Prediksi Bayer Leverkusen vs Borussia Dortmund: Tuan Rumah Terpeleset Lagi?

0
Prediksi Bayer Leverkusen vs Borussia Dortmund 20 Januari 2021

Debatbola.comBayer Leverkusen akan menjamu Borussia Dortmund pada pekan ke-17 Bundesliga Jerman 2020/21, Rabu (20/1/21), di BayArena. Tim tamu sepertinya sedikit lebih berpeluang untuk pulang dengan kemenangan; mengingat Leverkusen belakangan ini mulai terpuruk juga.

  • Langkah yang Semakin Berat

Langkah Bayer Leverkusen di Bundesliga belakangan ini tampak cukup berat. Mereka tak bisa menang dalam empat laga terakhirnya (vs Bayern Munchen, 1-2; vs Frankfurt, 1-2; vs Werder Bremen, 1-1; vs Union Berlin, 0-1); sehingga masih tertahan di posisi ketiga klasemen sementara.

Kekalahan dari Bayern menjadi awal yang menyebabkan efek domino. Pasalnya, itu adalah kekalahan perdana mereka musim ini; yang sekaligus menyebabkan turunnya rasa percaya diri tim asuhan Peter Bosz. Sebelum itu, mereka padahal tak terkalahkan dan sempat menempati puncak klasemen.

Kekalahan dari Bayern dan Frankfurt terjadi akibat gagal mempertahankan keunggulan. Leverkusen sebenarnya selalu bisa unggul di 10 menit pertama; berkat gol Patrick Schick (Bayern) dan Nadiem Amiri (Frankfurt). Namun, keunggulan mereka sirna akibat kesalahan yang dibuat beknya, Jonathan Tah dan Edmond Tapsoba 

Terlepas dari kekalahan itu, ketajaman Bayer Leverkusen sendiri bisa dibilang impresif; dengan 44 gol di 17 laga terakhirnya. Dari total 17 laga tersebut, 12 di antaranya berakhir dengan kemenangan; tujuh di Bundesliga, serta sisanya di fase grup Liga Europa beberapa waktu lalu.

Satu hal yang perlu dijaga Leverkusen adalah kedisiplinan lini bertahan. Belakangan ini, hasil laga Leverkusen selalu diiringi dengan kebobolan satu atau dua gol. Jika bermain terlalu terbuka, mereka bisa kalah karena Dortmund sangat agresif dalam memanfaatkan celah.

Di samping itu, mereka harus lebih bisa mengoptimalkan penyelesaian akhirnya. Dalam laga terakhir melawan Bremen, Die Werkself mendominasi laga dengan 67% ball possession dan 13 tembakan. Tetapi, mereka cuma bisa mengarahkan tiga gawang lawan; sehingga wajar saja jika pulang tanpa bisa mencetak gol.

https://www.glasgowtimes.co.uk/resources/images/11669070/?type=responsive-gallery
  • Start Apik di Bawah Terzic

Borussia Dortmund membukukan start yang cukup apik di bawah asuhan Edin Terzic. Ia baru sekali kalah dari lima laga Bundesliga (W3, D1, L1); yakni di tiga laga sebelumnya saat melawat ke markas Union Berlin (1-2).

Selain kekalahan itu, Dortmund mampu tampil apik dan meraih kemenangan; yakni atas Werder Bremen (2-1), Wolfsburg (2-0), dan RB Leipzig (3-0). Dalam ketiga laga tersebut, Dortmund tampil dominan dan bisa mengonversi serangkaian banyak peluang yang diciptakannya.

Adapun hasil imbangnya terjadi pada laga terakhir, yakni kala bertemu Mainz (1-1). Ketika bertemu Mainz, Dortmund sendiri sejak musim lalu memang selalu kesulitan; bahkan pernah kalah. Terlepas dari itu, hasil imbang terakhir terbilang beruntung, mengingat mereka lebih sering kalah ketika tertinggal duluan.

Secara skema, Terzic tetap memainkan skema andalan pelatih sebelumnya, Lucien Favre, yakni 4-2-3-1. Namun, ia tampaknya lebih berani membawa Dortmund bermain lebih terbuka dengan mengandalkan Marco Reus sebagai playmaker di belakang penyerang; bukan striker tunggal di depan.

Dortmund berpotensi makin tajam dengan kembalinya Erling Braut Haaland. Saat menekuk Leipzig dua laga yang lalu, Haaland diberi menit bermain sejak awal dan menciptakan dua gol. Dalam laga nanti, kehadirannya bakal krusial; sebagaimana dirinya kerap kali menjadi penentu kemenangan.

  • Clean Sheet Jadi Kunci Kemenangan

Borussia Dortmund memperlihatkan catatan menarik sejak awal musim ini. Hampir seluruh kemenangan mereka, khususnya di ajang Bundesliga musim ini, berakhir dengan catatan clean sheet. Salah satunya bahkan terjadi dalam dua laga terakhir atas Wolfsburg dan Leipzig.

Khusus di ajang Liga Champions, tiga dari empat kemenangan mereka juga dilengkapi rekor nirbobol (vs Zenit St. Petersburg, 2-0; vs Club Brugge, 3-0, 3-0). Meski sempat dipersulit dengan solidnya pertahanan lawan, Der Borussen bisa menemukan sisi lemah lawan dan membenamkannya.

Melihat banyaknya kemenangan clean sheet di atas, performa Dortmund cenderung semakin ganas jika mampu mencetak gol terlebih dahulu. Sejak musim 2015/16 pun, Der Borussen memenangkan lebih dari 85% pertandingan setelah berhasil mencetak gol pembuka.

Hanya saja, ketika gagal clean sheet, Dortmund hampir selalu gagal menang. Ini terjadi di laga melawan Koln (1-2), Lazio (1-1), Eintracht Frankfurt (1-1), Stuttgart (1-5), Union Berlin (1-2), dan Mainz (1-1). Usai kebobolan duluan, Dortmund selalu kepayahan; dan ini yang harus dihindari di laga nanti.

https://akcdn.detik.net.id/community/media/visual/2020/08/13/erling-haaland-dan-jadon-sancho.jpeg?w=1024
  • Dortmund Lebih Menjanjikan

Borussia Dortmund sepertinya lebih layak diunggulkan casino online terbaik untuk memenangkan laga nanti. Der Borussen sejauh ini memperlihatkan sinyal yang menjanjikan di bawah kepemimpinan Edin Terzic; sekaligus berpotensi tajam berkat semakin fit-nya Erling Haaland. Sementara itu, Bayer Leverkusen diyakini masih akan terjebak dalam momentum negatifnya.

Baca Juga : Prediksi Hertha Berlin vs Hoffenheim 20 Januari 2021

Perkiraan Susunan Pemain Bayer Leverkusen vs Borussia Dortmund :

(Bayer Leverkusen) : L. Hrádecký; L. Bender, Wendell, J. Tah, E. Tapsoba, J. Baumgartlinger, K. Demirbay, N. Amiri, L. Alario, L. Bailey, M. Diaby.

Manager : P. Bosz.

(Borussia Dortmund) : R. Bürki; M. Hummels, Raphaël Guerreiro, M. Akanji, A. Witsel, T. Delaney, T. Meunier, J. Sancho, G. Reyna, M. Reus, E. Haaland.

Manager : E. Terzić.

Berikut Statistik Kedua Tim Di Bawah Ini :
  • H2H Bayer Leverkusen vs Borussia Dortmund
09/02/20 BUN Bayer Leverkusen 4-3 Borussia Dortmund
14/09/19 BUN Borussia Dortmund 4-0 Bayer Leverkusen
25/02/19 BUN Borussia Dortmund 3-2 Bayer Leverkusen
29/09/18 BUN Bayer Leverkusen 2-4 Borussia Dortmund
21/04/18 BUN Borussia Dortmund 4-0 Bayer Leverkusen
  • 5 Laga Terakhir Bayer Leverkusen
16/01/21 BUN Union Berlin 1-0 Bayer Leverkusen
13/01/21 DFP Bayer Leverkusen 4-1 Eintracht Frankfurt
09/01/21 BUN Bayer Leverkusen 1-1 Werder Bremen
02/01/21 BUN Eintracht Frankfurt 2-1 Bayer Leverkusen
20/12/20 BUN Bayer Leverkusen 1-2 Bayern Munich
  • 5 Laga Terakhir Borussia Dortmund
16/01/21 BUN Borussia Dortmund 1-1 Mainz 05
10/01/21 BUN RB Leipzig 1-3 Borussia Dortmund
03/01/21 BUN Borussia Dortmund 2-0 Wolfsburg
23/12/20 DFP Eintracht Braunschweig 0-2 Borussia Dortmund
19/12/20 BUN Union Berlin 2-1 Borussia Dortmund

Salam, Debatbola.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version