Portugal Kehilangan João Cancelo di Euro 2020

0
191
Portugal Kehilangan João Cancelo di Euro 2020

Debatbola.com – Perjalanan timnas Portugal dalam perhelatan Euro 2020 sebentar lagi bakal dimulai, tetapi kabar kurang sedap justru terdengar. João Cancelo dikabarkan terpapar virus Covid-19, tepat beberapa hari sebelum laga pembuka Euro 2020. Cancelo dikabarkan batal memperkuat Portugal, dan posisinya tentunya akan digantikan oleh pemain lain.

Covid Buat Cancelo Absen

Berstatus sebagai juara bertahan, Timnas Portugal tentu menargetkan hasil positif pada perhelatan Euro 2020 mendatang. Pasukan Fernando Santos bakal mengawali petualangan mereka di ajang ini pada hari Selasa (15/7) mendatang. Tetapi jelang laga pembuka kontra Hungaria, Portugal justru menerima kabar kurang sedap.

Salah satu pemain belakang mereka yakni João Cancelo dikabarkan tidak bisa ikut serta dalam pertandingan pembuka yang akan digelar sekitar dua hari lagi. Penyebabnya, bek Manchester City itu diketahui terpapar Covid-19. Jadi pemain berusia 27 tahun itu harus menjalani isolasi mandiri dan harus melewatkan laga pembuka Euro 2020 kontra Hungaria.

Federasi sepakbola Portugal, Federação Portuguesa de Futebol (FPF) merilis sebuah pernyataan resmi mengenai kondisi Cancelo. Mereka mengonfirmasi bahwa Cancelo mendapat hasil positif dalam tes antigen yang diselenggarakan FPF pada Sabtu (12/6). FPF juga mengonfirmasi bahwa Cancelo sudah diarahkan untuk mengisolasi diri.

Kendati Cancelo positif terpapar Covid-19, FPF dapat memastikan bahwa tidak ada lagi pemain timnas Portugal yang terpapar. “Hasil tes menunjukkan bahwa semua pemain negatif, terkecuali João Cancelo.” Tulis mereka. FPF juga mengatakan bahwa hasil tes antigen pada hari Sabtu itu baru bisa dilihat pada Minggu (13/6).

Sosok Pengganti

Kehilangan Cancelo tentu akan membuat armada Fernando Santos sedikit pincang dalam menghadapi laga perdana Euro 2020 nanti. Apalagi, Cancelo dikenal sebagai bek kanan berbakat jika dilihat dari statistiknya di musim 2020/2021. Namun, untuk mengurangi kepincangan ini, Fernando Santos setidaknya sudah mempersiapkan amunisi cadangan.

Cancelo boleh saja absen di laga pembuka Euro 2020 mendatang, tetapi Fernando Santos sudah mempersiapkan opsi lain yang tak lain adalah Diogo Dalot. Dalot yang merupakan pemain Manchester United, selama musim 2020/2021 tengah dipinjamkan ke AC Milan. Pemain 22 tahun itupun sukses menunjukkan sinarnya bersama tim raksasa Italia itu.

Di Milan, Dalot sepertinya sudah mendapat banyak kepercayaan, dan hal ini dapat dibuktikan dengan catatan 21 penampilannya bersama Rossoneri di ajang Serie A musim ini. Dengan usia yang masih berada di angka 22 tahun, Dalot sejatinya bukan anggota timnas senior. Tetapi performa apiknya sepertinya sudah membuat Dalot dipromosikan.

Dalot yang memperkuat Portugal U-21 beberapa waktu lalu sudah berhasil mencicipi bagaimana ketatnya persaingan Piala Eropa di level junior, tepatnya di level U-21. Ia sukses membawa timnas Portugal melangkah ke fase final turnamen tersebut. Sayang, langkah Portugal harus terhenti setelah ditaklukkan Jerman di pertandingan pamungkas.

Statistik Cancelo Musim Ini

Sementara itu, di sisi lain, João Cancelo justru memiliki pengalaman yang lebih mumpuni dalam hal membela timnas jika dibandingkan dengan Dalot. Cancelo tercatat mulai mendapat panggilan dari tim senior pada tahun 2016. Sejak saat itu, bek Manchester City telah mengemas total 27 penampilan untuk Portugal, beserta mengemas total lima gol.

Seperti yang sudah disebutkan, Cancelo musim ini menjadi salah satu pemain andalan Manchester City. Sepanjang musim, pemain 27 tahun itu tercatat sukses mengemas total 43 penampilan dan total menit bermain mencapai lebih dari 3000 menit di seluruh ajang. Cancelo juga melengkapi catatannya dengan torehan tiga gol dan lima assist di musim ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here