Pilot Pada Insiden Emiliano Sala Tak Punya Lisensi

0
342
Pilot Pada Insiden Emiliano Sala Tak Punya Lisensi

Debatbola.com – Pada Februari 2019 lalu, kabar duka menyelimuti sepakbola Eropa. Penyerang asal Argentina yang hendak bergabung ke klub barunya, Emiliano Sala, dinyatakan tewas dalam perjalanan pesawat dari Perancis ke Inggris.

Saat itu, Sala yang sebelumnya membela Nantes hendak terbang ke Cardiff untuk menandatangani kontrak bersama klub barunya itu. Namun penerbangan Sala mengalami kecelakaan di tengah perjalanan.

Sala, pilot dan copilot sempat dinyatakan hilang bersama puing pesawat pada 21 Januari 2019. Beberapa pekan kemudian puing pesawat ditemukan dan kecelakaan itu dinyatakan tak ada korban selamat, termasuk Sala.

Kematian Sala menjadi tragedi yang memilukan sekaligus ironis. Pasalnya, ternyata, terdapat kesalahan fatal yang dilakukan oleh penyedia penerbangan. Belakangn diketahui bahwa pesawat sekaligus sang pilot tidak memiliki syarat penerbangan yang layak.

David Ibbotson, sang pilot, baru diketahui bahwa lisensi penerbangannya sudah tak berlaku sejak November 2018. Sementara itu, pesawat yang ia kemudikan pun tak punya lisensi yang sesuai atau izin penerbangan.

“Kemungkinan ketika melakukan maneuver untuk menghindari cuaca buruk, pesawat sudah hilang dari radar. Tapi baik pilot maupun pesawat tersebut tak memenuhi lisensi atau izin untuk mengoperasikannya secara komersial,” bunyi pernyataan AAIB yang menginvestigasi kecelakaan ini.

“Kehilangan kendali kemungkinan terjadi karena penerbangan tidak sesuai dengan pengamanan standar yang dibutuhkan dalam pengoperasian,” sambung laporan AAIB tersebut.

Sala merupakan seorang pemain depan yang berusia 28 tahun ketika meninggal. Sejak usia 20 tahun, pria kelahiran Santa Fe ini sudah berkarier di Eropa dengan membela Bordeaux. Sejak 2015, setelah membela sejumlah kesebelasan divisi dua Perancis, Sala hijrah ke Nantes. Total 133 laga dan 48 gol dicetaknya bersama Nantes. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here