini pun membuat mereka punya peluang bagus untuk beradaptasi dengan beragam situasi di laga nanti. 

Ketajaman Dortmund di laga nanti akan tetap meyakinkan dengan performa on-fire Erling Braut Haaland. Wonderkid asal Norwegia ini makin layak disebut sebagai top-class finisher dengan sudah mencetak 18 gol di seluruh kompetisi. Ia bahkan mencetak enam gol dalam sepekan terakhir; yakni empat ke gawang Hertha dan dua sisanya ke gawang Brugge.

Namun, satu hal yang perlu dicermati adalah pertahanan. Der Borussen memang telah mencetak sembilan clean sheets dari 15 laga. Namun, ancaman lini depan Lazio harus menjadi perhatian ekstra yang perlu difokuskan terlebih dulu. Jika lawan bisa cetak gol duluan, Dortmund bisa kembali berada dalam bahaya.

  • Jangan Kebobolan Dua Gol

Untuk terhindar dari kekalahan, Lazio perlu menjaga gawangnya agar tidak kebobolan dua gol atau lebih. Pasalnya, sejak Juni lalu, hampir seluruh kemenangan Biancoceleste hanya diperoleh ketika clean sheet atau hanya kebobolan satu gol.

Pada laga terakhirnya di Serie A Italia slot online mencatat, Biancoceleste secara mengejutkan kalah di kandang sendiri dari Udinese (1-3). Setelah tertinggal tiga gol terlebih dulu, mereka semakin lemah hingga akhirnya harus merelakan tiga poinnya ke tangan lawan.

Lazio sendiri belum terkalahkan di Liga Champions karena tak pernah kebobolan lebih dari dua gol di tiap pertandingan (Borussia Dortmund, 3-1; Club Brugge, 1-1; Zenit, 1-1; Zenit, 3-1). Hasil di atas menempatkan mereka sebagai runner-up klasemen dan masih berpeluang lolos ke babak 16 besar.

Demi tak kemasukan dua gol, pertahanan Lazio masih butuh konsistensi. Mereka cukup rentan kebobolan dari jarak dekat; terutama lewat umpan crossing lambung, corner, dan pressing tinggi lawan. Sebenarnya, ini adalah kelemahan mereka sejak musim lalu yang belum kunjung teratasi dengan baik.

Satu hal utama untuk tetap bisa membawa pulang poin ialah mengoptimalkan ketajaman. Simone Inzaghi tak hanya bertumpu kepada Felipe Caicedo dan Ciro Immobile saja, tetapi juga Joaquin Correa dan Sergej Milinkovic-Savic. Salah satu dari keempat nama di atas diprediksi bakal kembali menyumbang end-products.

Prediksi Borussia Dortmund vs Lazio 3 Desember 2020

  • Dortmund Sedikit Lebih Diunggulkan

Borussia Dortmund tetap diunggulkan untuk bisa memenangkan laga ini; dengan syarat bisa unggul dua gol terlebih dahulu. Pasalnya, kondisi ini bakal mematikan Lazio yang seringkali gagal bangkit ketika tertinggal jauh. 

Namun, jika Lazio tampil sangat solid di lini belakang, besar kemungkinan laga ini hanya akan berakhir imbang. Bagi kedua tim, satu poin belum tentu menjadi penentu lolos ke babak knock-out; terutama jika Club Brugge berhasil mengalahkan Zenit di laga lainnya.

Baca Juga : Prediksi Club Brugge vs Zenit 3 Desember 2020

Perkiraan Susunan Pemain Borussia Dortmund vs Lazio :

(Borussia Dortmund) : R. Bürki; M. Hummels, M. Akanji, A. Witsel, T. Meunier, E. Can, J. Brandt, F. Passlack, J. Sancho, M. Reus, E. Haaland.

Manager : L. Favre.

(Lazio) : Pepe Reina; F. Acerbi, Patric, A. Marušić, W. Hoedt, Lucas Leiva, M. Parolo, Luis Alberto, J. Correa, M. Lazzari, C. Immobile.

Manager : S. Inzaghi.

Berikut Statistik Kedua Tim Di Bawah Ini :
  • H2H Borussia Dortmund vs Lazio
21/10/20UCLLazio3-1Borussia Dortmund
12/08/18CLFBorussia Dortmund1-0Lazio
  • 5 Laga Terakhir Borussia Dortmund
28/11/20BUNBorussia Dortmund1-2Köln
25/11/20UCLBorussia Dortmund3-0Club Brugge
22/11/20BUNHertha BSC2-5Borussia Dortmund
08/11/20BUNBorussia Dortmund2-3Bayern Munich
05/11/20UCLClub Brugge0-3Borussia Dortmund
  • 5 Laga Terakhir Lazio
29/11/20SEALazio1-3Udinese
25/11/20UCLLazio3-1Zenit
21/11/20SEACrotone0-2Lazio
08/11/20SEALazio1-1Juventus
05/11/20UCLZenit1-1Lazio

Salam, Debatbola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here