Prediksi Arsenal vs Manchester City : City Masih Terlalu Tangguh?

0
503
Prediksi Arsenal vs Manchester City 19 Juli 2020

Debatbola.comArsenal akan menjamu Manchester City dalam babak semifinal Piala FA 2019/20, Minggu (19/7/20), di Wembley Stadium. Sebagai tim yang punya sejarah panjang di kompetisi ini, peluang Arsenal untuk menang sepertinya tetap akan kecil jika melihat kekuatan City.

  • Sejarah Panjang Arsenal

Laga ini akan menjadi semifinal ke-30 Arsenal sepanjang sejarah Piala FA. Jumlah tersebut menjadi salah satu yang tertinggi di antara seluruh tim profesional yang ada di Inggris. Lolosnya The Gunners ke empat besar ini sendiri dipastikan usai pada babak sebelumnya menyingkirkan Sheffield United (2-1).

Arsenal mungkin bisa dikatakan sebagai salah satu favorit peraih Piala FA. Mereka tiga kali menjadi kampiun dalam enam musim terakhir (2013/14, 2014/15, dan 2016/17). Jika kembali memenangkan kompetisi ini, Arsenal akan lolos ke Liga Europa musim depan jika gagal finish di peringkat enam Liga Inggris musim ini.

Akan tetapi, jalan bagi Arsenal untuk bisa memenangkan laga ini jelas tidak akan mudah sama sekali. Tim berjuluk Meriam London itu selalu kalah dalam tujuh pertemuan terakhir dari Manchester City. Terakhir, pada 18 Juni lalu, The Gunners menyerah 0-3 akibat bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-49.

Menariknya, kemenangan terakhir Arsenal atas City juga terjadi di semifinal Piala FA musim 2016/17. Kala itu, The Gunners yang masih ditangani Arsene Wenger menang 2-1 setelah menempuh babak extra time. Kemenangan atas City ini berdampak positif karena pada akhirnya mereka keluar sebagai juara.

  • Pekerjaan Rumah Besar Arteta

Kekalahan dari Manchester City dalam pertemuan terakhir menunjukkan bahwa proses build-up Arsenal belum sempurna. Ketika David Luiz cs. menguasai bola, The Gunners tak punya gelandang yang bisa turun mendekat untuk menerima bola. Pressing City pun bisa dengan cepat mengarah ke bek tengah dan gelandang Arsenal. 

Dampaknya, Dani Ceballos di lini tengah malah lebih disibukkan untuk mencari ruang dan lepas dari penjagaan lawan. Ceballos sendiri saat itu hanya menerima tiga umpan dari Luiz/Mustafi sepanjang laga. Di sisi lain, Luiz dan Mustafi juga rawan ceroboh dengan beberapa kali melepas umpan yang tidak tepat sasaran.

Kurang cepatnya distribusi bola ini membuat Pierre Emerick-Aubameyang mengorbankan posisinya di depan untuk turun jauh menerima bola. Artinya, skema serangan The Gunners membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bergerak ke depan.

Di lini depan, pressing lini depan Arsenal sebenarnya bisa cukup mengganggu bek City yang maju hingga garis tengah. Sayangnya, ketika pressing Eddie Nketiah berhasil, pemain lainnya tidak berada dalam posisi yang tepat. Inilah yang harus diperbaiki Arteta jika timnya mau mengancam gawang City dari skenario serangan balik.

  • Siap Tampil 100%

Di sisi lain, Manchester City mampu mempertahankan reputasinya sebagai tim terproduktif di top-flight. Dalam delapan kemenangan terakhirnya, tim asuhan Pep Guardiola berhasil mencetak 28 gol (empat gol per pertandingan). Hal ini bisa dilakukan meski dengan pemain depan yang berbeda-beda.

Dalam laga nanti menurut casino online, Manchester City diprediksi akan langsung tampil menguasai jalannya laga. Retensi bola mereka, entah melawan tim sekuat apa pun, tak perlu diragukan lagi. Bernardo Silva dkk. diprediksi bisa mencatatkan penguasaan bola sekitar 60%.

Bagi City, kunci untuk bisa mencetak banyak gol hanyalah memasang striker murni (bukan false-nine) di depan. Saat kalah dari Chelsea, The Cityzens yang memasang Bernardo Silva dan Kevin De Bruyne sebagai false nine malah kesulitan menciptakan peluang berbahaya. Mereka baru tampil membaik di babak kedua, setelah Gabriel Jesus dimasukkan.

Dengan Kevin De Bruyne yang ditempatkan di posisi asilnya, penciptaan peluang City dari bawah akan semakin berbahaya. De Bruyne sendiri berada dalam kondisi 100% karena diistirahatkan dalam laga terakhir melawan Bournemouth. Raheem Sterling dan Aymeric Laporte pun diistirahatkan, sehingga kekuatan City di tiap lini akan sangat maksimal.

  • Tampil Apik Sudah Cukup

Manchester City hanya perlu tampil sebaik biasanya untuk bisa memenangkan laga ini. Hal tersebut jelas bukan omong kosong belaka. Sepanjang musim ini, ketika bermain buruk, City lebih banyak didera kekalahan. Tampil buruk di laga krusial seperti ini tampaknya juga tak mungkin, mengingat seluruh penggawa inti berada dalam kondisi terbaiknya.

Selain itu, dibandingkan Arsenal, kekompakan permainan dan pengalaman dalam laga krusial seperti ini juga lebih dimiliki The Cityzens. Hal tersebut sekaligus menyadari juga bahwa permainan Arsenal di bawah Mikel Arteta masih belum sempurna.

Baca Juga : Prediksi Bournemouth vs Southampton 19 Juli 2020

Perkiraan Susunan Pemain Arsenal vs Manchester City :

(Arsenal) : E. Martínez; David Luiz, S. Mustafi, S. Kolašinac, Bellerín, K. Tierney, G. Xhaka, Dani Ceballos, P. Aubameyang, A. Lacazette, N. Pépé.

Manager : Mikel Arteta.

(Manchester City) : Ederson Moraes; N. Otamendi, K. Walker, B. Mendy, J. Stones, David Silva, Fernandinho, İ. Gündoğan, Bernardo Silva, P. Foden, Gabriel Jesus.

Manager : Guardiola.

Berikut Statistik Kedua Tim Di Bawah Ini :
  • H2H Arsenal vs Manchester City
18/06/20PRLManchester City3-0Arsenal
15/12/19PRLArsenal0-3Manchester City
03/02/19PRLManchester City3-1Arsenal
12/08/18PRLArsenal0-2Manchester City
02/03/18PRLArsenal0-3Manchester City
  • 5 Laga Terakhir Arsenal
16/07/20PRLArsenal2-1Liverpool
12/07/20PRLTottenham Hotspur2-1Arsenal
08/07/20PRLArsenal1-1Leicester City
04/07/20PRLWolves0-2Arsenal
02/07/20PRLArsenal4-0Norwich City
  • 5 Laga Terakhir Manchester City
16/07/20PRLManchester City2-1AFC Bournemouth
12/07/20PRLBrighton & Hove Albion0-5Manchester City
09/07/20PRLManchester City5-0Newcastle United
06/07/20PRLSouthampton1-0Manchester City
03/07/20PRLManchester City4-0Liverpool

Salam, Debatbola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here