Prediksi Barnsley vs Chelsea: Waspadai Counter-Attack Tim Tuan Rumah

0
232
Prediksi Barnsley vs Chelsea 12 Februari 2021

Debatbola.comBarnsley akan menjamu Chelsea dalam babak kelima FA Cup 2020/21, Jumat (12/2/21), di Oakwell Stadium. Tim tamu jelas layak diunggulkan untuk lolos ke babak berikutnya; akan tetapi harus dengan kewaspadaan tinggi karena Barnsley punya counter-attack yang mematikan.

  • Secara Umum Ada Peningkatan

Performa Barnsley saat ini meningkat signifikan ketimbang musim lalu; dengan menduduki peringkat ke-13 klasemen EFL Championship. Pada musim lalu sendiri, mereka nyaris terdegradasi andai tak memenangkan dua pekan terakhir.

Meski bisa dibilang meningkat, Barnsley sendiri malah berada dalam momentum buruk. Mereka gagal menang di lima laga terakhir Championship; usai bertemu tim tiga besar klasemen pula (vs Norwich, 0-1; vs Watford, 0-1; vs Swansea City, 0-2; vs Cardiff, 2-2; vs Nottingham Forest, 0-0).

Barnsley bukanlah tim yang dominan dalam penguasaan bola. Dengan skema 3-4-3 yang rapat, mereka cenderung memberikan kesempatan lawan untuk dominan dan kemudian memanfaatkan kesalahan lawan dengan serangan balik.

Hal tersebut terlihat jelas dalam kemenangan Barnsley di babak keempat FA Cup lalu (vs Norwich, 1-0). Mereka hanya mencatatkan 28% ball possession dan 243 umpan. Namun, mereka unggul sangat telak dalam jumlah tembakan (16-6); serta shots on goal (10-1).

Serangan balik cepat bakal menjadi senjata utama untuk menyulitkan Chelsea di laga nanti. Peran Callum Styles dan Callum Brittain di sisi sayap bakal sangat krusial, terutama untuk memulai serangan. Kedua pemain inilah yang bisa menentukan kemana arah serangan; entah itu tetap di sisi operasinya, atau switch ke sisi sebaliknya.

Lebih menjanjikannya lagi, Chelsea selaku lawan mereka nanti adalah salah satu tim yang memiliki intensi untuk dominan. Tugas Barnsley tinggal menyempurnakan apa yang telah dilakukan kala melawan Norwich kemarin; dan bisa saja menang jika tampil efektif.

Prediksi Barnsley vs Chelsea 12 Februari 2021
Sumber : https://bolaterkini.b-cdn.net/wp-content/uploads/2021/01/Barnsley-65.jpg
  • Menunggu Dampak Positif Tuchel

Chelsea baru saja menunjuk Thomas Tuchel sebagai pengganti Frank Lampard. Nama yang disebut terakhir didepak usai The Blues banyak berkutat dengan hasil buruk; bahkan tak pernah menang melawan tim enam besar.

Dampak positif penunjukan Tuchel sebenarnya sudah langsung terlihat. The Blues langsung tampil dengan wajah baru, yakni skema 3-4-2-1. Dengan duet Jorginho dan Mateo Kovacic di lini tengah, The Blues menjadi sangat dominan kala menjamu Wolverhampton (0-0), Burnley (2-0), Tottenham (1-0), dan Sheffield United (2-1) di empat laga terakhir.

Hanya saja, efektivitas finishing Chelsea masih rendah. Lima gol terakhir mereka diciptakan oleh pemain non-striker, yakni Cesar Azpilicueta, Marcos Alonso, Jorginho, dan Mason Mount; dari skema serangan sayap dan penalti. Seluruh penyerang yang dicoba bongkar pasang masih belum beradaptasi dengan baik dengan set-play Tuchel.

Kehadiran Tuchel sendiri sepertinya bakal membawa dampak positif. Sepanjang kariernya, pelatih asal Jerman tersebut identik dengan hasil cemerlang pada awal kepemimpinannya di tim-tim sebelumnya. Buktinya, saat ini saja, ia langsung membawa The Blues naik ke posisi keenam klasemen sementara.

  • Produktivitas The Blues Masih Rendah

Produktivitas Chelsea belakangan ini masih bergantung kepada Olivier Giroud atau Tammy Abraham. Performa Kai Havertz, Christian Pulisic, dan Timo Werner masih sangat jauh dari harapan. Werner, yang didatangkan untuk mengisi posisi terdepan, tampil paling mengecewakan karena belum mencetak gol di 16 laga terakhir.

Untuk mengoptimalkan potensi ketajaman, agen judi bola melihat Tuchel sepertinya membutuhkan dua atau tiga pekan lagi; sembari menemukan skema paling cocok untuk memainkan Havertz, Werner, Ziyech, atau Pulisic sekaligus.

Adapun tahap adaptasi Chelsea masih berjalan karena pelatih sebelumnya, Frank Lampard, tak menerapkan set-play. Tuchel diketahui memperbaiki kualitas bertahan terlebih dahulu; dan kemudian membenahi lini depannya. 

Sisi positifnya, moral skuat Chelsea terlihat sangat meningkat. Tuchel diketahui ialah pelatih yang bisa berkomunikasi dengan banyak bahasa; dan ini berguna karena skuat Chelsea berasal dari berbagai negara Eropa. Hal ini pun bisa membuat proses adaptasinya berjalan dengan lebih cepat.

Prediksi Barnsley vs Chelsea 12 Februari 2021
Sumber : https://ligalaga.id/wp-content/uploads/2020/10/Chelsea-vs-Crystal-Palace.jpg
  • The Blues Tetap Favorit

Chelsea jelas difavoritkan untuk melaju ke babak berikutnya; tentu dengan dominasi yang sangat tinggi. Namun, tim asuhan Thomas Tuchel harus tetap mewaspadai ancaman dari serangan balik lawan yang cepat dan berbahaya; karena ini bisa membuat The Blues kecolongan gol dan bisa saja berlanjut hingga perpanjangan waktu.

Baca Juga : Prediksi RB Leipzig vs Augsburg 13 Februari 2021

Perkiraan Susunan Pemain Barnsley vs Chelsea :

(Barnsley) : B. Collins; M. Helik, M. Andersen, C. Brittain, T. Sibbick, D. Frieser, A. Mowatt, H. Kane, C. Woodrow, C. Chaplin, C. Styles.

Manager : V. Ismaël.

(Chelsea) : E. Mendy; Azpilicueta, A. Rüdiger, A. Christensen, B. Chilwell, R. James, M. Kovačić, Jorginho, M. Mount, O. Giroud, T. Werner.

Manager : T. Tuchel.

Berikut Statistik Kedua Tim Di Bawah Ini :
  • H2H Barnsley vs Chelsea
24/09/20LECChelsea6-0Barnsley
09/03/08FACBarnsley1-0Chelsea
31/01/98PRLChelsea2-0Barnsley
24/08/97PRLBarnsley0-6Chelsea
  • 5 Laga Terakhir Barnsley
30/01/21CHANottingham Forest0-0Barnsley
28/01/21CHABarnsley2-2Cardiff City
23/01/21FACBarnsley1-0Norwich City
20/01/21CHAWatford1-0Barnsley
17/01/21CHABarnsley0-2Swansea City
  • 5 Laga Terakhir Chelsea
08/02/21PRLSheffield United1-2Chelsea
05/02/21PRLTottenham Hotspur0-1Chelsea
31/01/21PRLChelsea2-0Burnley
28/01/21PRLChelsea0-0Wolverhampton
24/01/21FACChelsea3-1Luton Town

Salam, Debatbola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here