Playmaker Handal SEA Games Garuda Muda Sejak 2011

0
37

Debatbola.com – Ajang SEA Games selalu memberikan suguhan pertandingan yang menarik, tidak terkecuali dalam dunia sepak bola. Tim Nasional Indonesia berkali-kali menembus partai final dalam beberapa ajang SEA Games sebelumnya. Pencapaian tersebut bisa diraih dengan peran playmaker handal di dalamnya. Sejauh ini tercatat ada 3 playmaker handal dalam ajang SEA Games sejak 2011, siapa saja mereka?

Egi Melgiansyah

Egi Melgiansyah merupakan playmaker Timnas Indonesia dalam ajang SEA Games tahun 2011. Pemain ini bisa dikatakan istimewa karena tidak hanya sebagai playmaker namun dirinya juga diangkat sebagai kapten Timnas Indonesia di lapangan hijau. Menjadi seorang kapten sekaligus playmaker tentunya merupakan tanggung jawab besar. Namun amanah tersebut dapat dijalankan dengan baik oleh Egi Melgiansyah dalam perhelatan SEA Games 2011.

Sebenarnya pemain ini bukanlah kapten utama, melainkan wakil kapten Yongki Aribowo. Hanya saja minimnya kesempatan bermain Yongki Aribowo menjadikan Egi Melgiansyah ditunjuk sebagai kapten di lapangan hijau. Dibawah kepemimpinan kapten Egi Melgiansyah, skuad garuda muda berhasil menembus partai final. Dengan pencapaian tersebut tentunya menjadi bukti nyata bahwa Egi Melgiansyah merupakan playmaker handal.

Dedi Kusnandar

Pemain ini sukses menjadi playmaker Timnas Indonesia dalam ajang SEA Games 2013. Kala itu Timnas Indonesia berada di bawah asuhan pelatih Rahmad Darmawan. Meskipun dirinya ditunjuk sebagai playmaker, sebenarnya Indonesia tidak memiliki playmaker murni. Malahan Dedi Kusnandar yang diamanahi sebagai playmaker memiliki posisi asli gelandang bertahan. Uniknya Dedi Kusnandar mampu mengemban amanah dengan baik.

SEA Games yang dilaksanakan di Myanmar tersebut akhirnya berjalan dengan baik oleh Timnas Indonesia. Indonesia kembali berhasil menembus partai final. Hanya saja seperti tahun sebelumnya, Indonesia hanya bisa meraih medali perak dalam ajang SEA Games ini. Memang, lawan Indonesia di partai final sangatlah berat dan sulit dikalahkan, padahal Indonesia sudah bermain dengan sangat baik.

Evan Dimas

Pemain bernama panjang Evan Dimas Darmono ini terbilang sangat sukses diamanahi sebagai playmaker Timnas Indonesia dalam perhelatan SEA Games. Bahkan Evan Dimas tidak hanya satu kali dipercaya sebagai playmaker, melainkan sudah 3 kali. Tercatat sejak ajang SEA Games 2015, 2017 dan 2019 semuanya Evan Dimas yang menjadi playmaker. Dengan 3 kali ditunjuk sebagai playmaker, tentunya sudah menjadi bukti kehebatan pemain ini.

Dari ketiga ajang SEA Games tersebut, prestasi terbaik diraih Evan Dimas Darmono saat perhelatan SEA Games tahun 2019. Indonesia berhasil menembus partai final melawan tuan rumah. Namun sayang, lagi-lagi garuda muda harus puas dengan membawa medali perak setelah dikalahkan Vietnam. Padahal peran playmaker, rekan satu tim, dan pelatih Indra Sjafri sudah sangat baik. Hanya saja Vietnam memiliki tim lebih baik dibanding Indonesia.

Marc Klok

Marc Klok saat ini dipercaya untuk menjadi playmaker dalam ajang SEA Games 2021. Namun perannya bisa saja digantikan oleh gelandang lain yang kebetulan dimainkan saat Marc Klok ditarik keluar. Pemain Persib Bandung ini digadang-gadang akan menjadi playmaker handal dan bisa membawa Indonesia mendulang medali emas dalam ajang SEA Games 2021 yang digelar tahun ini. Anggapan tersebut bisa saja terjadi mengingat pemain ini sangat handal di lapangan hijau.

Semua kemampuan Marc Klok sudah terbukti dan terlihat jelas saat dirinya membela Persib Bandung dalam ajang BRI Liga 1 musim ini. Tidak heran Shin Tae-yong mempercayai pemain naturalisasi tersebut. Semua pihak dari Tim Nasional Indonesia nampaknya sudah sangat antusias melihat performa pemain ini sebagai playmaker timnas. Semoga saja ekspektasi yang dimiliki jajaran keluarga Timnas Indonesia bisa terwujud.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here