Prediksi Athletic Bilbao vs Celta Vigo : Kans Tiga Poin Meski Patut Ekstra Waspada

0
309
Prediksi Athletic Bilbao vs Celta Vigo 5 Desember 2020

Debatbola.comAthletic Bilbao akan menjamu Celta Vigo pada pekan ke-12 LaLiga Spanyol 2020/21, Sabtu (5/12/20), di Estadio Nuevo San Mames. Tim tuan rumah berpeluang kembali meraih poin; terlebih jika menilik lemahnya Celta di menit awal, serta kuatnya Bilbao di periode akhir.

  • Berada dalam Tren Inkonsisten

Athletic Bilbao masih menunjukkan tren inkonsisten dalam lima laga terakhirnya (W2, D1, L2). Anehnya, dua kekalahan terakhir Bilbao didapatkan kala melawan tim lemah (Osasuna, 0-1; Real Valladolid, 1-2); sedangkan dua kemenangan terkini diperoleh ketika bertemu tim kuat (Sevilla, 2-1, Real Betis, 4-0).

Tiga pekan lalu, mereka secara mengejutkan membungkam Sevilla; tim yang sempat tak terkalahkan dalam 20 laga lebih secara beruntun (2-1). Meski tertinggal duluan, Bilbao mendapatkan manfaat dari lengahnya lawan dan mencetak dua gol balasannya pada 15 menit terakhir.

Kemenangan melawan Betis pun tercipta pada pekan lalu. Meski tak mendominasi bola (40%), mereka benar-benar tampil efektif sejak menit awal. Setelah berhasil unggul dua gol di babak pertama, tim asal Basque itu kembali menggandakannya dengan dua gol pada paruh kedua.

Dalam empat kemenangannya musim ini, Bilbao selalu menentukan kemenangannya pada 25 menit terakhir; yakni dengan mencetak satu gol penutup pada periode tersebut. Tim asuhan Gaizka Garitano sepertinya bisa kembali menang jika Celta Vigo memberikan kesempatan menyerang pada penghujung laga.

Jelang hadapi Celta, Bilbao tentu perlu ekstra waspada. Pasalnya, empat dari lima kekalahan terakhir Bilbao didapatkan saat bertemu tim yang musim lalu finish di bawahnya, bahkan salah satunya tim promosi (Cadiz, 0-2). Celta sendiri musim lalu finish di urutan empat terbawah; sehingga ini perlu digarisbawahi.

Prediksi Athletic Bilbao vs Celta Vigo 5 Desember 2020

Masih Banyak Kelemahan

Meski punya serangan yang cepat dan tajam dari sisi sayap, kualitas penguasaan bola Bilbao harus lebih baik jika tak mau dibayar lunas dengan serangan balik efektif lawan. Kelemahan ini juga menjadi penyebab kekalahan mereka pada pembuka musim; tepatnya dari Granada (0-2). 

Duel udara pun menjadi kelemahan Bilbao. Banyak gol yang bersarang ke gawang Bilbao diciptakan lewat sundulan dari umpan lambung. Selain itu, Bilbao juga kerap kali memberi hadiah penalti untuk lawan; dimana ini menjadi salah satu penyebab kekalahan mereka ketika melawan Valladolid pekan lalu.

Terlepas semua kelemahan di atas, satu hal yang perlu dilakukan untuk mengamankan poin ialah menciptakan gol pembuka. Sejauh ini, ketika melakukan hal tersebut, mereka selalu menang. Sebaliknya, ketika tertinggal lebih dulu, mereka lebih banyak pulang dengan kekalahan.

  • Lini Depan yang Belum Tampil Impresif

Setelah tak terkalahkan di tiga laga pembuka, Celta Vigo mulai menunjukkan keterpurukan. Mereka hanya sekali menang di delapan laga terakhir akibat produktivitas yang menurun tajam (Barcelona, 0-3; Osasuna, 0-2; Atletico Madrid, 0-2; Levante, 1-1; Real Sociedad, 1-4; Elche, 1-1; Sevilla, 2-4; Granada, 3-1).

Lemahnya finishing sepertinya masih menjadi masalah serius yang belum kunjung teratasi. Dalam tujuh laga terakhir yang selalu gagal berakhir kemenangan, Celta bahkan sanggup membuat 77 tembakan (29 shots on goal). Namun, dari 29 tembakan tepat sasaran itu, hanya ada lima yang berakhir gol.

Namun, harapan Celta untuk kembali meraih kemenangan akan tetap ada. Dalam laga terakhir melawan Granada, Celta tampil begitu dominan dengan skema 4-1-3-2. Ini membuat kontrol mereka di pertahanan lawan menjadi sangat kuat (68% ball possession) dan diakhiri dengan mencetak tiga gol.

Sementara itu judi bola online mencatat, delapan laga terakhir Celta selalu diawali dengan tertinggal terlebih dahulu. Jika langsung kebobolan dua gol tanpa bisa langsung membalasnya, mereka kemungkinan besar akan kalah. 

Terakhir kali bisa membuka keunggulan di babak pertama, Celta Vigo sendiri keluar sebagai pemenang (Valencia, 2-1). Kala itu, keunggulan satu gol semakin memompa motivasi La Celeste; dan akhirnya sanggup menambah keunggulan di babak kedua.

Prediksi Athletic Bilbao vs Celta Vigo 5 Desember 2020

  • Bilbao Tambah Poin?

Athletic Bilbao sepertinya bakal kembali menambah poin di laga nanti; entah itu dengan kemenangan atau hasil imbang. Tim tuan rumah sepertinya sangat termotivasi berkat keunggulan telak atas Real Betis di partai sebelumnya. Hanya saja, mereka perlu waspada karena Celta Vigo bisa saja bangkit dari ketertinggalan.

Baca Juga : Prediksi Levante vs Getafe 5 Desember 2020

Perkiraan Susunan Pemain Athletic Bilbao vs Celta Vigo :

(Athletic Bilbao) : Unai Simón; Yuri, Íñigo Martínez, Capa, Yeray, Mikel Vesga, Unai Vencedor, Muniain, Williams, Asier Villalibre, Álex Berenguer.

Manager : Gaizka Garitano.

(Celta Vigo) : Rubén Blanco; Hugo Mallo, J. Murillo, N. Araújo, L. Olaza, Denis Suárez, R. Tapia, Brais Méndez, Iago Aspas, Nolito, Santi Mina.

Manager : E. Coudet.

Berikut Statistik Kedua Tim Di Bawah Ini :
  • H2H Athletic Bilbao vs Celta Vigo
20/01/20LALAthletic Bilbao1-1Celta Vigo
06/10/19LALCelta Vigo1-0Athletic Bilbao
12/05/19LALAthletic Bilbao3-1Celta Vigo
08/01/19LALCelta Vigo1-2Athletic Bilbao
31/03/18LALAthletic Bilbao1-1Celta Vigo
  • 5 Laga Terakhir Athletic Bilbao
29/11/20LALGetafe1-1Athletic Bilbao
24/11/20LALAthletic Bilbao4-0Real Betis
09/11/20LALReal Valladolid2-1Athletic Bilbao
31/10/20LALAthletic Bilbao2-1Sevilla
24/10/20LALOsasuna1-0Athletic Bilbao
  • 5 Laga Terakhir Celta Vigo
30/11/20LALCelta Vigo3-1Granada
22/11/20LALSevilla4-2Celta Vigo
07/11/20LALElche1-1Celta Vigo
01/11/20LALCelta Vigo1-4Real Sociedad
27/10/20LALLevante1-1Celta Vigo

Salam, Debatbola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here