Prediksi Aston Villa vs Sheffield United: Adu Defensif Bumi dan Langit

0
328
Prediksi Aston Villa vs Sheffield United 18 Juni 2020

Debatbola.com – Setelah penundaan akibat pandemi Corona, pekan ke-28 Liga Inggris 2019/20 akan dibuka dengan laga Aston Villa melawan Sheffield United, Kamis (18/6/20), di Villa Park. Kedua tim diyakini masih akan beradaptasi dengan kondisi kebugaran setelah lama tak bermain. Namun, berdasarkan performa musim ini, tim tuan rumah masih punya masalah besar.

  • Masalah Serius di Pertahanan Villa

Aston Villa sejauh ini menjadi tim dengan rekor defensif terburuk dengan kebobolan 56 gol. Hal ini pun menyebabkan mereka masih terperosok di zona degradasi, tepatnya di posisi ke-19 klasemen sementara, dengan 25 poin. Jika dilihat dari statistik, masalah terbesar mereka ialah buruknya presentase duel udara.

Dalam lima laga sebelumnya situs judi online melihat, dimana Villa selalu menelan kekalahan, Bjorn Engels yang menempati posisi bek tengah hanya memenangkan 33% duel udara. Tyrone Mings selaku tandemnya pun cuma bisa memenangi 50% dari total adu sundulan di kotak penalti.

Villa sendiri sebenarnya senang menumpuk banyak pemain saat bertahan. Selain keempat beknya, pelatih Dean Smith kerap menginstruksikan seluruh gelandangnya untuk berjaga di depan kotak 16. Namun, mereka kurang bisa menjaga jarak antarlini sehingga kerap kali ada ruang kosong yang bisa dimanfaatkan lawan.

Hal itulah yang membuat lawan bisa lebih berani mendistribusikan bola di sepertiga area pertahanan Villa. Dengan bermain sabar, sang lawan hanya tinggal menunggu terbukanya celah dari pemain bertahan Villa untuk melepas umpan tusukan ke kotak penalti.

Prediksi Aston Villa vs Sheffield United 18 Juni 2020

  • Alur Serangan Mudah Ditebak

Kecenderungan alur serangan Villa ialah memanfaatkan lebar lapangan. Dean Smith tampak selalu mengandalkan Jack Grealish untuk menyerang lawan dari sisi kiri. Dengan skema yang selalu diulang itu, tak heran jika lawan Villa selalu bisa menyiapkan antisipasi, baik dalam bertahan maupun serangan balik.

Sheffield United selaku lawan Villa adalah tim dengan pertahanan solid. Mereka dipastikan mampu memfokuskan penjagaan pada Grealish. Jika Grealish sudah bisa dihentikan, Sheffield punya banyak opsi serangan balik. Salah satunya ialah dari sisi sayap, dimana tim asuhan Chris Wilder punya dua bek sayap cepat.

  • Solidnya Poros Bek Sheffield United

Di lain pihak, Sheffield United bukanlah tim yang paling produktif di liga. Akan tetapi, kekuatan terbesar Sheffield terletak pada solidnya poros bek mereka. Ini terlihat dari rekor defensif mereka yang hanya kebobolan 25 gol sejauh ini. Catatan tersebut bahkan menjadi yang terbaik kedua setelah Liverpool.

John Egan, yang menjadi bek tengah sentral di skema 3-5-2, menjadi tumpuan awal dalam membangun serangan. Egan mampu memberikan variasi arah umpan untuk membongkar pertahanan lawan. Tak hanya di area belakang, ia juga kerap melakukannya ketika overlap. Ini jelas menjadi nilai plus untuk membongkar celah pertahanan Villa.

Chris Basham dan John O’Connell, yang menjadi bek tengah sisi kanan dan kiri, juga menjadi kekuatan terselubung The Blades. Keduanya dengan baik membantu rekannya di posisi bek sayap, Enda Stevens dan George Baldock, dengan diagonal run-nya untuk memberi opsi melebar dalam serangan.

The Blades pun rasanya tak akan sulit mempertahankan momentum yang telah terbangun. Tim ini juga jauh dari masalah berkat kemampuan pelatih Chris Wilder menjaga kondusivitas ruang ganti. Stevens dkk. seharusnya bisa sangat menyulitkan tim tuan rumah demi tetap bisa bersaing di zona Liga Europa.

Prediksi Aston Villa vs Sheffield United 18 Juni 2020

  • Ancaman Tanpa Skema Baru

Dengan keadaan di atas, Dean Smith selaku pelatih Aston Villa harus punya skema serangan yang tidak melulu mengandalkan Grealish. Skema tersebut seharusnya sudah dipersiapkan, terutama dengan adanya penundaan kompetisi seperti ini, karena Villa harus berjuang sedini mungkin untuk menghindari degradasi.

Jika Villa tak bisa mengembangkan permainan, Sheffield United sudah jelas menjadi ancaman serius. The Blades mungkin bukanlah tim dengan penguasaan bola yang tinggi. Namun, mereka sangat bagus dari segi efektivitas. Selain pertahanan solid, mereka juga cenderung bisa mengonversi sedikit peluang menjadi gol. 

Selain itu, rekor pertemuan Sheffield United juga sangat memukau. Tim asuhan Wilder tak terkalahkan dalam enam laga terakhir. Dengan motivasi berlipat untuk melanjutkan tren positif, Sheffield diprediksi bisa menang meski hanya dengan selisih gol yang tipis.

Baca Juga : Prediksi Manchester City vs Arsenal 18 Juni 2020

Perkiraan Susunan Pemain Aston Villa vs Sheffield United

(Aston Villa) : Pepe Reina; Ahmed El Mohamady, Engels, F. Guilbert, T. Mings, M. Targett, C. Hourihane, J. Grealish, M. Nakamba, Douglas Luiz, M. Samatta.

Manager : D. Smith

(Sheffield United) : D. Henderson; C. Basham, E. Stevens , G. Baldock, J. Egan, J. O’Connell, J. Fleck, O. Norwood, J. Lundstram, B. Sharp, O. McBurnie.

Manager : C. Wilder

Berikut Statistik Kedua Tim Di Bawah Ini :
  • H2H Aston Villa vs Sheffield United
14/12/19PRLSheffield United2-0Aston Villa
09/02/19CHAAston Villa3-3Sheffield United
01/09/18CHASheffield United4-1Aston Villa
31/01/18CHASheffield United0-1Aston Villa
24/12/17CHAAston Villa2-2Sheffield United
  • 5 Laga Terakhir Aston Villa
10/03/20PRLLeicester City4-0Aston Villa
01/03/20LECAston Villa1-2Manchester City
22/02/20PRLSouthampton2-0Aston Villa
16/02/20PRLAston Villa2-3Tottenham Hotspur
01/02/20PRLBournemouth2-1Aston Villa
  • 5 Laga Terakhir Sheffield United
10/06/20CLFSheffield United4-0Hull City
07/03/20PRLSheffield United1-0Norwich City
04/03/20FACReading1-2 ESheffield United
22/02/20PRLSheffield United1-1Brighton
09/02/20PRLSheffield United2-1Bournemouth

Salam, Debatbola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here