Prediksi AS Roma vs Cagliari: Ambil Keuntungan dari Keterpurukan Lawan

0
463
Prediksi AS Roma vs Cagliari 24 Desember 2020

Debatbola.com – AS Roma akan menjamu Cagliari pada pekan ke-14 Serie A Italia 2020/21, Kamis (24/12/20), di Olimpico. Tim tuan rumah diprediksi bisa meraih kemenangan; terlebih jika melihat terpuruknya Cagliari sepanjang lima laga terakhir.

  • Masih Tampilkan Kelemahan Mendasar

AS Roma lagi-lagi dipaksa menelan hasil buruk. Setelah sempat meraih kemenangan yang meyakinkan dalam dua laga Serie A (Bologna, 5-1; Torino, 3-1), mereka malah kena bantai Atalanta dengan skor akhir 1-4.

Dalam kekalahan telak dari Napoli dan Atalanta, AS Roma masih menampilkan kelemahan terbesarnya, yakni minimnya antisipasi dan koordinasi di area kotak penalti. Ini membuat mereka dengan mudahnya dieksploitasi dari jarak dekat dan akhirnya kebobolan empat gol di masing-masing laga.

Selain itu, positioning juga menjadi masalah yang sering muncul. Kesalahan menempatkan diri dalam build-up membuat umpan bek Roma dipotong striker lawan yang melakukan pressing tinggi. Alhasil, ketika kehilangan bola, mereka tak mampu menahannya hingga akhirnya kebobolan. 

Dua kelemahan di atas sendiri membuat Roma hanya menciptakan satu clean sheet dalam lima laga yang digelar sejak awal Desember ini. Inilah yang membawa mereka menjadi tim enam besar dengan pertahanan paling buruk pada musim lalu.

Sudah tentu, Roma harus selalu menjaga kedisiplinannya di lini belakang. Positioning yang tepat akan memudahkan Giallorossi merebut bola dan memulai counter-attack. Serangan balik sendiri adalah salah satu yang paling banyak membuahkan gol untuk Roma.

Prediksi AS Roma vs Cagliari 24 Desember 2020 1
https://www.indosport.com/sepakbola/20201217/jadwal-pertandingan-serie-a-italia-hari-ini-as-roma-vs-torino
  • Masih Ada Potensi Ketajaman

Meski masih belum sepenuhnya konsisten, AS Roma tetaplah tim yang memiliki potensi produktivitas tinggi. Dalam dua kemenangan terakhir, AS Roma tak terlalu dirugikan dengan performa naik-turun Edin Dzeko. Pasalnya, tim asuhan Paulo Fonseca memiliki Henrikh Mkhitaryan serta Jordan Veretout yang selalu menyumbang gol.

Mkhitaryan bakal menjadi pemain yang sangat versatile di lini depan. Gelandang serang asal Armenia ini mencetak delapan gol di 10 laga terakhir. Rinciannya ialah hattrick ke gawang Genoa, brace ke gawang Parma, dan satu gol ketika bertemu CFR Cluj, Torino, dan Bologna.

Selain Mkhitaryan, Veretout bakal sangat diandalkan ketika Giallorossi mendapatkan hadiah penalti; sebagaimana eksekusi Veretout hampir selalu berhasil. Ia pun sesekali mencetak golnya dari situasi open-play; terutama ketika salah satu pemain sayap Roma mengirim umpan crossing cut-back untuknya yang beroperasi di kotak 16.

  • Gagal Menang di Lima Laga Terakhir

Hampir sama seperti Parma, performa Cagliari sepanjang musim ini masih buruk. Dalam lima laga Serie A terakhir, mereka gagal meraih satu pun kemenangan (Spezia, 1-1; Hellas Verona, 1-1; Juventus, 0-2; Bologna, 2-3; Inter Milan, 1-3).

Lima hasil laga di atas memperlihatkan dua sisi mata pisau. Mereka cukup konsisten dari segi produktivitas; sekaligus masih amat rentan dalam mengantisipasi serangan lawan. Kelemahan antisipasi serangan lawan berdampak sangat besar; terutama jika melihat bertenggernya mereka di posisi ke-13 klasemen sementara.

Menariknya, rata-rata kemenangan Cagliari musim ini lebih sering tercipta ketika bisa mencetak sekurang-kurangnya tiga gol. Sejauh ini, dua gol saja belum tentu cukup; terutama jika tim lawan punya produktivitas yang tak kalah tinggi.

Produktivitas Cagliari dilatari sendiri oleh fleksibilitas skema 4-2-3-1 ala Eusebio Di Francesco. Pelatih asal Italia itu membuat timnya bisa mengeluarkan kreativitasnya; dimana hal ini tak tampak sepanjang paruh kedua musim lalu. Sebaliknya, akibat skema fleksibel itu, mereka belum terlalu disiplin ketika harus turun bertahan.

Prediksi AS Roma vs Cagliari 24 Desember 2020 2
https://www.juventus.com/images/image/private/t_album/dev/e71rxfv7tebhdh5lvg5p.jpg
  • Giallorossi Siap Unjuk Produktivitas

Menilik terpuruknya Cagliari, situs judi online menilai AS Roma sepertinya bisa mengambil keuntungan dan meraih kemenangan di laga nanti. Giallorossi diprediksi mampu mencetak setidaknya dua gol; mengingat mereka sering tampil ganas ketika bertemu tim papan tengah atau bawah.

Baca Juga : Prediksi Sampdoria vs Sassuolo 24 Desember 2020

Perkiraan Susunan Pemain AS Roma vs Cagliari :

(AS Roma) : Pau López; C. Smalling, Bruno Peres, L. Spinazzola, G. Mancini, Ibañez, H. Mkhitaryan, J. Veretout, L. Pellegrini, Gonzalo Villar, E. Džeko.

Manager : Paulo Fonseca.

(Cagliari) : A. Cragno; R. Klavan, C. Lykogiannis, S. Walukiewicz, G. Zappa, João Pedro, M. Rog, N. Nández, C. Oliva, A. Cerri, R. Sottil.

Manager : E. Di Francesco.

Berikut Statistik Kedua Tim Di Bawah Ini :
  • H2H AS Roma vs Cagliari
12/09/20CLFCagliari2-2AS Roma
02/03/20SEACagliari3-4AS Roma
06/10/19SEAAS Roma1-1Cagliari
27/04/19SEAAS Roma3-0Cagliari
09/12/18SEACagliari2-2AS Roma
  • 5 Laga Terakhir AS Roma
21/12/20SEAAtalanta4-1AS Roma
18/12/20SEAAS Roma3-1Torino
13/12/20SEABologna1-5AS Roma
11/12/20UELCSKA Sofia3-1AS Roma
06/12/20SEAAS Roma0-0Sassuolo
  • 5 Laga Terakhir Cagliari
20/12/20SEACagliari1-1Udinese
17/12/20SEAParma0-0Cagliari
13/12/20SEACagliari1-3Internazionale
06/12/20SEAHellas Verona1-1Cagliari
30/11/20SEACagliari2-2Spezia

Salam, Debatbola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here